Bagaimana Mengatakan Hal Negatif pada Seseorang Tanpa Menyakiti Perasaannya

Terkadang kita dihadapkan pada sebuah situasi dimana kita harus memberitahu seorang teman sesuatu yang mungkin saja menyakiti perasaanya. Misalnya saat kita harus memberikan kritik pada karya seni seorang teman bahkan saat dimana kita harus mengakhiri sebuah hubungan.

Kesalahan pengucapan dalam percakapan semacam ini bisa berakibat fatal mulai dari merenggangkan hubungan kita dengan seseorang hingga membuat orang lain membenci dan menyimpan dendam pada kita. Tentu kita tidak ingin hal itu terjadi kan? Berikut ini bagaimana mengatakan hal negatif pada seseorang tanpa menyakiti perasaannya.

Negativity Sandwich

Cara yang benar untuk mengatakan hal negatif pada seseorang tanpa menyakiti perasaannya adalah dengan sebuah ‘teknik’ yang dikenal sebagai Negativity Sandwich. Secara sederhana, cara ini bisa dilakukan dengan mengatakan sesuatu yang positif terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan hal negatif yang ingin diungkapkan dan langsung diikuti oleh hal positif lainnya.

Dengan cara ini, statemen negatif yang kita ungkapkan tidak akan terlalu menyakiti perasaan lawan bicara, disisi lain hal ini juga mencegah lawan bicara menganggap kalau apa yang kita ungkapkan mempunyai tujuan yang buruk selain itu lawan bicara bisa memikirkan poin utama yang ingin kita ungkapkan tanpa merusak hubungan kita dengannya.

Baca juga  Hal Penting Saat Diet Rendah Lemak

Contoh Penerapan Negativity Sandwich

Di sebuah perusahaan, ada seorang salesman yang sangat berbakat dalam melakukan penjualan namun dia selalu terlambat ketika meeting. Dan jika terus dibiarkan, maka salesman lainnya mungkin akan berpikir kalau terlambat bukanlah masalah. Sehingga sang bos mengambil tindakan dengan memanggil sang salesman.

“Pak [Nama salesman], Anda adalah seorang salesman handal. Bahkan tidak diragukan lagi merupakan salah yang terbaik di perusahaan ini. Anda adalah sosok salesman yang sangat saya inginkan. Tapi, keterlambatan Anda. Jika saya membiarkannya, karyawan yang lain mungkin juga melakukan hal yang sama. Jika hal itu terjadi lagi, maka saya harus melepaskan Anda dari perusahaan ini. Hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat tidak saya inginkan, karena saya senang memiliki seorang teman seperti Anda dan mengagumi kemampuan Anda sebagai seorang salesman. Saya yakin jika Anda bisa datang tepat waktu, Anda akan mendapat lebih banyak deal dan Anda bisa menjadi karyawan terbaik di perusahaan ini.”

Baca juga  Cara Supaya Kulit Putih Pakai Krim Siang dan Malam

Dalam statemen tersebut, sang bos mengatakan hal postif terlebih dahulu kemudian diikuti oleh hal negatif yang menunjukan kesalahan sang salesman dan diikuti lagi oleh statemen positif lainnya.

Kenapa Negativity Sandwich Benar-Benar Manjur?

Negativity Sandwich ini benar-benar manjur karena kita memberikan emosi positif dibagian awal dan akhir sebuah kejadian. Kebanyakan orang lebih mengingat bagian awal dan akhir dari sebuah percakapan, sehingga ketika mereka mengingat kembali percakapan tersebut, mereka memikirkannya sebagai sebuah percakapan positif yang membangun.

Di sisi lain, ketika kita tidak melakukan hal ini dan mengatakan hal negatif secara terang-terangan, beberapa orang akan menganggapnya sebagai sebuah serangan langsung pada pribadinya dan mengingat percakapan tersebut sebagai sebuah penghinaan.

Leave a Reply

41 Istilah Penerbangan Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Naik Pesawat
Rumah Dijual di Depok Harga Di Bawah 100 Juta
Rumah Dijual Di Bandung Harga Murah Tanpa Perantara
Mencari Iklan Rumah Dijual Di Jakarta Melalui Situs Urbanindo
Hellblade, Game “Indie AAA” dan Penyakit Kejiwaan
Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kecantikan
4 Minuman Diet Terbaik di Dunia
Beberapa Tips Yang Dapat Dilakukan Ketika Melakukan Sewa Apartemen
Review Nine Lives, Film untuk Keluarga Pecinta Kucing
Electro Swing, Perpaduan yang Terasa “Salah”
Tangan Midas Sutradara Anime Makoto Shinkai
Review Doctor Strange, Serasa Salah Minum Obat
Bedanya Suka, Cinta & Nafsu
Keseringan Chatting Bikin Hubungan Renggang?
Penulis Buku Harian Adalah Tipe Kekasih yang Baik
Kado Natal Unik Untuk Gamer Terkasih
KSKAS Malware Menyerang Android via Download APK Otomatis
Hellblade, Game “Indie AAA” dan Penyakit Kejiwaan
IBM Berhasil Mengemas 30 Milyar Transistor Menjadi Seukuran Kuku Tangan
Sedikit Cerita tentang Ransomware WannaCry