3 Hal yang Mengubah Hidupmu jadi Lebih Baik secara Drastis

Manusia adalah makhluk yang tidak pernah puas, sehingga setiap orang pasti menginginkan hidupnya menjadi lebih baik, entah itu menjadi lebih pintar, lebih sukses, lebih produktif atau sekedar memperbaiki situasi hidup mereka saat ini. Berikut ini adalah tiga lifehacks (Apa Itu Lifehacks?) yang dilakukan oleh tiga orang penulis Quora dan memberikan perubahan luar biasa pada hidup mereka.

Berhenti Memperlakukan Akhir Pekan sebagai Liburan Mini

Todd Busen memiliki pekerjaan yang mengharuskannya untuk bangun tepat waktu untuk bekerja. Sayangnya, dia menemukan waktu tidurnya yang lebih lama di akhir pekan menyebabkan jadwal tidurnya terganggu saat hari kerja. Jadi, dia memutuskan untuk memperlakukan akhir pekan seperti hari kerja dalam urusan bangun tidur, sehingga dia bangun di waktu yang sama setiap harinya. Hal ini menyebabkan dia tidak memandang akhir pekan seperti sebelumnya.

Menurut Busen, akhir pekan harus diperlakukan seperti hari-hari lainnya, dan daripada membuang waktu-waktu berharga, kita harus menggunakannya untuk jadi lebih produktif, lebih sehat dan hidup lebih baik.

Apa yang harus dilakukan di akhir pekan berikutnya?

  • Mencoba bangun di waktu yang sama setiap hari
  • Menggunakan waktu akhir pekan untuk membaca atau olahraga
  • Mengganti menonton film dengan menonton film dokumenter
  • Mengganti waktu menonton video kucing lucu di Youtube dengan video yang membantu pekerjaan atau yang mengajari skill baru
  • Jika dirasa terlalu sulit, mulailah dengan langkah kecil. Misal, bangun 30 menit lebih awal daripada biasanya di akhri pekan.

Pindahkan Lokasi Mengisi Ulang Ponsel

Matt Sandrini mungkin sama seperti kebanyakan dari kita, yaitu menjadikan smartphone sebagai hal pertama yang diambil atau dicek ketika baru bangun. Matt menyadari hal ini dan ingin mengakhirinya, dia ingin lebih banyak membaca, lebih banyak menulis dan mendapat lebih banyak waktu tidur. Dia memutuskan bahwa cara terbaik untuk melakukannya adalah memindahkan gangguan itu dan dia pun mulai memindahkan lokasi mengisi ulang daya ponselnya sejauh mungkin dari tempat tidur.

Lifehack kecil ini berhasil. Jika sebelumnya, dia perlu kemauan yang besar untuk meletakkan ponselnya dan kembali produktif, kini dia perlu kemauan yang sama besarnya untuk meninggalkan pekerjaannya untuk sekedar mengambil ponselnya untuk mengecek notifikasi. Kini, Matt bisa membaca lebih banyak dari sebelumnya, lebih produktif dalam menulis dan mendapat kualitas tidur yang lebih baik.

Tapi, bagaimana jika ponsel digunakan sebagai alarm di pagi hari?

  • Pilihlah suara alarm yang paling keras, yang bisa didengar walau kita berada di ruang yang berbeda dengan ponsel
  • Pertimbangkan untuk menggunakan jam alarm biasa

Berhenti Melakukan Hal yang Tidak Berguna

Josh Fechter mempelajari hal ini melalui situasi yang sulit, apa yang dia lakukan adalah mengubah pandangan seputar hidupnya secara keseluruhan.

Dalam keadaan bangkrut dan masih tinggal di apartemen ayahnya, karir menulisnya juga sedang dala masa-masa sulit. Dia mencoba membaca sebuah buku tentang pengembangan kepribadian sebagai bahan inspirasi, dari buku tersebut dia belajar bahwa kesuksesan dan kebahagian berbanding lurus dengan seberapa banyak nilai yang kita beri pada orang lain. Josh akhirnya memutuskan untuk fokus pada karir menulisnya untuk bisa sukses dan di sisi lain, membuang hal-hal yang menjadi gangguan tidak berguna dalam hidupnya.

Josh melakukan keputusuan sulitnya, dia berhenti melakukan hal-hal yang tidak berguna bagi hidupnya saat itu. Dia berhenti menonton TV dan Netflix, berhenti membaca Facebook feed, berhenti peduli pada politik bahkan berhenti untuk berkencan makan malam. Jika hal itu tidak berguna bagi hidupnya (karirnya), dia tidak melakukannya.

Dengan berbagai gangguan yang menghilang, dia bisa berkonsentrasi pada karir menulisnya. Tiga tahun kemudian, dia bahkan menjadi pimpinan untuk sebuah perusahaan pemodal.

Bagaimana mengetahui bahwa sesuatu tidak berguna?

  • Hadapi setiap situasi dengan sebuah pertanyaan sebelum dilakukan : Apakah melakukan hal ini akan memberikan manfaat pada saya, pada bisnis atau hidup saya?
  • Jika jawabannya tidak, maka buat keputusan untuk tidak melakukannya dan gunakan waktu tersebut untuk melakukan hal-hal yang lebih berguna untuk kepribadian, kesehatan atau bisnis Anda.
  • Jika jawabannya iya, lakukannya, bekali diri dengan pengetahuan yang diperlukan.

Jauhkan ponsel saat beraktivitas atau saat ingin produktif, ubah cara pandangan terhadap akhir pekan atau hapuskan ganguan tidak berguna dari hidup Anda. Tiga lifehacks ini terbukti bisa memberikan perubahan jika dilakukan. Coba salah satu atau ketiganya, atau pilih bagian terbaiknnya. Ini hidup Anda, jadikan yang terbaik.

Kelebihan Investasi Online Di Trimegah
41 Istilah Penerbangan Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Naik Pesawat
Rumah Dijual di Depok Harga Di Bawah 100 Juta
Rumah Dijual Di Bandung Harga Murah Tanpa Perantara
Tips Sukses Merintis Bisnis Barber Shop di Kota Besar
Mengalahkan Facebook, Instagram jadi Sarang Cyber-Bully Nomor 1
Bahayanya Kencing di Kolam Renang
Hellblade, Game “Indie AAA” dan Penyakit Kejiwaan
Review Dunkirk, Bukan Dokumentasi Battle of Dunkirk
Review Nine Lives, Film untuk Keluarga Pecinta Kucing
Electro Swing, Perpaduan yang Terasa “Salah”
Tangan Midas Sutradara Anime Makoto Shinkai
Bedanya Suka, Cinta & Nafsu
Keseringan Chatting Bikin Hubungan Renggang?
Penulis Buku Harian Adalah Tipe Kekasih yang Baik
Kado Natal Unik Untuk Gamer Terkasih
Mengalahkan Facebook, Instagram jadi Sarang Cyber-Bully Nomor 1
Qualcomm dan Vivo Memamerkan Fingerprint Dibawah Layar
KSKAS Malware Menyerang Android via Download APK Otomatis
Hellblade, Game “Indie AAA” dan Penyakit Kejiwaan