Tips Manajemen Waktu Untuk Mahasiswa

Pertanyaanya adalah kenapa waktu harus di manage “diatur”? Jawabannya sederhananya karena waktu sifatnya terbatas, sehari hanya 24 jam. Sesuatu perlu diatur karena sesuatu itu ada batasnya.

Contoh kalau kita punya uang tidak banyak (terbatas) maka perlu ada manajemen keuangan, kalau kita punya uang ga terbatas, ga usah di manage, toh kalau dibelanjakan masih banyak. OK kembali ke topik yang akan kita bahas tentang manajemen waktu khusus untuk mahasiswa seperti saya (kebetulan kembali jadi mahasiswa). 

Perlu diingat bahwa inti dari manajemen waktu adalah konsentrasi pada hasil dan bukan sekedar menyibukkan diri. Banyak orang menghabiskan hari-harinya dengan berbagai kegiatan yang seakan tiada habisnya tetapi tidak mendapat capaian apapun karena kurang konsentrasi pada hal yang benar.

lulus sarjana

 

Agar manajemen waktu berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan fokus pada hasil bukan sekedar menyibukan diri, maka ada siklus manajemen waktu, yaitu:

  1. Menetapkan Tujuan (Goal Setting)
  2. Merencakanan dan mekaukan kegiatan dalam bentuk daftar/list (To Do List)
  3. Memantau dan mengevaluasi dari tiap kegiatan (Monitoring and Evaluation)

Sebelum lanjut, coba jawab pertanyaan-pertanyaan dibawah ini:

  • Apakah anda menjadwalkan berapa jam anda membutuhkan waktu untuk belajar setiap minggu?
  • Apakah anda selalu tepat waktu dalam mengerjakan tugas?
  • Apakah anda mulai mengerjakan tugas besar / tugas akhir/penulisan ilmiah pada awal semester?
  • Apakah anda membuat daftar/list apa yang harus dikerjakan (to do list)?
  • Apakah anda menentukan target tertentu untuk setiap periode studi?
  • Apakah anda memulai belajar dengan mengerjakan tugas/PR yang paling sulit?
  • Apakah anda menyelesaikan belajar anda selama jam produktif setiap harinya?

 

Kalau jawaban anda di atas lebih banyak “Tidak” dari pada “Ya”, maka sudah saatnya anda melakukan manajemen waktu yang baru. Berikut ini beberapa langkah untuk meningkatkan manajemen waktu kita.

  • Membuat Jadwal Per Semester. Anda bisa mencatat jadwal kegiatan dalam satu semester ini, misalnya: jadwal sidang, PKL, TA, termasuk jadwal bimbingan. Selain jadwal kuliah, catat juga jadwal non-kuliah seperti: ekstrkurikuler, kegiatan organisasi, pulang kampung, kerja, aktivitas sosial, liburan, dll.
  • Menilai dan Merencanakan Jadwal Minggua. (a). Buat daftar apa yang harus dikerjakan dalam minggu depan, termasuk tugas kuliah, praktikum, kuis. (b). Masukan kegiatan yang akan dilakukan minggu ini seperti: kumpul sama temen2, mengerjakan tugas, bersepeda, dll. (c). Estimasikan waktu yang dibutuhkan untuk setiap kegiatan. (d). Identifikasi kegiatan yang sering sukses dan sering gagal untuk bahan evaluasi.
  • Membuat Jadwal Tiap Hari.(a). Tulis jadwal harian pada setiap pagi, termasuk tugas-tugas yang belum selesai dari hari sebelumnya. (b). Berikan skala prioritas dari setiap tugas atau kegiatan.

 

  • Evaluasi Setiap Jadwal. Evaluasi jadwal setiap malam. Apakah semua tugas dalam daftar telah diselesaikan? Jika tidak, mengapa? Apakah karena jadwalnya tidak realistis atau manajemen waktunya yang tidak efektif? Apa penyesuaian yang bisa dilakukan agar di lain waktu anda dapat membuat jadwal yang lebih baik?
  • Pintar-pintar Menggunakan WaktuBagi mereka yang bepergian pake kendaraan umum, atau sering menunggu anda bisa menggunakan waktu ini untuk kegiatan yang positif, seperti membaca atau merencakan sesuatu.

Perlu diingat bahwa waktu itu tidak akan kembali, maka jangan disia-siakan dengan hanya melihat timeline update facebook, twitter atau BBM. Bukan tidak boleh untuk mersosial media, tetapi lebih baik kita manage kapan waktunya dan berapa lama untuk kegiatan tersebut. Manfaatkan waktu luang sebelum waktu sempit/sibuk. Dan yang terakhir jangan lupa hiburan yah, seperti rekreasi bersepeda dihari libur, selain refresh juga sehat.

Sumber : Persinggahan Supono

Kelebihan Investasi Online Di Trimegah
41 Istilah Penerbangan Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Naik Pesawat
Rumah Dijual di Depok Harga Di Bawah 100 Juta
Rumah Dijual Di Bandung Harga Murah Tanpa Perantara
Tips Sukses Merintis Bisnis Barber Shop di Kota Besar
Mengalahkan Facebook, Instagram jadi Sarang Cyber-Bully Nomor 1
Bahayanya Kencing di Kolam Renang
Hellblade, Game “Indie AAA” dan Penyakit Kejiwaan
Review Dunkirk, Bukan Dokumentasi Battle of Dunkirk
Review Nine Lives, Film untuk Keluarga Pecinta Kucing
Electro Swing, Perpaduan yang Terasa “Salah”
Tangan Midas Sutradara Anime Makoto Shinkai
Bedanya Suka, Cinta & Nafsu
Keseringan Chatting Bikin Hubungan Renggang?
Penulis Buku Harian Adalah Tipe Kekasih yang Baik
Kado Natal Unik Untuk Gamer Terkasih
Mengalahkan Facebook, Instagram jadi Sarang Cyber-Bully Nomor 1
Qualcomm dan Vivo Memamerkan Fingerprint Dibawah Layar
KSKAS Malware Menyerang Android via Download APK Otomatis
Hellblade, Game “Indie AAA” dan Penyakit Kejiwaan