3 Tips Agar Tidurmu Lebih Nyenyak Malam Ini

Pemicu utama dari buruknya kualitas tidur seseorang adalah stress yang didapatkan dari beraktivitas seharian, bisa datang dari keluarga, tempat kerja atau sekolah. Tentu hal ini akan berdampak pada keadaan psikologis (mood) seseorang keesokan harinya.

Sebuah studi menemukan bahwa sekitar 30% dari populasi di seluruh dunia, mengalami insomnia, entah itu akut atau hanya sesekali terjadi. Selain itu, sekitar 10% dari populasi manusia secara umum akan mengalami masalah saat beraktivitas jika mereka kekurangan tidur pada malam hari sebelumnya.

good sleep

Untuk kamu yang mengalami kesulitan tidur atau sekedar ingin tidur lebih rendah malam ini, berikut ini beberapa tips-nya.

Teknik Bernafas 4-7-8

Ini merupakan sebuah teknik kuno dari India yang tujuannya adalah menenangkan nafas dan tubuh secara cepat. Dalam dunia medis, hal ini dapat terjadi karena tubuh dapat mengeluarkan karbon dioksida dengan cepat. Dr. Andrew Weil dari Harvard University mengklaim bahwa teknik ini dapat membuat seseorang tidur hanya dalam 1 menit.

Caranya sebagai berikut :

Relaxing Breath

  1. Hembuskan nafas melalui mulut, sambil membuat suara “wush…”
  2. Tutup mulut dan tarik nafas melalui hidung selama 4 hitungan.
  3. Tahan nafas selama 7 hitungan
  4. Hembuskan nafas melalui mulut, sambil membuat suara “wush…” selama 8 hitungan.
  5. 4 tahap tersebut merupakan satu kali nafas. Ulangi lagi langkah-langkah tersebut hingga total 4 kali nafas.

Turunkan Suhu Ruangan

turunkan suhu

Menurut beberapa penelitian, suhu terbaik untuk tidur adalah antara 16 – 20 derajat Celcius, itu pun kalau kamu tidak sedang terserang flu. Sayangnya, tentu tidak semua orang bisa mengatur suhu ruangan dimana dia tidur. Karena itu, salah satu cara menurunkan suhu tubuh adalah dengan meletakkan sebotol air hangat di telapak kaki.

Matikan Semua Barang Elektronik

3 Tips Agar Tidurmu Lebih Nyenyak Malam Ini 4

Sebagian besar orang saat ini mungkin meletakkan smartphone, tablet bahkan laptop tepat disamping tempat tidurnya saat malam. Disadari atau tidak, barang-barang elektronik tersebutlah salah satu pemicu seseorang sulit untuk tidur.

Secara biologis, cahaya biru yang dikeluarkan barang-barang tersebut dapat mencegah produksi melatonin yang berperan membuat seseorang bisa tidur dengan nyenyak. Dari sisi psikologis, jika tidur terlalu dekat dengan alat elektronik, kita cenderung jadi lebih awas terhadap berbagai notifikasi tidak penting di malam hari.

Tidur merupakan salah satu kebutuhan biologis dan psikologis dari manusia, jadi pastikan setiap malam kita mendapat tidur yang berkualitas karena akan berdampak pada diri kita keesokan harinya.