Perhitungan KPR Manual vs Online

Untuk dapat memilih KPR yang tepat memang lebih baik anda memperhitungkan secara benar-benar matang segala pembiayaannya, termasuk pada perhitungan KPR serta perkiraan angsuran KPR pada setiap bulan yang akan anda bayarkan berikut bunga cicilannya. Dimana setiap bank memiliki suku bunga KPR masing-masing dengan metode perhitungan yang berbeda juga. Anda dapat menentukan perhitungan angsuran menggunakan sistem manual maupun online.

Perhitungan cicilan KPR secara online dapat anda peroleh dengan menggunakan simulasi KPR melalui kalkulator yang ada di website bank penerbit KPR. Salah satunya yaitu bank BTN yang menyediakan fasilitas kalkulator untuk praktis untuk menghitung besar cicilan KPR per bulan dengan bunga anuitas. Kehadiran fasilitas yang satu ini akan sangat memudahkan anda untuk melakukan perhitungan tanpa perlu repot menghitung menggunakan rumus maupun merancang tabel perhitungan pada program excel.

Sementara itu, bagi anda yang ingin melakukan perhitungan KPR bunga anuitas dapat menggunakan rumus bunga anuitas. Berikut merupakan contoh perhitungan manual dengan rumus bunga anuitas:

Harga rumah      : Rp 200.000.000

Suku bunga        : 10%

Uang muka         : Rp 50.000.000

Sisa hutang         : Rp 150.000.000

Jangka waktu     : 10 tahun

Total pembayaran= pokok hutang + bunga

P: pokok kredit

i : suku bunga/tahun

m: jangka waktu (bulan)

perhitungan kpr 1

Angsuran bulanan           =

perhitungan kpr 2

 

= Rp 1.982.261

%d bloggers like this: