Hypnotic Copywriting

Copywriting adalah sebuah ilmu (aliran) dalam tulis menulis yang biasanya banyak terdapat dalam iklan atau sales letter. Saya sudah pernah menulis mengenai penjelasan Copywriting dalam artikel berjudul Copywriting yang Menjanjikan.

Kali ini, saya akan membahas tentang Hypnotic Copywriting. Teknik ini sebenarnya merupakan inovasi dari Copywriting dan sering diterapkan dalam penulisan iklan. Kalau dilihat sekilas, tulisan hasil Hypnotic Copywriting ini terlihat seperti tulisan biasa saja, tapi secara tidak langsung bisa menggugah logika dan alam bawah sadar pembacanya.

Kunci dari teknik ini ada pada manipulasi penempatan kata dan cara penempatan atau merangkai kata sehingga menjadi sebuah kalimat yang menghipnotis. Secara tidak langsung, tulisan tersebut telah memberikan kesan dalam pikiran pembacanya yang tersampaikan melalui pesan yang sistematis.

Writer-Cartoon-Red-Color

Beberapa trik untuk melakukan Hypnotic Copywriting adalah :

1. Pengulangan Kata atau Kalimat

2. Dorongan untuk melakukan sesuatu

3. Penekanan pada Objek tertentu dalam tulisan.

Contoh :

HANYA SEKALI SEUMUR HIDUP!!

KAPAN LAGI BISA MENYAKSIKAN EXCLUSIVE PERFORMANCE

DARI BAND KEREN LINKIN PARK!!

INGAT!! INI LINKIN PARK!!

HANYA SEKALI SEUMUR HIDUP!!

TANGGAL 31 DESEMBER 2015

DI GARUDA WISNU KENCANA BALI

MULAI PUKUL 21.00 – 24.00 WITA

TIKET MURAH, HANYA Rp. 2.000.000

APALAH ARTI Rp. 2.000.000, KALAU DIBANDINGKAN KESEMPATAN LANGKA INI

200 ORANG PEMESAN PERTAMA AKAN MENDAPAT DISKON 10% PLUS MARCHENDISE EXCLUSIVE

INGAT!!! INI LINKIN PARK

HANYA SEKALI  SEUMUR HIDUP!!!

Kalimat “HANYA SEKALI ┬áSEUMUR HIDUP!!!” ditulis berulang-ulang agar yang membacanya yakin bahwa kesempatan ini langka dan benar-benar sekali seumur hidup.

Kalimat “200 ORANG PEMESAN PERTAMA AKAN MENDAPAT DISKON 10% PLUS MARCHENDISE EXCLUSIVE” bertujuan agar para pembaca berlomba-lomba membeli tiket agar mendapat diskon dan bonus.

Ingat! Sebagian besar pembaca akan bepikir bahwa dialah yang pertama kali mengetahui informasi tersebut, sehingga dia akan terdorong untuk membeli tiket.

Kalimat “INGAT!!! INI LINKIN PARK” juga diulang dan muncul pertama agar memiliki penekenan pada objek tertentu yang menjadi selling point, dalam hal ini, Linkin Park.

Dalam dunia internet marketing, teknik Hypnotic Copywriting ini sering terdapat pada direct response, artikel, script iklan dan email. Kenapa? Karena copywriting secara umum adalah alat marketing yang cukup sukses dalam meningkatkan keberhasilan sebuah program marketing.

Bagaimana? Tertarik belajar copywriting? Saya sih PASTI TERTARIK!

Kelebihan Investasi Online Di Trimegah
41 Istilah Penerbangan Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Naik Pesawat
Rumah Dijual di Depok Harga Di Bawah 100 Juta
Rumah Dijual Di Bandung Harga Murah Tanpa Perantara
Tips Sukses Merintis Bisnis Barber Shop di Kota Besar
Mengalahkan Facebook, Instagram jadi Sarang Cyber-Bully Nomor 1
Bahayanya Kencing di Kolam Renang
Hellblade, Game “Indie AAA” dan Penyakit Kejiwaan
Review Dunkirk, Bukan Dokumentasi Battle of Dunkirk
Review Nine Lives, Film untuk Keluarga Pecinta Kucing
Electro Swing, Perpaduan yang Terasa “Salah”
Tangan Midas Sutradara Anime Makoto Shinkai
Bedanya Suka, Cinta & Nafsu
Keseringan Chatting Bikin Hubungan Renggang?
Penulis Buku Harian Adalah Tipe Kekasih yang Baik
Kado Natal Unik Untuk Gamer Terkasih
Mengalahkan Facebook, Instagram jadi Sarang Cyber-Bully Nomor 1
Qualcomm dan Vivo Memamerkan Fingerprint Dibawah Layar
KSKAS Malware Menyerang Android via Download APK Otomatis
Hellblade, Game “Indie AAA” dan Penyakit Kejiwaan