Cara Mencuci Jaket Gunung Agar Tahan Lama

Salah satu barang berharga bagi seorang pendaki adalah jaket gunung. Fungsinya yang vital, yaitu melindungi tubuh supaya tidak mengalami hypotermia akibat hawa dingin gunung. Jaket gunung selain harganya yang mahal, perawatannya juga tak boleh sembarangan. Seorang pendaki harus paham bagaimana cara merawat serta cara mencuci jaket gunung tersebut dengan benar supaya jaket gunungnya bertahan lama. Sayang sekali jika anda harus mengeluarkan budget lagi untuk membeli jaket, karena jaket anda rusak setelah dicuci.

Pahami aturan yang tertera di jaket

Setiap jaket gunung biasanya memiliki aturan dalam perawatan dan pencucian, misalnya tidak boleh dicuci dengan air, tidak boleh disetrika, dan lainnya. Pahami aturannya, jika tidak anti air maka jaket anda aman untuk dicuci.

Rendam jaket gunung semalam

Cara Mencuci Jaket Gunung Agar Tahan Lama 1

Jaket gunung yang habis digunakan untuk mendaki tentu saja akan kotor, oleh karena itu perlu direndam cukup lama supaya semua kotoran terlepas. Gunakan detergen yang dicampur dengan air tawas. Supaya tidak merusak jaket, gunakan detergen yang aman untuk jaket dan ramah lingkungan.

Cucilah dengan tangan, jangan mesin cuci

Jaket gunung anda yang telah direndam jangan dicuci dengan mesin cuci karena akan merusak serat kain. Selain itu, pencucian dengan tangan membuat anda bisa mengamati semua bagian jaket yang kotorannya membandel, jadi bisa disikat secara perlahan supaya benar-benar bersih.

Jangan dijemur di bawah sinar matahari secara langung

Setelah dicuci, sebaiknya jaket jangan dijemur di bawah sinar matahari langsung. Cukup diangin-anginkan saja supaya warnanya tetap terjaga.

Tips mencuci jaket gunung tersebut sangat mudah untuk dilakukan bukan? Kalau anda masih belum menemukan detergen mana yang cocok untuk mencuci jaket gunung, kami sarankan menggunakan detergen Rinso. Rinso merupakan detergen yang bisa merontokkan kotroran dengan cepat, yang aman untuk jaket anda serta lingkungan tentunya. Komposisi bahannya membuat limbah Rinso mudah diuraikan sehingga tidak mencemari lingkungan. Jika anda ingin jaket anda awet baik warna, serat kain, maupun jahitannya sebaiknya patuhi info tentang cara mencuci jaket gunung di atas.