3 Tipe Iklan Facebook yang Membuat Orang Selalu Kembali

Facebook, walau bagi sebagian anak kekinian mungkin merupakan “social media kuno”, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa layanan yang dibuat oleh Mark Zuckerberg ini merupakan salah satu pemimpin di bidang sosial media dan teknologi dengan berbagai inovasinya yang selalu menghasilkan keuntungan. Rata-rata orang menghabiskan sekitar 1,72 jam setiap hari di Facebook, bayangkan betapa besarnya angka tersebut jika pengguna Facebook di dunia saat ini lebih dari 1 milyar orang, dimana artinya 1 dari 7 orang di dunia menggunakannya.

Bagi para pemilik usaha, ini adalah sebuah lahan super basah untuk menjaring calon pembeli. Facebook Ads (layanan pengiklan di Facebook) memiliki 15 tipe iklan dan lebih dari 1.300 opsi targeting yang memudahkan para pengiklan untuk menjangkau target yang benar-benar mereka inginkan. Saat ini Facebook memiliki sekitar 1,59 milyar pengguna, namun hanya 2 juta pengiklan, karena itulah kenapa kita harus belajar cara buat iklan di facebook dan mengetahui tipe mana yang paling sesuai.

Berikut ini adalah 3 tipe iklan Facebook yang membuat orang selalu kembali  :

Lead Generation Ads

3 Tipe Iklan Facebook yang Membuat Orang Selalu Kembali 1

Tipe iklan satu ini sebenarnya tidak benar-benar untuk menjual produk, tapi untuk mendapatkan alamat email dan membangun email list yang berisikan orang-orang yang benar-benar tertarik dengan sesuatu atau sebuah produk dan terlebih lagi, mereka masih aktif memakai Facebook dan email.

Keunggulan dari tipe ini adalah Facebook sudah mengisikan secara otomatis beberapa data dari pengguna sehingga pengguna Facebook yang tertarik dengan iklan ini hanya perlu mengisikan beberapa kolom saja, sementara kolom lain sudah diisikan otomatis oleh sistem Facebook.

Dynamic Product Ads

3 Tipe Iklan Facebook yang Membuat Orang Selalu Kembali 3

DPA adalah salah satu tipe iklan yang tergolong cukup baru dan memberikan dampak yang sangat besar. Tipe ini menghubungkan antar katalog toko dengan akun Facebook Ads pengiklan dan Pixel. Jadi, ketika seseorang mengunjungi toko online kita dan kemudian log in di Facebook, maka mereka akan melihat produk yang sama yang mereka lihat di toko online kita, sehingga iklannya menjadi lebih personal dan relevan.

Kelebihan dari DPA adalah iklan jadi terasa lebih personal karena iklan yang dilihat setiap orang berbeda tergantung minat mereka, pengiklan juga bisa mendapat bisa menargetkan berbagai jenis pembeli. Sebuah laporan menunjukan bahwa beberapa brand travel ternama mengalami conversion rates hingga 3 kali lipat dan menurunkan biaya iklan hingga 65% dengan DPA.

Abandoned Cart Ads

3 Tipe Iklan Facebook yang Membuat Orang Selalu Kembali 5

Hampir 7 dari 10 orang atau sekitar 68,63% orang memasukan produk ke keranjang belanja mereka di toko online namun tidak pernah melakukan pembelian. Bagaimana membuat orang-orang ini kembali ke toko anda dan menyelesaikan belanja mereka? Via email? Mungkin benar, tapi kurang dari 10% pengunjung website memberikan alamat email mereka, artinya kita hanya bisa mengkontak 1 dari 7 orang tersebut kalau beruntung.

Untungnya, dengan sistem retargeting Facebook, pengiklan bisa menjangkau orang-orang ini secara personal berdasarkan produk yang ada di keranjang belanja mereka. Tipe iklan ini akan semakin berhasil ketika memberikan gratis ongkir atau diskon 10% (misalnya) jika mereka kembali dan menyelesaikan transaksinya.

Kesimpulan

Punya usaha dan ingin terus maju ke arah yang tepat dengan berpromosi kepada orang yang tepat? Facebook Ads adalah salah satu jalan terbaik untuk mencapainya, dengan opsi target mencapai lebih dari 1.300 kombinasi, jenis pengguna seperti apapun bisa didapatkan secara tertarget.