Hari Ini:October 24, 2019

3 Pekerjaan Bergaji Mahal yang Berhubungan dengan Sosial Media

Gambar 1 untuk 3 Pekerjaan Bergaji Mahal yang Berhubungan dengan Sosial Media

Terjadi banyak perubahan di dunia sejak kemunculan sosial media beberapa tahun belakangan. Sekarang, Facebook dan Twitter menjadi tempat untuk “kumpul-kumpul”, sementara Instagram menjadi salah satu tempat belanja virtual terbesar dunia saat ini. Selain berkomunikasi dengan keluarga dan teman, sosial media pada beberapa kasus juga menjadi tempat untuk mendapat pekerjaan bahkan menghasilkan uang. Bahkan, ada beberapa pilihan pekerjaan yang ada saat ini bahkan tidak terpikirkan pada 10 tahun lalu.

Berikut ini 3 pekerjaan bergaji mahal yang berhubungan dengan sosial media, tapi harap digarisbawahi bahwa gaji (penghasilan) masih berupa estimasi atau perkiraan gaji yang diterima di Amerika Serikat.

Social Media Influencer

Gambar 3 untuk 3 Pekerjaan Bergaji Mahal yang Berhubungan dengan Sosial Media

Seorang “influencer” bisa berarti banyak hal, tapi secara umum memiliki dua syarat utama yaitu : 1) Memiliki jumlah follower sosial media banyak besar dan 2) Memiliki keterikatan (hubungan akrab) dengan follower atau audience mereka. Untuk menjadi influencer yang efektif, seseorang pertama-tama harus membuat dirinya dikenal di internet. Kemampuan lain yang wajib dimiliki :

  • Keahlian di media sosial tertentu (seperti Instagram, Youtube, Facebook atau Twitter)
  • Kreativitas dalam membuat konten kreatif (seperti video, cerita dan sebagainya)
  • Kemampuan sosial yang baik (menjaga hubungan baik dengan influencer lain, audiences dan klien)

Jika ingin memulai karir di sosial media, Influencer adalah pilihan yang baik. Penghasilan yang diterima biasanya tergantung pada klien, pengalaman dan skill yang dimiliki dan berkisar antara $35,000 hingga $50,000 per tahun.

Social Media Strategist

Gambar 5 untuk 3 Pekerjaan Bergaji Mahal yang Berhubungan dengan Sosial Media

Social Media Strategist juga disebut kadang disebut social media specialist, tugasnya adalah memperhatikan tren di sosial media dan membuat rencana bagaimana sebuah perusahaan bisa menghubungan tren tersebut dengan strategi bisnisnya. Pekerjaan semacam ini memerlukan pengalaman selama setahun atau lebih, dan karena internet adalah sesuatu yang dinamis, sehingga keputusan tidak bisa dibuat berdasarkan firasat. Pekerjaan ini juga menuntut pengetahuan dalam analisis data dan algoritma proses.

Berbeda dengan Influencer, para Social Media Strategist haruslah memiliki keahlian dalam berbagai sosial media, bukan cuma satu. Kemampuan yang wajib dimiliki, termasuk :

  • Merencakan strategi social media untuk platform yang berbeda
  • Membuat promosi dan berinteraksi dengan audiences
  • Berkoordinasi dengan ahli lain seperti copywriter dan visual desainer untuk membuat post di social media
  • Menganalisa hasil promosi dan menemukan efisiensi dari kampanye tersebut

Penghasilan rata-rata untuk pekerjaan ini berkisar antara $50,000 hingga $79,000 per tahun.

Marketing Consultant

Gambar 7 untuk 3 Pekerjaan Bergaji Mahal yang Berhubungan dengan Sosial Media

Pekerjaan ini bisa dilakukan secara independen (perseorangan) atau dalam bentuk consulting agency. Tugas utamanya adalah memberikan informasi profesional dalam tren marketing, channel, promosi dan informasi lain mengenai sosial media. Tugas lainnya adalah membantuk perusahaan untuk mencapai tujuan mereka dalam kampanye iklan di sosial media seperti Facebook atau Instagram.

Selain memiliki skill sosial media yang baik, seorang Marketing Consultant juga harus melakukan :

  • Melaksanakan riset tentang industri, pasar, trend dan sebagainya dari suatu perusahaan
  • Memberikan laporan dan rekomendasi untuk membuat rencana pemasaran yang tepat
  • Membantu dalam pemasaran produk atau layanan baru
  • Melacak penjualan, perkembangan dan performa kampanye perusahaan secara berkala

Tugas dari Marketing Consultant bukan lagi membuat post maupun memperhatikan apa yang ada di News Feed sehingga penghasilan yang diterima pun bisa mencapai antara $57,000 hingga $150,000 per tahun jika mendapat posisi sebagai direktur pemasaran atau manager.

Sebenarnya masih ada pekerjaan lain seperti Community Manager atau Vice Precident of Communication yang juga berhubungan dengan sosial media dengan gaji mahal, tapi sebelum sosial media muncul pun pekerjaan tersebut sudah ada. Namun, ketika sosial media muncul, tugas dari pekerjaan-pekerjaan tersebut dibuat berhubungan dengan sosial media.

Jadi, mau pilih pekerjaan biasa atau mencoba merintis karir di sosial media?

 

Share

Leave a Reply