10 Langkah Menulis Surat Cinta yang Manis dan Romantis

Surat cinta merupakan salah satu cara menyatakan perasaan pada seseorang dan sangat populer bagi pasangan di tahun 90-an. Kini, walau surat cinta sudah tidak sepopuler dulu, namun mendapatkan surat cinta dari seseorang atau pujaan hati tetaplah sesuatu yang membuat hati berdebar-debar ketika membuka dan membacanya. Surat cinta menjadi semakin terasa spesial di masa sekarang dimana kita bisa berkomunikasi hampir selama 24 jam kepada orang terkasih, surat cinta bisa menjadi alternatif menarik untuk sekedar menunjukan rasa cinta melalui bentuk yang berbeda. Pada artikel ini, kita akan belajar bagaimana menulis cinta yang manis, romantis dan tidak terlupakan hanya dalam 10 langkah.

Berikut ini adalah 10 langkah menulis cinta yang manis, romantis dan pastinya tidak terlupakan.

10 langkah menulis surat cinta

Langkah 1 : Siapkan Kertas, Alat Tulis, Amplop dan Lainnya

Pertama-tama, siapkan kertas yang ingin digunakan untuk menulis surat cinta, jangan lupakan alat tulis pendukung seperti pensil, penghapus dan pulpen sesuai keperluanmu. Jangan lupa untuk menyiapkan amplop, sangat disarankan membuat sendiri amplop ini dengan cara melipat kertas atau menghias amplop polos yang bisa dibeli di toko alat tulis sehingga surat terasa semakin personal bahkan dari amplopnya saja. Saran lainnya dalam pemilihan amplop adalah gunakan amplop dengan warna kesukaan sang pujaan hati dilengkapi dengan hiasan berupa karakter atau hal yang dia sukai.

Untuk pemilihan kertas, bisa menggunakan kertas note biasa atau menggunakan kertas polos. Pertimbangannya bagaimana? Jika merasa tulisan tangan kurang rapi, tidak masalah jika menggunakan kertas note yang sudah memiliki garis. Namun, jika sudah yakin bahwa tulisan tanganmu cukup rapi dan bagus, maka kertas polos pun tidak akan jadi masalah.

Langkah 2 : Persiapkan Diri

Carilah tempat yang nyaman untuk menulis, sangat disarankan untuk menulis di tempat yang memberikan privasi misalnya di dalam kamar pribadi atau di ruang khusus yang tidak diganggu oleh orang lain. Untuk menciptakan suasana yang enak untuk menulis surat cinta, maka bisa menggunakan beberapa tips berikut:

1. Bersihkan tempat/meja menulis dari benda-benda yang mungkin menganggu konsentrasi

2. Dengarkan musik romantis kesukaanmu atau lagu yang mengingatkan pada kenangan indah bersama pujaan hati

3. Menulislah sambil ‘ditemani’ foto sang pujaan hati

4. Matikan notifikasi apapun dari ponselmu selama menulis

Langkah 3 : Awali Menulis dengan Curhat

Tidak perlu langsung pusing memikirkan tentang apa yang mau ditulis, awali proses dengan menulis curhat seputar hal indah apa yang selalu kamu kenang saat bersama dia, hal apa yang membuat kamu pertama kali jatuh cinta padanya, hal apa yang membuatmu sulit untuk melupakan dia. Tuliskan hal-hal ini dalam sebuah kertas berbeda dari kertas yang sudah dipersiapkan untuk menulis surat cinta.

Apa gunanya kertas curhat ini? Agar alam bawah sadarmu membangkitkan kembali kenangan indah dan perasaan bahagia saat bersama dengan dia. Langkah ini penting sebagai ‘pemanasan’ sebelum menulis surat cinta utamanya.

Langkah 4 : Tulis Pembukaan Singkat dan Romantis

Sama seperti pada penulisan artikel bahkan tulisan ilmiah, pembukaan sangatlah penting. Tiga kalimat pertama haruslah kata-kata terpilih yang dirangkai sedemikian rupa sehingga pembacanya tidak bosan dan justru semakin ‘nagih’ untuk membaca kalimat-kalimat berikutnya. Lalu, bagaimana dengan surat cinta? Apakah ada formula khusus untuk menulis pembukaan singkat yang romantis namun tidak terkesan gombal? Ada!

Pertama, mulailah dengan sapaan sederhana seperti “Hai sayang”, “Hai (nama panggilan kesayangan)” atau “Apa Kabar (nama)?”

Kedua, lanjutkan dengan kondisi dan perasaan kita saat ini misalnya , “Aku disini baik-baik saja, tapi hatiku sebenarnya sangat rindu dengan rumah. Aku rindu orangtuaku, adik-adikku, kamarku, tetangga depan rumah yang selalu berisik tiap pagi. Tapi, kamu tau apa yang paling aku rindukan? Pergi berdua denganmu” *catatan : Jangan terlalu Gombal!

Ketiga, akhiri pembukaan dengan kalimat sederhana agar dia mau membaca suratmu misalnya “Aku tau surat cinta terasa kuno, tapi aku akan lebih bahagia jika kamu bisa membaca isi hatiku dari tulisan yang aku tulis dengan tangku sendiri.”

