4 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami

Kadar gula darah yang tinggi terjadi ketiak tubuh tidak bisa mentransportasi gula ke dalam sel secara efektif. Jika tidak terdeteksi sejak dini, hal ini bisa berujung pada diabetes. Menurut data tahun 2007, diabetes menajadi penyebab kematian ke-6 terbesar di SEMUA KELOMPOK USIA di Indonesia. Artinya, diabetes bukan lagi menjadi penyakit yang identik dengan orang dewasa atau manula, tapi juga pada remaja bahkan anak-anak.

Tahun 2011, Indonesia menempati peringkat ke-10 di dunia dalam hal jumlah penderita diabetes. Pada tahun 2013, peringkat Indonesia naik ke peringkat ke-7, yang artinya jumlah penderita diabetes di Indonesia terus bertambah. Data terbaru tahun 2015 memprediksi bahwa peringkat Indonesia naik lagi ke posisi 5, hal ini mengindikasikan jumlah orang dengan diabetes di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya.

Walau diketahui bahwa faktor genetis menjadi salah satu faktor utama dari diabetes, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat juga ikut menyumbang peran dalam meningkatnya jumlah penderita diabetes di Indonesia. Lalu, bagaimana cara menurunkan gula darah tinggi secara alami agar terhindar dari diabetes?

Tetap Terhidrasi

Sederhana memang, tapi manfaatnya justru sangat luar biasa. Minum air yang cukup setiap harinya dan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi bisa membantu menjadi kadar gula darah tetap pada level terbaiknya. Selain mencegah dehidrasi, minum air yang cukup juga membantu kerja ginjal untuk mengeluarkan gula berlebih dalam darah melalui urin.

Olahraga Secara Teratur

Mungkin ini cara yang paling sering dibaca atau didengar jika berhubungan dengan kesehatan. Tapi, secara ilmiah memang sangat bermanfaat. Olahraga secara teratur tentu akan membantu menurunkan berat badan, yang secara langsung menurunkan kemungkinan terkena diabetes.

Tapi, di sisi lain, olahraga juga membantu meningkatkan sensitivitas insulin, dimana sel tubuh akan lebih mampu mengolah gula yang ada di aliran darah, selain itu gula-gula dalam darah juga dibutuhkan oleh otot untuk berkontraksi. Beberapa olahraga yang disarankan seperti angkat beban, jalan cepat, lari, bersepeda, menari, mendaki dan berenang.

Kontrol Asupan Karbohidrat

Secara alami, tubuh akan memecah karbohidrat yang didapat dari makanan menjadi gula (terutama glukosa) dan insulin mentransport gula ini menuju sel tubuh. Nah, disaat kita terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat atau memiliki masalah dengan fungsi insulin, proses ini tidak berjalan baik dan kadar gula darah meningkat.

Satu-satunya cara mengatasinya adalah mengontrol asupan karbohidrat yang didapatkan oleh tubuh, bisa dengan mengontrol pola makan atau mengontrol apa yang dimakan, kurangi karbo perbanyak serat.

Tingkatkan Asupan Serat

Bicara soal serat, makanan dengan serat tinggi seperti sayuran dan buah justru sangat dianjurkan bagi mereka yang ingin menurunkan gula darah secara alami. Tapi kenapa? Serat membantu memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula. Karena itulah, serat membantu menjaga kenaikan gula darah secara lebih bertahap, dan bukan tiba-tiba.

Terdapat juga jenis serat, yaitu serat larut dan serat tak larut. Keduanya sangat penting dan makanan berserat biasanya mengandung keduanya, tapi lebih dominan ke salah satunya. Serat larut khususnya sangat terbukti dalam membantu menurunkan kadar gula darah. Cara termudah membedakannya, serat larut akan menyerap air dan berubah menjadi bubur (contohnya oatmeal), sementara serat tidak larut tidak melakukan hal tersebut.

Selain oatmeal, contoh lain dari makanan yang mengandung serat larut yang tinggi adalah kacangan-kacangan, biji-bijian, apel dan blueberry.

Itulah 4 cara alami dalam menurunkan gula darah. Semuanya kembali ke diri sendiri dalam menjaga pola makan dan gaya hidup agar terhindar dari diabetes dan penyakit lain yang terhubugan dengan tinggi kadar gula darah.

Kelebihan Investasi Online Di Trimegah
41 Istilah Penerbangan Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Naik Pesawat
Rumah Dijual di Depok Harga Di Bawah 100 Juta
Rumah Dijual Di Bandung Harga Murah Tanpa Perantara
Tips Sukses Merintis Bisnis Barber Shop di Kota Besar
Mengalahkan Facebook, Instagram jadi Sarang Cyber-Bully Nomor 1
Bahayanya Kencing di Kolam Renang
Hellblade, Game “Indie AAA” dan Penyakit Kejiwaan
Review Dunkirk, Bukan Dokumentasi Battle of Dunkirk
Review Nine Lives, Film untuk Keluarga Pecinta Kucing
Electro Swing, Perpaduan yang Terasa “Salah”
Tangan Midas Sutradara Anime Makoto Shinkai
Bedanya Suka, Cinta & Nafsu
Keseringan Chatting Bikin Hubungan Renggang?
Penulis Buku Harian Adalah Tipe Kekasih yang Baik
Kado Natal Unik Untuk Gamer Terkasih
Mengalahkan Facebook, Instagram jadi Sarang Cyber-Bully Nomor 1
Qualcomm dan Vivo Memamerkan Fingerprint Dibawah Layar
KSKAS Malware Menyerang Android via Download APK Otomatis
Hellblade, Game “Indie AAA” dan Penyakit Kejiwaan