PhotoMath, Aplikasi Buat Yang Males Ngitung

Matematika adalah ilmu yang sangat erat dengan kehidupan manusia. Berbagai aspek kehidupan dipengaruhi oleh ilmu yang satu ini. Tapi, di satu sisi, pelajaran matematika adalah pelajaran paling (…. isi sendiri…) bagi sebagian besar siswa, termasuk saya. Berbagai jenis rumus dan penyelesaian harus dihafal dan dimengerti.

Tapi, bersyukurlah karena sekarang sudah hadir sebuah aplikasi canggih untuk yang males ngitung. PhotoMath, “Smart Camera Calculator”, itulah julukan yang diberikan oleh pengembang aplikasi ini, PhotoPay (MicroBlink), startup dari Kroasia.

Aplikasi semacam ini tentu menghasilkan kontroversi saat peluncurannya, di satu sisi, aplikasi ini akan membantu para pelajar khususnya bagi mereka yang malas melakukan perhitungan untuk lebih semangat belajar. Di sisi lain, para tenaga pendidik (guru) akan semakin repot dalam mengawasi siswanya agar tidak melakukan kecurangan.

PhotoMath, Aplikasi Buat Yang Males Ngitung 1

 

Namun, sebenarnya, PhotoMath tidak hanya menyajikan hasil (jawaban) dari soal matematika secara instan, aplikasi ini memberikan cara penyelesaiannya selangkah demi selangkah (step by step), jadi aplikasi ini bisa dipakai siswa untuk belajar.

Cara Kerja

Cara kerja aplikasi ini cukup sederhana, mirip seperti Barcode Scanner tapi lebih canggih. Cukup aktifkan aplikasi, lalu arahkan kamera ke soal matematika yang ingin diperoleh jawabannya. Dalam hitungan detik, hasilnya pun akan muncul di layar smartphone Anda. Semudah itu.

Ketersediaan PhotoMath

Sampai saat ini, PhotoMath baru tersedia untuk iOS dan Windows Phone. Sementara, pengguna Android harus menunggu setidaknya hingga akhir tahun ini atau awal tahun 2015 nanti untuk mendapatkan aplikasi gratis dari PhotoPay ini.