Apa Itu Snapchat?

Snapchat merupakan sebuah aplikasi untuk saling berbagi pesan (berkomunikasi) secara mobile, namun dengan cara yang unik. Para penggunanya bisa saling berbagi foto dan video, lalu pesan tersebut akan terhapus dengan sendirinya setelah beberapa detik.

Agar lebih menyenangkan, pengguna bisa menambahkan teks atau coretan pada foto/video yang akan dikirim. Video atau foto yang dikirim pengguna disebut sebagai “Snap”, kemudian tinggal memilih akan mengirimnya pada siapa. Penerima akan melihat pesan tersebut dengan waktu yang sudah ditentukan si pengirim, lalu video/foto tersebut akan hilang.

Sejarah Snapchat

Snapchat dibuat oleh tiga orang mahasiswa dari Stanford University yaitu Evan Spiegel, Bobby Murphy dan Reggie Brown. Awalnya, ini hanyalah proyek kelas dari Spiegel dan Brown yang diberinama Picabbo. Untuk mewujudkan aplikasi ini, keduanya mengajak Murphy untuk bergabung.

Picabbo memulai debutnya pada Juli 2011, namun kemudian berganti nama menjadi Snapchat dan tersedia untuk Android mulai 29 November 2012.

Dalam dua tahun, Snapchat tercatat telah mengirim lebih dari 700 juta foto dan video setiap harinya. Snapchat Stories pun mendapat 500 juta kunjungan per hari. Popularitas ini membuat nilai Snapchat menjadi Miliaran Dollar dan menarik pendanaan dari para investor. Bahkan, Facebook bersedia membayar mahal untuk mengakuisisi Snapchat namun ditolak.

Fitur-fitur Snapchat (Juni 2015)


User Interface (UI)

Tampilan utama Snapchat terbilang sederhana, ada kamera yang bisa ubah menjadi kamera depan maupun belakang beserta tombol besar di tengah bawah yang berfungsi sebagai shutter. Tap sekali untuk menjepret foto dan tahan untuk merekam video.

Ada juga fitur menambahkan teman melalui kontak maupun username. Ada juga panel untuk menemukan daftar teman yang sudah ditambahkan dan untuk saling mengirim pesan pribadi.

Discover

Discover merupakan fitur konten yang memuat berita dari berbagai media-media internasional ternama seperti CNN, MTV, Daily Mail, Yahoo dan lainnya.

Story

Story memungkinkan pengguna untuk menyiarkan video personal dirinya kepada daftar teman, video ini bisa dilihat secara terus menerus oleh pengguna dan akan terkirim ke seluruh kontak selama 24 jam sebelum terhapus.

Snapcash

Ini fitur yang tergolong baru dimana para pengguna bisa mengirimkan uang pada pengguna lainnya dengan mudah.

Kelebihan Investasi Online Di Trimegah
41 Istilah Penerbangan Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Naik Pesawat
Rumah Dijual di Depok Harga Di Bawah 100 Juta
Rumah Dijual Di Bandung Harga Murah Tanpa Perantara
Tips Sukses Merintis Bisnis Barber Shop di Kota Besar
Mengalahkan Facebook, Instagram jadi Sarang Cyber-Bully Nomor 1
Bahayanya Kencing di Kolam Renang
Hellblade, Game “Indie AAA” dan Penyakit Kejiwaan
Review Dunkirk, Bukan Dokumentasi Battle of Dunkirk
Review Nine Lives, Film untuk Keluarga Pecinta Kucing
Electro Swing, Perpaduan yang Terasa “Salah”
Tangan Midas Sutradara Anime Makoto Shinkai
Bedanya Suka, Cinta & Nafsu
Keseringan Chatting Bikin Hubungan Renggang?
Penulis Buku Harian Adalah Tipe Kekasih yang Baik
Kado Natal Unik Untuk Gamer Terkasih
Mengalahkan Facebook, Instagram jadi Sarang Cyber-Bully Nomor 1
Qualcomm dan Vivo Memamerkan Fingerprint Dibawah Layar
KSKAS Malware Menyerang Android via Download APK Otomatis
Hellblade, Game “Indie AAA” dan Penyakit Kejiwaan