6 Cara Menjaga Hubungan yang Terbukti oleh Sains

Cinta adalah salah satu emosi manusia yang paling banyak dipelajari namun tetap saja paling memusingkan. Mungkin karena itulah hingga saat ini para ilmuwan belum bisa membuat ramuan cinta *kasian para jomblo. Tapi, para ilmuwan telah berhasil menemukan tips-tips yang sudah terbukti secara ilmiah dapat membantu orang-orang menemukan cinta sejati dan menjaga hubungannya dalam jangka waktu lama.

Tips-tips dibawah ini sangat berguna bagi kamu yang baru menjalni hubungan, tapi bagi kamu yang sudah ‘mahir’, siap tau apa yang ada dibawah ini akan membantumu.

Sebelum itu, harap bedakan antara hubungan yang romantis (yang biasanya akan bertahan lama) dengan tergila-gila (kasmaran) yang biasanya akan mulai menghilang setelah awal hubungan.

1. Selalu Berpikiran Baik tentang Pasangan

Peneliti sudah membuktikan bahwa berpikiran baik terhadap pasangan adalah kunci dari sebuah hubungan, karena ketika kita fokus pada sisi baik pasangan, hubungan kita akan semakin kuat.

Pada 2009 lalu, Bianca Acevedo bersama para peneliti dari University of California menemukan bahwa pasangan yang memiliki hubungan baik adalah mereka yang selalu berpikiran positif tentang pasangannya. Ini berarti mereka lebih mengingat pengalaman menyenangkan dibanding pengalaman buruk mereka bersama.

Pasangan yang bahagia biasanya mampu menyelesaikan masalah secara lebih baik karena mereka tidak berfokus pada masalah tersebut. Terlalu memikirkan masalah yang memicu konflik hanya akan semakin mengurangi pikiran positif pada pasangan.

2. Ekspresikan Cinta secara Fisik

Michelle Russell dan James McNulty dari University of Tennessee menemukan bahwa berhubungan sex secara berkala adalah kunci untuk hubungan yang bahagia dan bertahan lama. Tapi, apakah ekspresi fisik yang disebut disini hanya berupa sex? TIDAK! (Baca juga : Kenapa Cowok Jarang Bilang Cinta)

Jatuh cinta adalah sesuatu yang penting, maka dari itu sangat dianjurkan untuk mengekspresikannya secara fisik. Penelitian menemukan bahwa kekerasan bukanlah jalan terbaik untuk menjalin hubungan. Ciuman di pipi atau sentuhan di pundak dirasa cukup untuk membantu intensitas pada sebuah hubungan.

3. Bicara Empat Mata

Siapapun pasti setuju bahwa komunikasi adalah kunci dari sebuah hubungan. Tapi, tahukah kamu bahwa cara kamu berkomunikasi juga menentukan kualitas hubunganmu?

Sebuah penelitian pada 2007 yang dimuat dalam Journal of Family Psychology menemukan bahwa rata-rata wanita merasa lebih bahagia jika berkomunikasi empat mata dengan pasangannya. Peneliti juga menemukan bahwa pasangan yang lebih sering bicara empat mata akan bertahan lebih lama. Telepon, SMS dan sebagainya mungkin mempermudah komunikasi, tapi tidak ada yang bisa menyamai kepuasan dari berkomunikasi secara langsung

4. Lakukan Kegiatan Baru Bersama

Menghabiskan waktu bersama pasangan mungkin sesuatu yang menyenangkan, tapi bagaimana menghabiskan waktu tersebut dapat memberikan dampak yang berbeda pada hubungan.

Seorang psikolog, Arthur Aron dan timnya melakukan penelitian yang dimuat dalam jurnal Social Psychological and Personality Science, menemukan bahwa pasangan bisa merasa lebih saling mencintai ketika mereka menghabiskan waktu bersama mencoba dan mencari tahu hal-hal baru. Penelitian tersebut menemukan bahwa dalam kasus ini, pria akan lebih terpengaruh.

Jadi, ketika kamu akan mencoba diving atau bungee jumping untuk pertama kali, ajaklah pasanganmu. Tapi, jika kamu tidak ingin melakukan kegiatan fisik, masuk ke rumah hantu atau sekedar membaca novel baru bersama bisa juga jadi alternatif.

5. Beri Jarak – Jangan Terlalu Jauh

Seberapa pun kamu jatuh cinta satu sama lain, setiap pasangan memerlukan sedikit jarak. Hal ini bermanfaat untuk semakin mengetahui satu sama lain dan seberapa banyak jarak yang harus diberikan diantara kalian.

Terlalu nempel dengan pasangan dan mengekang dia sama saja buruknya dengan memberikan jarak yang terlalu jauh pada dia. Dalam jurnal Personality & Social Psychology Bulletin yang diterbitkan pada 2013 menemukan jika kamu selalu ingin nempel dengan pasanganmu, maka dia akan jadi tidak bahagia dan akhirnya akan merasa depresi bahkan meminta putus.

6. Jangan Tinggalkan Hobi / Minatmu

Mungkin ini akan terdengar aneh dan membingungkan, tapi jangan pernah meninggalkan hobi atau minatmu setelah memiliki pasangan. Studi yang dilakukan Arthur Aron menemukan bahwa orang yang tetap melakukan hobinya akan membawa hasrat yang sama pada hubungannya.

Mudahnya, mereka yang tetap melakukan hobinya setelah memiliki pasangan akan mencintai pasangannya sama besarnya seperti mereka melakukan hobinya. Hal ini lagi-lagi lebih banyak ditemukan pada pria, so buat cewek-cewek, jangan larang pacar kalian main DOTA ya, ingat bahwa kamu akan dicintai sebesar dia mencintai DOTA. (Baca juga : Alasan Berpacaran dengan Gamer)

Kelebihan Investasi Online Di Trimegah
41 Istilah Penerbangan Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Naik Pesawat
Rumah Dijual di Depok Harga Di Bawah 100 Juta
Rumah Dijual Di Bandung Harga Murah Tanpa Perantara
Tips Sukses Merintis Bisnis Barber Shop di Kota Besar
Mengalahkan Facebook, Instagram jadi Sarang Cyber-Bully Nomor 1
Bahayanya Kencing di Kolam Renang
Hellblade, Game “Indie AAA” dan Penyakit Kejiwaan
Review Dunkirk, Bukan Dokumentasi Battle of Dunkirk
Review Nine Lives, Film untuk Keluarga Pecinta Kucing
Electro Swing, Perpaduan yang Terasa “Salah”
Tangan Midas Sutradara Anime Makoto Shinkai
Bedanya Suka, Cinta & Nafsu
Keseringan Chatting Bikin Hubungan Renggang?
Penulis Buku Harian Adalah Tipe Kekasih yang Baik
Kado Natal Unik Untuk Gamer Terkasih
Mengalahkan Facebook, Instagram jadi Sarang Cyber-Bully Nomor 1
Qualcomm dan Vivo Memamerkan Fingerprint Dibawah Layar
KSKAS Malware Menyerang Android via Download APK Otomatis
Hellblade, Game “Indie AAA” dan Penyakit Kejiwaan