Langkah 5 : Tulis Isi Suratnya

Isi surat disini bisa menyesuaikan dengan keadaanmu dan dia saat ini. Apakah kalian berdua sedang menjalani hubungi jarak jauh yang terasa sangat berat? Apakah kamu hanya sekedar ingin mengirimkan surat cinta kejutan pada dia? Apakah kamu menulis surat cinta untuk menyatakan perasaanmu? Isilah surat ini dengan isi hatimu, kamu bisa ‘mencontek’ dari kertas curhat yang sudah kamu buat di langkah kedua.

Tulislah hal-hal yang membuatmu jatuh hati, membuatmu memandang dia begitu istimewa. Jika kamu menggunakan surat ini untuk menyatakan cinta, jangan nyatakan perasaanmu di bagian ini, tapi tulislah di bagian akhir surat yang akan dijelaskan di langkah berikutnya.

Langkah 6 : Akhiri Surat Cinta dengan Manis

Pada bagian akhir surat, tuliskan hal sederhana dalam satu paragraf yang menunjukan perasaanmu. Misalnya, “Kita hanya dipisahkan jarak. Kita masih memandang langit yang sama, berada dibawah bulan dan matahari yang sama. Selama kamu masih yakin denganku dan perasaanmu, selama itu pula aku akan melakukan hal yang sama”

Atau, jika kamu menulis surat cinta untuk menyatakan perasaanmu pada seseorang, bisa tulis seperti ini, “Aku hanya ingin bilang kalau aku jatuh cinta padamu dan ingin kau menjadi kekasihku. Aku akan menunggu jawabanmu. Apapun jawaban yang kau berikan, ketahuilah bahwa itu tidak akan membuatmu membencimu.”

Langkah 7 : Tulis NAMAMU!

Ini langkah penting yang kerap dilupakan oleh para penulis surat cinta yaitu menulis nama, apalagi yang menggunakan surat cinta untuk menyatakan perasaan. Penting untuk melakukan hal ini agar si dia tau bahwa siapa sesungguhnya yang menuliskan surat tersebut. Bubuhkan pula tanda tanganmu atau boleh nih, kecupan bibir (khusus cewek) agar suratnya terasa lebih personal lagi.

Kan di amplopnya udah ada nama pengirim! Baca langkah 10 untuk mengetahui kenapa penulisan nama di bagian bawah itu tetap penting walau di amplopnya mungkin sudah berisi nama pengirimnya.

Langkah 8 : Tambahkan Sentuhkan Pribadi

Menambahkan sentuhan pribadi pada surat akan membuat sang pembaca semakin kasmaran. Sentuhan pribadi ini bisa berupa parfum yang biasa kita gunakan , semprotkan sedikit pada surat. Atau, kita punya benda kecil yang terasa sangat personal dan punya kenangan manis diantara kamu dan dia, sertakan saja benda kecil tersebut di dalam amplop.

Sentuhan lain yang bisa diberikan adalah sama seperti langkah satu, yaitu menghias amplop dengan karakter atau benda-benda kesukaan dia atau hal sesederhana foto dari tempat yang sering dikunjungi berdua.

Langkah 9 : Jangan Kirim Suratnya (Tunggu Dulu)

Yap, jangan langsung kirim suratnya begitu kamu selesai menulisnya. Biarkan suratmu selama 2-3 hari, baca lagi jika ada kata yang rasanya salah atau kalimat yang kamu rasa terlalu gombal. Kemudian tidurlah, hubungi dia seperti biasa saja, beraktivitaslah biasa kemudian kembalilah untuk membaca lagi suratmu, apakah ada hal yang sebenarnya ingin kamu sampaikan lagi. Jangan kirim surat cintamu sampai kamu benar-benar yakin tidak akan menyesal mengirimkannya.

Langkah kesembilan ini penting agar alam bawah sadarmu tidak dalam kondisi kasmaran dan bisa berpikir jernih seputar apa yang mungkin terjadi setelah kamu mengirimkan surat cinta ini.

Langkah 10 : Kirim Surat Cintamu

Kamu bisa menggunakan jasa PT. Pos Indonesia untuk mengirimkan suratmu, tentu akan menjadi sebuah kejutan ketika pak pos datang dan membawa sepucuk surat yang tidak diduga oleh penerimanya. Perasaan saat pak pos datang dan membawa surat biasanya memberikan sensasi berbeda dibanding menerima notifikasi pesan di ponsel.

Alternatif lain dalam mengirimkan surat cinta adalah ‘cara pemalu’ seperti melalui temannya atau anggota keluarganya atau menyelipkan surat cintamu di tas atau buku yang sering dia baca. Mau cara yang lebih ‘sinetron’ lagi? Pinjamlah buku dari dia, kemudian kembalikan bersama sepucuk surat cinta untuk dia.

Nah, itulah 10 langkah menulis surat cinta. Seperti sudah dituliskan diawal bahwa surat cinta memang terasa kuno di jaman informasi serba cepat seperti sekarang namun tetap saja bisa memberikan kesan romantis dan tidak terlupakan bagi penerimanya. Menunggu balasan dari surat cinta juga akan memberikan perasaan berdebar-debar yang ‘lebih parah’ dibanding menunggu balasan chat dari pujaan hati.

Kata Pencarian Terkait