4 Manfaat Bermain Watersport

Watersport atau olahraga air adalah berbagai jenis olahraga yang dilakukan di air, bisa kolam renang, danau maupun laut. Artikel ini membahas tentang manfaat olahraga air, tapi khususnya yang tidak dilakukan oleh profesional. Atau, dengan kata lain, olahraga air untuk tujuan rekreasi.

Pulau Bali merupakan salah satu surga untuk pecinta olahraga air dan Nusa Dua merupakan salah satu pusat olahraga air untuk rekreasi di Bali Selatan dan cukup dekat dengan Bandara Internasional Ngurah Rai. Jarak antara Nusa Dua dengan Bandara sekitar 13 km, namun hanya butuh waktu sekitar 25 menit saja jika melalui Jalan Tol Bali Mandara.

Ada berbagai watersport di Nusa Dua, seperti Banana Boat, Flying Fish, Donut Sliders, Water Ski, Jet Ski, Parasailing hingga Flyboard. Beberapa watersport bisa dilakukan bersama-sama dengan keluarga, teman atau pasangan, ada pula yang bisa dilakukan sendiri.

Selain untuk bersenang-senang, ternyata melakukan olahraga air juga bermanfaat untuk tubuh, baik secara fisik maupun mental. Berikut ini 4 manfaat bermain watersport.

Meningkatkan produksi adrenalin

4 Manfaat Bermain Watersport 1

Adrenalin merupakan hormon yang bertanggungjawab ketika seseorang merasa waspada atau takut. Tapi, ketika adrenalin diproduksi pada kadar yang tepat. Hormon ini justru dapat bermanfaat bagi tubuh. Saat merasa takut, adrenalin akan mempercepat detak jantung, melebarkan pembuluh darah dan mempercepat distribusi oksigen ke seluruh tubuh dan membuat bernafas jadi lebih baik.

Poin diatas merupakan salah satu penyebab mengapa banyak orang mengaku merasa lebih segar dan bugar setelah melakukan olahraga air seperti parasailing maupun flying fish.

Manfaat sama dengan olahraga lain

4 Manfaat Bermain Watersport 3

Olahraga pada umumnya memang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Mulai dari melatih otot, menurunkan berat badan, memperlancar aliran darah hingga menghilangkan stress. Manfaat itu juga yang didapat ketika seseorang melakukan watersport dalam durasi yang cukup. Apalagi kita tidak akan merasa seperti sedang berolahraga dan lebih terasa seperti bermain.

Orang yang bermain Jet Ski maupun Water Ski sebenarnya sedang melakukan olahraga yang cukup berat karena harus menjaga keseimbangan, memakai tenaga yang cukup dan menjaga konsentrasi. Tapi, kebanyakan dari mereka justru merasa seperti sedang bermain ketimbang sedang berolahraga.

Terapi Air Laut

4 Manfaat Bermain Watersport 5

Terapi air laut atau thalasso theraphy sudah dikenal sejak abad ke-4 SM. Tidak heran jika sampai saat ini pun, terapi ini masih sangat terkenal di seluruh dunia. Terapi air laut paling terkenal ada di Laut Mati, Yordania. Tapi, di pantai mana pun di seluruh dunia, kita bisa merasakan manfaat dari terapi air laut. Air laut bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung mineral yang mirip dengan plasma darah serta garam yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Hanya dengan datang ke pantai, sedikit berendam dan berenang saja sudah memberikan kita manfaat dari terapi air laut. Tapi, dengan bermain watersport yang menyenangkan seperti Banana Bout maupun Donut Sliders, tentu terapi ini akan terasa lebih menyenangkan.

Meredakan Stress

4 Manfaat Bermain Watersport 7

Ketika bermain watersport apapun, ketika kita tidak sengaja ataupun tidak tercebur ke laut, bersyukurlah. Menurut sains, air laut memiliki kandungan mineral seperti magnesium, lithium dan bromin yang merupakan elemn yang mampu membuat kestabilan di otak.

Kandungan magnesium yang tinggi dalam air laut efisien untuk mengurangi stress dan mengendurkan otot. Bahkan air laut memiliki efek hipnotik alami yang bisa meningkatkan kualitas tidur hingga membantu menyebuhkan amnesia.

Jadi, tidak heran jika mereka yang baru pulang dari liburan di pantai akan merasa segar dan bugar. Bagi yang tertarik untuk mencoba berbagai watersport di Nusa Dua, Bali, ada banyak sekali agen perjalanan yang menyediakan paket watersport tersebut bahkan yang bisa di custom sesuka kita. Cek Instagram @asianjourney.id untuk lebih lengkapnya.