Radang atau sakit tenggorokan memang bukan penyakit berbahaya, tapi tetap saja menganggu aktivitas. Terkadang, ini merupakan gejala awal dari flu yang akan diikuti oleh demam, menggigil, nyeri dan sebagainya.

Saat paling menyiksa adalah ketika harus makan atau minum yang menjadi favorit kita, selain tidak bisa menikmatinya secara puas, terkadang rasanya akan sangat sakit ketika menelan. Padahal, di sisi lain, dalam keadaan sakit tenggorokan, tubuh tetap memerlukan gizi yang cukup.

Sebenarnya, ada berbagai cara dan obat untuk mengatasi dan menyembuhkan radang tenggorokan ini. Tapi, 5 cara berikut ini adalah yang paling enak.

1. Makan Pisang

5 Cara Enak Sembuhkan Radang Tenggorokan 1

Pilihlah pisang dengan kematangan sempurna dan rasanya manis seperti pisang raja, pisang ambon dan lainnya. Pisang tidak mengandung asam dan bertekstur lembut sehingga tidak akan terlalu menyakitkan ketika ditelan. Selain itu, pisang juga kaya dengan vitamin B6, vitamin C dan kalium.

2. Konsumsi Sup Ayam

5 Cara Enak Sembuhkan Radang Tenggorokan 3

Ini merupakan pengetahuan turun temurun bahwa sup ayam merupakan obat yang ampuh untuk mengatasi sakit tenggorokan. Buatlah sup ayam dengan wortel, bawang, seledri, lobak dan bawang putih. Semangkuk sup ayam hangat ternyata lebih ampuh dari antibiotik, makanan ini juga memiliki kandungan anti inflamasi. Sayuran dan rempah yang dimasak bersama pun memiliki manfaat yang tidak kalah pentingnya.

3. Campuran Lemon dan Madu

5 Cara Enak Sembuhkan Radang Tenggorokan 5

Campuran ini sudah dikenal sebagai makanan yang ampuh untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Pembengkakkan yang mungkin terjadi di area tenggorokan pun akan mereda setalah mengkonsumsi campuran ini.

4. Putih Telur

5 Cara Enak Sembuhkan Radang Tenggorokan 7

Telur memang merupakan salah satu bahan pangan dengan banyak manfaat. Khusus untuk menyembuhkan radang tenggorokan, disarankan mengkonsumsi putih telur saja yang dimakan tanpa bumbu tambahan apapun. Putih teluar memiliki zat yang dapat mengatasi inflamasi.

5. Teh Madu & Jahe

5 Cara Enak Sembuhkan Radang Tenggorokan 9

Secangkir teh madu yang ditambahkan sedikit jahe memang sangat pas untuk melegakan iritasi dan gatal ditenggorokan. Uap dari minuman ini pun bisa melegakan pernapasan agar lebih enak. Madu akan melapisi tenggorokan dan mencegah iritasi yang dapat menyebabkan batuk.

Nah, itulah 5 cara enak menyembuhkan radang tenggorokan. Selamat mencoba.

Leave a Reply