Father.io, Game MMFPS Dibawa ke Dunia Nyata

Father.io memiliki sebuah rencana besar untuk membawa permainan Massive Multiplayer First Person Shooter ke dunia nyata. Mengkombinasikan model bermainan geo-location strategy dan first person shooter, proyek mereka sudah dimulai pada 2014 lalu dan direncanakan akan selesai pada musim panas 2016 (sekitar bulan Agustus-September 2016).

Bercerita tentang sebuah masa depan dimana umat manusia menciptakan sebuah super komputer bernama Ethereus. Berkat super komputer ini, kehidupan manusia menjadi lebih baik, tidak ada konflik, smart city bermunculan serta sumber daya yang teroptimalisasi.

Suatu ketika, muncul sebuah virus misterius bernama father.io yang mengacaukan Ethereus. Untuk melindungi diri dan datanya, Ethereus melakukan enkripsi pada berbagai data sensitif seperti bank, kemudian mendistribusikan dirinya ke berbagai pusat data.

Father.io akhirnya bisa menguasai berbagai tugas yang sebelumnya dijalankan oleh Ethereus. Dia menciptakan kaum Evolved yang bertujuan untuk memusnahkan manusia. Disinilah pertempuran antara manusia dengan para Evolved dimulai.

Mode Permainan

Walau mengusung kampanye di IndieGoGo dalam menciptakan “real life Massive Multiplayer First Person Shooter”, father.io sebenarnya memiliki dua mode permainan.

Baca juga  Minecraft : Story Mode Episode 5 dan The Walking Dead Season 3

Massive Multiplayer Mode

Pada mode ini, pemain bisa berinteraksi dengan lebih dari 12 juta bangunan nyata di seluruh dunia. Mirip seperti permainan Ingress dari Niantic, bedanya pada Father.io, tidak ada portal melainkan bangunan tertentu memiliki fungsi tertentu pula.

Misalnya, agar mengamankan sumber daya, maka pemain bisa menguasai bank, untuk mempercepat riset, pemain bisa menguasai sekolah atau gedung universitas dan sebagainya. Pada mode ini, kerjasama tim dengan sesama faksi sangat diperlukan.

Dalam mode ini juga ada Commander Mode, yaitu pemain yang memiliki akses lebih luas terhadap map dan sangat berperan penting untuk memandu timnya untuk menghadapi tim lawan. Misalnya saat ingin merebut suatu area baru.

Quick Match Mode

Mode ini cenderung sederhana, mirip seperti permainan FPS biasa. Cukup menempelkan alat bernama Inceptor, mencari anggota tim lalu menantang pemain lain yang berada disekitar.

Baca juga  Instagram Merilis Aplikasi Boomerang

Inceptor sendiri merupakan alat yang dikembangkan khusus untuk bermain, khususnya bermain father.io. Alat ini merupakan laser tag seukuran gantungan kunci yang dipasangkan pada smartphone untuk mengetahui apakah musuh/kita terkena tembakan saat bermain.

Class

Sampai saat ini, father.io mengkonfirmasi akan ada minimal 7 class dalam permainannya. Jumlahnya bisa bertambah jika dana dari kampanye di IndieGoGo mencapai jumlah yang lebih tinggi lagi. Class yang sudah terkonfirmasi antara lain :

  • Militia
  • Infiltrator
  • Engineers
  • Assault
  • Medics
  • Hacker
  • Commanders

Masing-masing class memiliki keunggulannya tersendiri, memang tidak semua class diunggulkan dalam pertempuran. Tapi, perlu setiap class untuk berhasil memenangkan sebuah pertempuran dengan lebih cepat dan korban yang lebih sedikit.

Dengan kira-kira masih satu bulan tersisa untuk kampanye di IndieGoGo dan pendapatan dana kampanye yang sudah 2,5 kali lipat dari target. Kita sepertinya akan mendapat game indie yang cukup menarik pada pertengahan tahun ini.

Leave a Reply

41 Istilah Penerbangan Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Naik Pesawat
Rumah Dijual di Depok Harga Di Bawah 100 Juta
Rumah Dijual Di Bandung Harga Murah Tanpa Perantara
Mencari Iklan Rumah Dijual Di Jakarta Melalui Situs Urbanindo
Hellblade, Game “Indie AAA” dan Penyakit Kejiwaan
Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kecantikan
4 Minuman Diet Terbaik di Dunia
Beberapa Tips Yang Dapat Dilakukan Ketika Melakukan Sewa Apartemen
Review Nine Lives, Film untuk Keluarga Pecinta Kucing
Electro Swing, Perpaduan yang Terasa “Salah”
Tangan Midas Sutradara Anime Makoto Shinkai
Review Doctor Strange, Serasa Salah Minum Obat
Bedanya Suka, Cinta & Nafsu
Keseringan Chatting Bikin Hubungan Renggang?
Penulis Buku Harian Adalah Tipe Kekasih yang Baik
Kado Natal Unik Untuk Gamer Terkasih
KSKAS Malware Menyerang Android via Download APK Otomatis
Hellblade, Game “Indie AAA” dan Penyakit Kejiwaan
IBM Berhasil Mengemas 30 Milyar Transistor Menjadi Seukuran Kuku Tangan
Sedikit Cerita tentang Ransomware WannaCry