WHOAMI, Tidak Ada Sistem yang Aman

Film yang menceritakan tentang dunia teknologi memang sejak dulu mendapat tempat khusus di hati penikmat film. Unsur-unsur teknologi canggih biasanya dipadukan dengan drama kehidupan dari pemeran utamanya, sebut saja Terminator, Back to the Future dan sebagainya.

Kini, salah satu aspek dari dunia teknologi yang dianggap menarik adalah kehidupan para hacker. Sebut saja serial TV Amerika, Mr.Robot yang mendapat sambutan hangat baik di negara asalnya bahkan di Indonesia. Tahun 2014 lalu, sineas Jerman juga menghasilkan karya yang bertema hacker berjudul “WHOAMI”. Selain di blog ini, kamu juga bisa mendapat ulasan film di breaktime untuk film-film keren lainnya.

Sinopsis WHOAMI (spoiler alert!)

WHOAMI, Tidak Ada Sistem yang Aman 1

Benjamin Engel sejak kecil sangat berkeinginan menjadi seorang “pahlawan super”, dia menganggap bahwa dirinya sudah memiliki kekuatan super yaitu “tidak terlihat” (tidak dianggap oleh masyarakat di sekitarnya). Seperti para pahlawan super yang kehilangan orangtua mereka, dia kehilangan ayahnya saat perang dunia II dan kehilangan sang ibu di usia 8 tahun, sejak saat itu dia diasuh oleh sang nenek.

Benjamin akhirnya berkecimpung di dunia komputer sejak remaja, mempelajari beberapa bahasa program hingga akhirnya berselanjar hingga ke apa yang disebut sebagai internet dalam internet atau sekarang dikenal dengan istilah Deep Web. Dalam dunia ini, dia bertemu dengan seorang hacker yang menjadi idola bagi hacker-hacker lain dengan nama MRX.

MRX memiliki 3 aturan :

  1. Tidak ada sistem yang benar-benar aman
  2. Incarlah sesuatu yang mustahil
  3. Bersenang-senanglah di dunia maya dan dunia nyata

Disinilah petualangan Benjamin dimulai, namun jalan hidupnya kembali berubah ketika dia bertemu lagi dengan teman masa sekolahnya, Marie. Gadis itu sangat memerlukan bantuan dalam ujiannya dan Benjamin berusaha membantu dengan meretas server utama kampus Marie, sayangnya dia harus berakhir dengan hukuman pelayanan masyarakat.

Tapi, hukuman tersebut justru membawa Benjamin berkenalan dengan Max, Stephan dan Paul. Max adalah otak yang penuh dengan ide-ide, Stephan adalah si jago software, Paul adalah dewa hardware sementara Benjamin bisa mengerti bahasa mesin dengan mudah. Setelah aksi pertama mereka mengacaukan salah satu acara partai politik Jerman, mereka berempat akhirnya membentuk sebuah kelompok hacker bernama CLAY (Clown Laughing at You).

whoami 3

 

Tujuan CLAY yang awalnya hanya untuk senang-senang berubah jadi lebih serius, bukanlah perusahaan-perusahaan besar atau bank,tapi Badan Intelijen Federal Jerman (BND). Sebuah dinas rahasia yang katanya tidak bisa diretas, karena itulah untuk aksi ini, CLAY membutuhkan waktu untuk melakukan serangan. Untungnya, seorang karyawan usia lanjut begitu mudah mereka akali sehingga selain memberikan akses pada sistem, juga memberikan mereka kartu ID untuk BND. Sayangnya, mereka masih perlu akses ke server utama.

Kebanyakan kelompok gagal meretas BND karena mereka hanya bekerja dari balik meja, namun CLAY langsung turun ke lapangan.  Yap, dan akhirnya mereka berhasil mencapai “Puncak Olympus” dengan meretas BND.

Namun, CLAY akhirnya mulai terpecah saat Max seakaan merebut Marie yang disukai oleh Benjamin bahkan menyebut Benjamin bukan siapa-siapa tanpa mereka bertiga. Ternyata, tanpa diketahui anggota CLAY yang lain, Benjamin telah mencuri data-data rahasia BND dan pada akhirnya mengirimkannya pada MRX.

Aksi Benjamin ternyata menghasilkan konsekuensi dengan terbunuhnya Krypton, seorang anggota dari kelompok FRI3NDS yang ternyata adalah agen rahasia dari BND. Akhirnya, diketahui juga bahwa MRX adalah salah satu anggota dari FRI3NDS dan CLAY-lah kelompok yang disalahkan karena bocornya informasi rahasia BND tersebut.

WHOAMI, Tidak Ada Sistem yang Aman 1

Misi mereka kali ini adalah meretas markas Europol di Den Haag, cara-cara lama yang mereka gunakan saat meretas BND tidak berhasil lagi. Keberuntungan berpihak pada Benjamin ketika menemukan ID pengunjung yang jatuh, sadar bahwa CLAY pada posisi sulit adalah kesalahannya, dia berusaha memperbaikinya sendirian.

Usaha membuka topeng MRX justru berujung pada perangkap yang dibuat oleh MRX untuk menjebak Benjamin. Benjamin memang berhasil selamat dari kejaran Russia CyberMafia, tapi tidak dengan ketiga anggota CLAY yang lainnya.

Benjamin akhirnya bekerjasama dengan penyelidik dari Europol, Hanne Lindberg. Dia tidak lagi menyerang MRX secara cyber, tapi menyerang harga diri dari MRX itu sendiri agar dia melakukan kesalahan. Kerjasama mereka akhirnya berhasil menangkap MRX.

Sayangnya,  karena dianggap berkepribadian ganda, Benjamin tidak jadi mendapat perlindungan saksi. Setiap anggota CLAY adalah Benjamin itu sendiri. Apalagi diperkuat oleh kesaksian Marie dan dokter pribadi Benjamin saat ditemui oleh Hanne. Cerita sedih kehidupan Benjamin ternyata mengusik hati Hanne dan justru memberikan kesempatan pada Benjamin untuk menghapus dan mengubah sendiri identitasnya di server Europol.

WHOAMI, Tidak Ada Sistem yang Aman 1

Sebagian cerita dari Benjamin tentang kehidupannya yang berkepribadian ganda ternyata hanyalah cara yang dia lakukan untuk “meretas” Hanne sehingga bersimpati padanya. Kini CLAY sudah “tidak terlihat” lagi dan mungkin sedang bersiap untuk aksi selanjutnya.


WHOAMI menceritakan bahwa social hacking juga merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki manusia. Mengingatkan bahwa tidak pernah ada sistem yang benar-benar aman di dunia ini, termasuk manusia itu sendiri. Keberhasilan Benjamin “meretas” Hanne adalah bukti yang kuat bahwa manusia adalah sebuah sistem yang lemah.

Film WHOAMI penuh dengan kejutan disana-sini, alurnya tidak membosankan walaupun ada beberapa istilah yang mungkin terlalu teknis bagi kebanyak orang seperti Script Kiddie (level paling rendah dari hacker, bahkan tidak bisa disebut hacker).

WHOAMI, Tidak Ada Sistem yang Aman 1

Buat kamu pecinta teknologi, film ini lumayan menghibur walau tidak 100% bisa dikatakan akurat secara detail-detail kecil. Jangan lupa juga baca ulasan film di breaktime untuk film-film lain yang ulasannya tidak kamu temukan di blog ini.

 

    1. as3p November 3, 2016

    Leave a Comment