5 Makanan Enak untuk Mengatasi Depresi

Perasaan depresi dan gelisah bisa datang pada siapapun, di waktu kapanpun. Hal itu tergantung pada banyak sekali faktor, mulai dari gaya hidup hingga genetik. Banyak metode bisa dilakukan untuk mengatasi depresi, misalnya seperti rekreasi, yoga dan sebagainya. Tapi, ada satu metode lain yang selain menyenangkan, juga mengeyangkan, yap, makan.

Dengan pilihan yang tepat dan benar, makanan bisa menjadi obat depresi yang sangat ampuh. Berikut ini 7 makanan enak yang dipercaya bisa mengatasi depresi.

Roti gandum

Roti gandum adalah salah satu makanan yang selain sehat juga mengandung karbohidrat yang tinggi serat. Karbohidrat dipercaya dapat meningkatkan produksi serotonin. Zat serotonin ini dikenal sebagai ‘hormon bahagia’ yang membuat mood seseorang menjadi baik serta merelaksasi badan dan pikiran.

Selain itu, roti gandum juga akan membantu menjaga gula darah yang dapat menghindarkan seseorang dari rasa lapar berlebihan.

Cokelat hitam

Ada dua jenis cokelat yang sangat populer di pasaran, yaitu cokelat susu dan cokelat hitam. Memang banyak yang mengatakan bahwa cokelat dapat mengatasi depresi, tapi cokelat susu (yang lebih banyak dijual di pasaran) justru berkontribusi pada tingkat depresi seseorang.

Sebaliknya, cokelat hitam (dalam jumlah cukup) akan membantu melawan depresi karena kandungan antioksidannya yang tinggi akan meningkatkan endorfin dan serotonin dalam tubuh.

Beri-berian

Banyak orang menyukai rasa dari blueberries, blackberries, strawberries atau rasberries. Selain membantu dalam program penurunan berat badan, beri-berian juga dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini akan membantu memperkuat sistem imun seseorang sekaligus menghindari dari kanker.

Sama seperti cokelat hitam, beri-berian juga dapat dimakan untuk mengurangi depresi seseorang. Selain itu, mereka bisa dicampurkan dalam berbagai makanan lain seperti sereal, yogurt, smooties bahkan es krim.

Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, bukan hanya jenis makanan yang paling sehat dan paling bernutrisi tapi juga penuh manfaat. Kandungan nutrisinya yang tinggi bisa membantu mencegah penyakit seperti kanker serta meningkatkan sistem imun pada tubuh.

Perlu diketahui juga bahwa sayuran hijau ternyata bisa menghilangkan rasa depresi dan gelisah pada seseorang jika dimasak dengan benar sehingga nutrisinya bisa tetap terjaga.

Alpukat

Di luar negeri, alpukat dikenal sebagai salah satu buah ‘super’, bukan hanya karena rasanya yang enak, tapi juga kandungan nutrisi dan manfaatnya yang sangat banyak. Alpukat mendung triptofan, folat dan omega 3. Enaknya lagi, alpukat bisa dimakan bersama roti gandum ataupun sayuran hijau sebagai salad.

Tapi, makanlah alpukat dalam jumlah yang cukup dan jangan berlebih karena buah ini juga mengandung lemak yang cukup banyak.

Kelebihan Investasi Online Di Trimegah
41 Istilah Penerbangan Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Naik Pesawat
Rumah Dijual di Depok Harga Di Bawah 100 Juta
Rumah Dijual Di Bandung Harga Murah Tanpa Perantara
Tips Sukses Merintis Bisnis Barber Shop di Kota Besar
Mengalahkan Facebook, Instagram jadi Sarang Cyber-Bully Nomor 1
Bahayanya Kencing di Kolam Renang
Hellblade, Game “Indie AAA” dan Penyakit Kejiwaan
Review Dunkirk, Bukan Dokumentasi Battle of Dunkirk
Review Nine Lives, Film untuk Keluarga Pecinta Kucing
Electro Swing, Perpaduan yang Terasa “Salah”
Tangan Midas Sutradara Anime Makoto Shinkai
Bedanya Suka, Cinta & Nafsu
Keseringan Chatting Bikin Hubungan Renggang?
Penulis Buku Harian Adalah Tipe Kekasih yang Baik
Kado Natal Unik Untuk Gamer Terkasih
Mengalahkan Facebook, Instagram jadi Sarang Cyber-Bully Nomor 1
Qualcomm dan Vivo Memamerkan Fingerprint Dibawah Layar
KSKAS Malware Menyerang Android via Download APK Otomatis
Hellblade, Game “Indie AAA” dan Penyakit Kejiwaan