Tips Memilih Tema Blog

Dasar dari sebuah blog bukanlah teknik SEO, link building ataupun kepopuleran si pemiliknya. Tapi, apakah isi blog itu berguna bagi banyak orang. Kalau orang-orang biasanya menyebutkannya sebagai niches blog. Kalau saya sendiri lebih suka menyebutnya sebagai tema atau topik utama.

Pada awalnya, saya hanya menulis tentang blog. Karena, pada dasarnya saya hanya menulis blog untuk sekedar hobi saja dan menghabiskan waktu luang. Tapi, lama-lama saya juga kencaduan untuk menulis blog hampir setiap hari.

Nah, kalau anda baru saja mengalami kecaduan pada blog atau sedang ingin mencoba serius berbisnis dengan blog, saya memiliki sedikit saran buat anda.

WEBSITES

“Lebih baik, jangan menulis blog dengan tema bisnis online, bisnis, trading atau yang sejenisnya. Karena, di internet sudah sangat banyak blog dengan tema serupa. Dan menurut beberapa orang, Google kurang suka dengan blog yang bertemakan yang seperti itu.  Ada baiknya anda mencoba tema lain seperti kesehatan, properti, pendidikan, pakaian, perhotelan atau tema lain yang belum banyak dipakai oleh orang.

Walaupun belum banyak dipakai orang, bukan berarti tema itu tidak banyak dicari. Melainkan tema-tema tersebut kemungkinan besar dikuasai oleh blog-blog Auto Generated Content (AGC). Selain itu, peluang untuk menjalankan bisnis di blog yang memiliki tema bukan bisnis, lebih terbuka lebar.”

Dan berikut ini adalah sedikit tips dari saya untuk memilih tema blog  :

1. Pilih tema yang masih sepi. Alasannya sudah saya jelaskan diatas, selain karena alasan diatas. Dengan memilih tema yang lebih sepi, blog kita akan lebih mudah bersaing di mesin pencari demi menjadi yang nomor 1. Oh ya, tema yang masih sepi bukan berarti tema tersebut tidak populer/tidak banyak dicari. Melainkan tema tersebut banyak dicari orang, tapi masih sedikit yang menulis tentang tema tersebut.

2. Menentukan tema yang lebih baik. Tema yang anda pilih jangan terlalu luas ataupun hanya sebuah tema yang terlalu khusus, kecuali jika anda sedang membidik kata kunci atau membuat blog khusus untuk dijual atau paid review, anda boleh membuat blog dengan tema sangat khusus.

Misalnya, anda ingin menulis blog tentang kesehatan. Itu akan menyulitkan anda, karena banyak sekali hal yang berhubungan dengan kesehatan, mulai dari penyakit hingga obatnya. Sementara, kalau anda memilih tema obat malaria. Anda akan sangat kesulitan mencari bahan postingan, karena obat malaria hanya seperti itu saja.

Lebih baik anda membahas tentang malaria, anda bisa menulis tentang obatnya, cara pencegahannya, cara penularannya, sejarahnya dan banyak lagi.

3. Pilih tema yang anda sukai. Jangan hanya menulis yang banyak dicari dan disukai oleh orang, tapi yang lebih penting, tulis tentang apa yang anda sukai. Dengan begitu, semangat anda dalam menulis tidak akan mudah padam dan tidak akan mudah kehabisan ide.

Misalnya anda menyukai melukis, tapi anda menulis blog tentang kesehatan. Bisa-bisa tips yang anda berikan menyebabkan seseorang masuk rumah sakit. hehehe…. (just kidding).

4. Jangan pilih tema musiman. Ini sempat saya alami beberapa bulan lalu saat musimnya Ujian Nasional dan saya sempat menulis 10 artikel tentang ujian nasional 2011, dalam 1 hari. Bisa mencapai 400 kunjungan dan lebih dari 1000 page views. Terbayangkan banyaknya (ukuran saya)?

Tapi, setelah ujian nasional usai tak satu pun pengunjung yang mencari tentang ujian nasional. Jadi, sangat tidak disarankan untuk menulis blog dengan tema musiman. Lebih baik anda memilih induk temanya saja. Misalnya tema ujian nasional, induk temanya adalah pendidikan. Atau, kalau mau lebih khusus. Anda bisa memilih tema pendidikan dasar saja.

Oke, sekianlah tips-tips saya tentang memilih tema blog. Semoga bisa membantu.

  • tips untuk milih tema udah baca dimana-mana tapi saya blogging udah masuk bulan ke 3 belum juga bisa fokus di satu tema *kokcurcol*

  • Mbak Vitta baru 3 bulan, kalau saya sudah 1 tahun mulai menulis blog tetap saja tidak bisa fokus menulis untuk 1 tema. hehehe… 🙂 walaupun saat ini lebih menulis tentang remaja dan pendidikan. Tapi terkadang juga masih menulis gaya campur-campur.

  • Kalau lagi musimnya memang bagus, tapi kalau musimnya akan menjadi tema yang memberatkan saja… walaupun pada kenyataannya, ada juga yang tetap mencarinya.

  • wah bener tuh punya saya temanya payah, tapi ya udah terlanjur dibuat.

    barangkali nanti2 kalau masih berminat buat blog baru, monetisasi, kayaknya tema2 pop lebih enak,
    misalnya nulis tentang artis2, hiburan dll.

Kelebihan Investasi Online Di Trimegah
41 Istilah Penerbangan Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Naik Pesawat
Rumah Dijual di Depok Harga Di Bawah 100 Juta
Rumah Dijual Di Bandung Harga Murah Tanpa Perantara
Tips Sukses Merintis Bisnis Barber Shop di Kota Besar
Mengalahkan Facebook, Instagram jadi Sarang Cyber-Bully Nomor 1
Bahayanya Kencing di Kolam Renang
Hellblade, Game “Indie AAA” dan Penyakit Kejiwaan
Review Dunkirk, Bukan Dokumentasi Battle of Dunkirk
Review Nine Lives, Film untuk Keluarga Pecinta Kucing
Electro Swing, Perpaduan yang Terasa “Salah”
Tangan Midas Sutradara Anime Makoto Shinkai
Bedanya Suka, Cinta & Nafsu
Keseringan Chatting Bikin Hubungan Renggang?
Penulis Buku Harian Adalah Tipe Kekasih yang Baik
Kado Natal Unik Untuk Gamer Terkasih
Mengalahkan Facebook, Instagram jadi Sarang Cyber-Bully Nomor 1
Qualcomm dan Vivo Memamerkan Fingerprint Dibawah Layar
KSKAS Malware Menyerang Android via Download APK Otomatis
Hellblade, Game “Indie AAA” dan Penyakit Kejiwaan
%d bloggers like this: