img

16 Inspirasi dari Film Anak-Anak

/
/
/
197 Views

Percayakah jika membuat film anak-anak jauh lebih sulit dari membuat genre film lainnya? Bukan karena memerlukan teknologi canggih maupun pemeran papan atas, tapi bagian tersulitnya adalah bagaimana menyampaikan pesan yang diinginkan secara sederhana dan bisa diterima tanpa menyebabkan persepsi ganda bagi penontonnya.

Karena alasan itulah, Indonesia sendiri masih kekurangan film anak-anak yang mampu memberikan inspirasi. Mungkin karena itu, film anak-anak dari luar negeri masih terlalu mendominasi. Ini tugas kita semua untuk mencari cara menghadirkan film anak-anak nasional yang mampu memberikan nilai-nilai kebangsaan yang kuat.

Mungkin kita bisa belajar dari 16 inspirasi dari film anak-anak berikut ini.

1. Mulan : Jangan Pernah Menyerah

Gambar 1 untuk 16 Inspirasi dari Film Anak-Anak

Mulan adalah seorang anak gadis yang mengetahui bahwa ayahnya dipanggil untuk bergabung dengan tentara di medan perang. Sadar bahwa ayahnya yang sudah tua tidak akan bisa bertahan dalam perang, maka dia memutuskan untuk menyamar dan menggantikan ayahnya.

“Bunga yang mekar dalam kesengsaraan adalah yang paling langka dan yang paling indah diantara semuanya.”

2. The Lion King : Belajarlah dari Kesalahanmu

Gambar 3 untuk 16 Inspirasi dari Film Anak-Anak

Simba adalah pewaris tahta yang harus belajar menyeimbangkan antara bersenang-senang dengan tanggungjawabnya sebagai calon raja. Dia menghadapi perjalanan mencoba dan gagal (trial and error) dan bertemu teman-teman baik sepanjang perjalannya.

“Oh ya, masa lalu bisa menyakitkan. Tapi, dari sudut pandangku, kamu bisa berlari darinya, atau… belajar darinya.”

3. Cinderella : Sabar adalah sifat mulia

Gambar 5 untuk 16 Inspirasi dari Film Anak-Anak

Setelah ayahnya meninggal, Ella menerima perlakuan buruk dari ibu dan saudari dirinya. Walau demikian, dia tidak pernah putus asa. Undangan dari kerajaan memberikan harapan untuk Ella bisa bertemu lagi dengan pangeran yang pernah dia temui di hutan, sayangnya ibu tirinya melarang. Pertolongan pun datang dari wanita yang memiliki kekuatan ajaib.

“Bahkan keajaiban pun butuh waktu.”

4. Aladdin : Jangan Nilai Buku dari Sampulnya

Gambar 7 untuk 16 Inspirasi dari Film Anak-Anak

Aladdin adalah pencuri jalananan di sebuah kota yang sangat padat, selalu ditemani oleh monyetnya Abu. Suatu hari, tanpa sengaja dia bertemu dengan putri Jasmine yang kabur dari istana. Aladdin pun dipenjarakan namun akhirnya terjebak dalam rencana jahat Jafar. Legenda mengatakan hanya orang dengan “hati yang bersih” yang mampu masuk ke tempat lampu ajaib. Dan Aladdin mungkin orang itu.

“Jangan tertipu oleh penampilannya yang sederhana. Seperti banyak hal lainnya, bukan penampilannya yang penting, tapi apa yang ada di dalamnya.”

5. Lilo and Stitch : Kita Menjaga Satu Sama Lain

Gambar 9 untuk 16 Inspirasi dari Film Anak-Anak

Experminen 626 secara tidak sengaja tiba di bumi dan akhirnya diadopsi oleh dua saudari yang kehilangan orangtua mereka. Dia pun belajar bahwa keluarga berasal dari hati, bukan dari gen. Film yang menghibur sekaligus menyentuh.

“Ohana artinya keluarga, keluarga berarti tidak seorang pun ditinggalkan.”

6. Finding Nemo : Jangan Terjebak di Masa Lalu – Melangkahlah ke Depan

Gambar 11 untuk 16 Inspirasi dari Film Anak-Anak

Seekor ayah ikan badut kehilangan anaknya, Nemo di lautan bebas. Nemo ditangkap oleh penyelam dan berakhir di sebuah klinik doktor gigi di Sydney. AyahNemo pun melakukan perjalanan mencari anaknya dan bertemu Dory, ikan yang mengalami gangguan memori jangka pendek. Keduanya berenang sangat jauh dan menghadapi makhluk laut berbahaya demi menemukan Nemo.

“Ketika hidup membuatmu sedih, kamu mau tau apa yang harus dilakukan? Terus berenang!”

7. Ratatouille : Bukan darimana kamu berasal yang penting, tapi kemana kau akan menuju

Gambar 13 untuk 16 Inspirasi dari Film Anak-Anak

Seekor tikus bernama Remy memiliki cita-cita menjadi koki masakan Perancis yang hebat. Walau tidak sesuai dengan kodratnya dan bahkan tidak disukai – tidak diinginkan di dapur restauran, keinginan Remy untuk memasak akhirnya membawanya ke dunia kuliner Paris yang seru dan penuh petualangan.

“Jangan biarkan orang lain membatasimu karena latar belakang yang kau miliki. Jiwamu adalah batasmu.”

8. Pinocchio – Percayai pendapat pribadimu

Gambar 15 untuk 16 Inspirasi dari Film Anak-Anak

Gepeto sangat ingin memiliki seorang anak laki-laki. Jadi, dia membuat sebuah boneka kayu yang diberinama Pincocchio. Seorang peri pun mewujudkan harapan tersebut bahkan mengutus Jiminy Cricket sebagai “suara hati” si boneka kayu, tapi Jiminy tidak begitu berhasil.

“Selalu biarkan suara hati memandumu.”

9. The Incredibles : Hiduplah hari ini

Gambar 17 untuk 16 Inspirasi dari Film Anak-Anak

Mr. Incredible dan istrinya adalah pahlawan super di masalalu. Tapi, kini mereka menjalani kehidupan normal dengan tiga orang anak yang memiliki kekuatan super. Rindu akan masa lalu, Bob (Mr. Incredible) mendapat kesempatan saat sebuah sistem misterius memintanya datang ke sebuah pulau untuk misi rahasia.

“Aku tidak pernah melihat masa lalu, sayang. Itu mengangguku dari saat ini.”

10. Wreck-It-Ralph : Cintai dirimu

Gambar 19 untuk 16 Inspirasi dari Film Anak-Anak

Ralph sangat ingin menjadi orang baik dalam game-nya seperti, Fix-It Felix. Sayangnya, tidak pernah ada yang yang menyukai “sang penjahat”. Ralph mencari kesempatan untuk menjadi pahlawan dengan berpetualang ke game-game lain untuk memenangkan medali, tapi dia justru merusak semuanya. Apakah dia akan berhasil sebelum “Game Over” terjadi?

“Tidak ada yang lebih suka menjadi diriku selain aku.”

11. Phineas & Ferb : Satu-satunya batasan adalah batasan dari imajinasimu

Gambar 21 untuk 16 Inspirasi dari Film Anak-Anak

Perry si platipus menjalankan kehidupan ganda, sebagai platipus dan sebagai agen rahasia. Saat identitasnya sebagai agen akan terbongkar, tidak ada masalah yang terlalu besar yang tidak bisa dipecahkan oleh Phineas, Ferb dan kawan-kawannya.

“Satu-satunya yang tidak mungkin adalah ketidakmungkinan”

12. Kungfu Panda : Stress dan ketakutan membuat sebuah tugas lebih sulit diselesaikan

Gambar 23 untuk 16 Inspirasi dari Film Anak-Anak

Po adalah panda yang malas tapi fans berat Kung Fu, secara ajaib terpilih menjadi ksatria naga sesuai ramalan kuno. Mimpinya belajar kungfu bersama para idolanya pun menjadi nyata. Pada akhirnya, pahlawan yang tidak biasanya ini berhasil menjadikan kelemahan terbesarnya menjadi kekuatan terbesarnya.

“Semuanya mungkin ketika kamu memiliki ketenangan jiwa.”

13. Turbo : Jika kau mempercayainya, kau bisa mencapainya

Gambar 25 untuk 16 Inspirasi dari Film Anak-Anak

Turbo adalah siput yang memiliki mimpi besar untuk menjadi super cepat. Sebuah kecelakaan memberikannya kecepatan super. Dia pun akhirnya menjalani petualangan bersama kru pembalap di lintasan sungguhan. Dia membuktikan bahwa tidak ada mimpi yang terlalu besar ataupun pemimpi yang terlalu kecil.

“Tidak ada mimpi yang terlalu besar dan tidak ada pemimpi yang terlalu kecil.”

14. The Land Before Time : Dengarkan kata hatimu setiap hari

Gambar 27 untuk 16 Inspirasi dari Film Anak-Anak

Ketika Littlefoot terpisah dari orangtuanya karena gempa, dia bertemu teman-temannya dan mereka semua melakukan perjalannya bersama untuk menemukan kakek-nenek Littlefoot serta lembah hijau.

“Biarkan hatimu memandumu. Dia akan berbisik, jadi dengarkan baik-baik.”

15. Wall-E : Lakukan apa yang diperlukan untuk merasa benar-benar bahagia

Gambar 29 untuk 16 Inspirasi dari Film Anak-Anak

Wall-E adalah robot sampah terakhir di bumi yang punya misi untuk membersihkan bumi dari berbagai sampah. Sementara EVE adalah robot yang dikirim umat manusia untuk menemukan bibit tanaman di bumi. Perjuangan Wall-E untuk bertemu EVE dan persahabat keduanya adalah inti film ini.

“Aku tidak mau sekedar bertahan. Aku ingin hidup.”

16. Shrek : Seseorang bukanlah apa yang kamu lihat di permukaannya saja

Gambar 31 untuk 16 Inspirasi dari Film Anak-Anak

Ketika rawa miliki Shrek akan diambil alih, Shrek pun menemui Farquaad agar rawanya dikembalikan. Dia pun meminta  Shrek untuk menyelamatkan putri Fiona. Ditemani Donkey, Shrek menyelamatkan sang putri yang sedang menunggu cinta sejatinya.

“Ogre itu seperti bawang. Bawang itu berlapis-lapis.”

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

This div height required for enabling the sticky sidebar