Vulkan API, Membuat Kualitas Grafis Android Mendekati PS4

Ditengah-tengah perkenalan Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge dalam ajang Mobile World Congress 2016 di Barcelona, terdapat satu hal yang cukup menarik perhatian selain smartphone flagship terbaru dari Samsung. Vulkan API menunjukan ‘taring’-nya dengan menjalankan Unreal Engine dengan kualitas empat kali lebih baik dibandingkan OpenGL.

Ketajaman grafis yang diperlihatkan mampu mendekati console modern seperti PS4 atau Xbox One. Vulkan API mampu menampilkan efek partikel, anti aliasing serta rendering objek yang lebih detail dari rata-rata game mobile saat ini.

 

OpenGL sendiri merupakan Application Programming Interface (API) yang digunakan oleh developer aplikasi dan game untuk Android maupun iOS untuk menjembatani antara game dengan hardware. Pada 2014, Apple telah menggantikan OpenGL dengan Metal API yang dibuat khusus untuk iOS sementara Android rata-rata masih menggunakan OpenGL sampai saat ini.

Baca juga  Def Jam Fight For NY

Vulkan API sendiri sudah mulai diungkap saat Game Developer Conference 2015 oleh Khronos Group dengan sebutan “glNext”, dengan maksud bahwa apa yang mereka kerjakan akan menjadi generasi baru dari OpenGL.

Tujuan dari Vulkan API adalah memaksimalkan kinerja Android terutama dalam hal pemrosesan grafis, caranya dengan membuka akses pemrograman aplikasi agar developer dimungkinkan mengatur performa yang dibutuhkan langsung menuju GPU. Hasilnya, grafis mobile ke depannya akan lebih fleksibel dan meningkat sesuai dengan performa engine yang dipakai.

Menurut Khronos Group, Vulkan API akan menghasilkan performa grafis yang lebih baik namun dengan penggunaan CPU yang lebih minim dan akan mulai digunakan untuk perangkat yang memakai OS Android M dan generasi selanjutnya.

Baca juga  Google Chrome untuk Android Menghadirkan Mode Data Saver

Vulkan API saat ini masih dalam tahap beta, namun AMD dan Nvidia sudah merilis kartu grafis yang mendukung Vulkan API. Sementara untuk perangkat mobile, Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge merupakan perangkat yang sudah mengkonfirmas mendukung Vulkan API.

Kabar buruknya, Vulkan API diperkirakan tidak akan mendukung perangkat Android lama, untuk menjalankan Vulkan API dibutuhkan GPU minimal Adreno 400, Nvidia Tegra K1, ARM Mali 800 atau PowerVR seri keenam. Sementara untuk perangkat Android yang cukup tangguh, bisa menunggu kabar rilis dari Vulkan API pada pertengahan 2016.

Leave a Reply

41 Istilah Penerbangan Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Naik Pesawat
Rumah Dijual di Depok Harga Di Bawah 100 Juta
Rumah Dijual Di Bandung Harga Murah Tanpa Perantara
Mencari Iklan Rumah Dijual Di Jakarta Melalui Situs Urbanindo
Hellblade, Game “Indie AAA” dan Penyakit Kejiwaan
Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kecantikan
4 Minuman Diet Terbaik di Dunia
Beberapa Tips Yang Dapat Dilakukan Ketika Melakukan Sewa Apartemen
Review Nine Lives, Film untuk Keluarga Pecinta Kucing
Electro Swing, Perpaduan yang Terasa “Salah”
Tangan Midas Sutradara Anime Makoto Shinkai
Review Doctor Strange, Serasa Salah Minum Obat
Bedanya Suka, Cinta & Nafsu
Keseringan Chatting Bikin Hubungan Renggang?
Penulis Buku Harian Adalah Tipe Kekasih yang Baik
Kado Natal Unik Untuk Gamer Terkasih
KSKAS Malware Menyerang Android via Download APK Otomatis
Hellblade, Game “Indie AAA” dan Penyakit Kejiwaan
IBM Berhasil Mengemas 30 Milyar Transistor Menjadi Seukuran Kuku Tangan
Sedikit Cerita tentang Ransomware WannaCry