Cara Membuat Klappertart dengan Vla yang Lembut

Banyak orang yang tidak tahu cara membuat klappertaart yang tepat karena beberapa diantara mereka berakhir dengan kegagalan. Ya, tidak bisa dipungkiri bahwa makanan yang terkenal di Eropa Tengah ini memang gampang-gampang susah!

Jika melihat bahan dan cara pembuatan, mungkin anda berpikir bahwa resep ini mudah dipraktekkan. Namun nyatanya, beberapa orang gagal meskipun telah mencoba resep ini berulang kali dengan berbagai hasil yang mengejutkan. Ada beberapa orang yang kecewa karena klapetart terlalu kering, bahkan beberapa diantara mereka gagal memadukan rasa vla dengan bahan utama. Tidak heran jika resep ini sangat menantang untuk dicoba di rumah.

Cara Membuat Klappertart dengan Vla yang Lembut 1

Pada dasarnya, ada 2 hal penting dalam mencoba resep klapetart. Pertama, bahan yang digunakan sebagai bagian pokok yakni roti harus berakhir dengan baik tanpa menghilangkan tekstur asli roti tawar. Sedangkan bagian kedua adalah vla. Ini juga merupakan bagian tersulit dalam cara membuat klappertaart karena jika terlalu encer atau terlalu kering, maka vla akan rusak dan menghilangkan keseluruhan tekstur klapetart. Berikut cara mudah untuk membuat klapetart keju yang enak.

Bahan yang perlu dipersiapkan :

  • 5 lembar roti tawar yang sudah dipotong kotak
  • 1 gelas susu putih sebagai perendam roti

Bahan untuk Vla :

  • 3 ½ gelas Santan murni
  • Daun Pandan
  • Tepung Maizena
  • 1 sendok Terigu
  • Gula Pasir
  • ½ sdt Garam
  • 2 butir Telur
  • ¼ sdt esen rasa Vanila
  • Kelapa Muda yang sudah dikeruk kasar
  • Kismis dan Almond secukupnya

Cara Membuat Klappertart dengan Vla yang Lembut 1

Cara Membuat Klappertaart :

  1. Rendam semua roti tawar dalam sebuah piring berisi susu putih. Anda tidak harus merendam semua bagian roti kedalam susu untuk menjaga tekstur asli roti tawar kering.
  2. Angkat roti tawar, dan letakkan di tempat lain.
  3. Untuk membuat vla, panaskan wajan dengan api kecil. Masukkan santan, tepung terigu, gula, garam, tepung maizena dan juga daun pandan untuk direbus hingga matang. Selama memasak adonan vla, aduk perlahan hingga semua adonan menjadi kental dan meletup. Jika sudah sampai tahap ini, anda bisa membiarkannya dengan api kecil.
  4. Tambahkan 2 telur yang sudah dikocok kedalam adonan yang sudah matang. Aduk secara perlahan hingga seluruh adonan bercampur dan tambahkan esen Vanilla. Pada tahap ini, cicipi adonan tersebut dan perhatikan rasa yang dihasilkan. Jika dibutuhkan, tambahkan beberapa bahan agar adonan terasa manis lembut.
  5. Setelah semua bahan tercampur dan memiliki rasa yang sesuai, tambahkan kismis dan almond. Kedua topping ini hanyalak pelengkap. Anda boleh mengganti dengan bahan lain seperti kenari, atau tidak menyertakan kedua topping ini dalam cara membuat klappertaart.
  6. Langkah selanjutnya adalah menambahkan roti tawar kedalam adonan. Pada tahap ini, pastikan api tetap kecil. Rebus kurang lebih 30 hingga 45 menit hingga adonan mengental dan siap untuk dicetak.
  7. Untuk mencetak adonan, anda bisa melapisi dengan aluminum foil agar tidak terlalu panas dan merusak cetakan.

Itu merupakan cara membuat klappertaart yang mudah untuk dicoba. Klapetart akan lebih nikmat jika disajikan selagi masih panas. Namun anda juga bisa menyimpannya di lemari pendingin dan klapetart bisa bertahan berhari-hari selama tidak bercampur dengan bahan makanan yang basah. Kini, anda bisa membuat klapetart sendiri yang cocok dihidangkan bersama teh dan kopi.