4 Manfaat Luar Biasa Jantung Pisang

Di beberapa daerah di Indonesia, ada beberapa masakan khas daerah yang berbahan dasar jantung pisang. Di dunia barat, jantung pisang bukanlah sesuatu yang lazim di makan, namun beberapa penelitian akan manfaatnya yang luar biasa membuat banyak orang mulai meliriknya sebagai salah satu bahan makanan yang aman sekaligus bermanfaat.

Berikut ini 4 manfaat luar biasa dari jatung pisang

Memperlancar Datang Bulan & Baik untuk Ibu Menyusui

Jantung pisang memiliki manfaat untuk memperlancar datang bulan karena mampu membantu meningkatkan hormon progesteron. Hormon inilah yang bertanggungjawab untuk mengatur siklus datang bulan, menjaga kehamilan hingga mempersiapkan tubuh untuk membuahan.

Sayangnya, hormon ini pula yang dikenal bertanggungjawab menyebabkan wanita menjadi moody saat mengalami datang bulan. Namun, jika kekurangan hormon progesteron dapat menyebabkan terganggunya siklus datang bulan. Di sisi lain kadar hormon progesteron yang tinggi dalam tubuh dapat menstimulasi produksi ASI pada ibu menyusui.

Membantu Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Menyeluruh

 

Secara alami, jantung pisang memproduksi ekstrak berbasis ethanol. Ekstrak inilah yang punya kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri patogen yang biasa menyebabkan radang tenggorokan dan kondisi tidak enak lainnya pada tubuh.

Jantung pisang juga mengandung methanol yang bekerja sebagai antioksidan yang sangat kuat untuk tubuh, mengurangi radikal bebas. Radikal bebas sendiri biasa menyerang sel dan bisa menyebabkan penyakit seperti penuaan hingga kanker.

Kaya Vitamin & Mineral

Banyak yang tidak tahu bahwa jantung pisang mengandung vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Beberapa contohnya adalah Vitamin A, Vitamin C, Vitamin C, Potasium dan jangan lupakan serat.

Vitamin A seperti yang sudah diketahui bermanfaat untuk kesehatan pengelihatan, Vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan, Vitamin E baik untuk kesehatan kulit dan ketiga jenis vitamin ini sangat membantu menjaga kesehatan tubuh. Potasium sendiri punya banyak manfaat untuk membantu fungsi sel, jaringan hingga organ dalam tubuh.

Menurunkan Kadar Stress & Tekanan Darah

Percaya atau tidak, jantung pisang berperang sebagai anti-depressant alami. Hal ini karena bahan makanan ini mengandung banyak magnesium yang punya peran untuk meningkatkan mood sekaligus mengurangi stress. Magnesium pulalah yang punya manfaat untuk menurunkan tekanan darah bagi penderita darah tinggi.

Nah, itulah manfaat luar biasa yang dimiliki jantung pisang yang mungkin belum diketahui banyak orang. Jika di negara barat, jantung pisang merupakan sesuatu yang jarang ditemui. Maka, kita harusnya beruntung karena tanaman pisang sendiri berasal dari Indo-Malaysia dan sangat mudah ditemui di Indonesia.

Kelebihan Investasi Online Di Trimegah
41 Istilah Penerbangan Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Naik Pesawat
Rumah Dijual di Depok Harga Di Bawah 100 Juta
Rumah Dijual Di Bandung Harga Murah Tanpa Perantara
Tips Sukses Merintis Bisnis Barber Shop di Kota Besar
Mengalahkan Facebook, Instagram jadi Sarang Cyber-Bully Nomor 1
Bahayanya Kencing di Kolam Renang
Hellblade, Game “Indie AAA” dan Penyakit Kejiwaan
Review Dunkirk, Bukan Dokumentasi Battle of Dunkirk
Review Nine Lives, Film untuk Keluarga Pecinta Kucing
Electro Swing, Perpaduan yang Terasa “Salah”
Tangan Midas Sutradara Anime Makoto Shinkai
Bedanya Suka, Cinta & Nafsu
Keseringan Chatting Bikin Hubungan Renggang?
Penulis Buku Harian Adalah Tipe Kekasih yang Baik
Kado Natal Unik Untuk Gamer Terkasih
Mengalahkan Facebook, Instagram jadi Sarang Cyber-Bully Nomor 1
Qualcomm dan Vivo Memamerkan Fingerprint Dibawah Layar
KSKAS Malware Menyerang Android via Download APK Otomatis
Hellblade, Game “Indie AAA” dan Penyakit Kejiwaan