img

5 Fashion Items yang Memperburuk Kesehatan

/
/
/
46 Views

Mengikuti trend fashion memang tidak ada salahnya, apalagi jika hal tersebut bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Sayangnya, tidak sedikit jenis pakaian dan aksesoris yang justru memberikan dampak buruk bagi kesehatan pemakainya.

Berbagai penelitian telah dilakukan dan menemukan setidaknya ada 5 fashion items yang memiliki potensi besar menganggu kesehatan pemakainya.

Skinny Jeans

Gambar 1 untuk 5 Fashion Items yang Memperburuk Kesehatan

Celana ketat yang biasanya sangat pas dengan tungkai kaki wanita ini sudah terbukti membahayakan kesehatan. Menurut laporan Wall Street Journal, sejak 1993, para ahli kesehatan sudah menyatakan bahaya mengenakan celana ketat. Bahkan ada yang disebut sebagai sindrom celana ketat yang dipopulerkan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Octavio Bessa.

Baru-baru ini, menurut laporan Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry, seorang wanita berusia 35 tahun, tiba-tiba kakinya menjadi mati rasa karena memakai skinny jeans. Kaki dan pergelangan kaki wanita tersebut membengkak dan tim medis terpaksa merobek skinny jeans yang dipakai wanita tersebut.

Sepatu Hak Tinggi

Gambar 3 untuk 5 Fashion Items yang Memperburuk Kesehatan



Pada dasarnya, sepatu hak tinggi dipakai oleh wanita untuk membuat kaki mereka tampak jenjang dan indah. Padahal, semakin tinggi hak sepatu, maka nyeri yang ditimbulkan akan semakin hebat pula.

Pada tahun 2014, ditemukan bahwa sepatu bertumit tinggi berpotensi mengubah posisi alami kaki serta pergelangan kaki, pada akhirnya akan mempengaruhi posisi tulang belakang. Para peneliti pun sudah menyarankan wanita untuk tidak sering-sering memakai sepatu hak tinggi.

Korset

Gambar 5 untuk 5 Fashion Items yang Memperburuk Kesehatan



Memakai korset bertujuan agar badan terlihat lebih langsing serta membuat pinggang terlihat lebih ramping. Kebiasaan memakai korset ini sudah muncul sejak abad pertengahan di Eropa dan bertahan hingga kini di beberapa wilayah termasuk di Indonesia.

Sayangnya, pemakaian korset dalam jangka waktu cukup lama bisa sangat menyakitkan. Pemakainya bisa sulit bernafas karena korset menekan bagian tubuh cukup kencang. Bahkan, menurut beberapa ahli, terlalu sering memakai korset dalam mengakibatkan kerusakan pada tulang rusuk.

Dasi

Gambar 7 untuk 5 Fashion Items yang Memperburuk Kesehatan



Dasi merupakan salah satu fashion item yang umum dipakai oleh pria agar terlihat lebih rapi dan lebih formal. Sebenarnya, aksesoris satu ini tidak membahayakan asal dipakai secara benar.

Pemakaian dasi yang benar adalah tidak mengikat terlalu kencang di bagian leher atau setidaknya dipakai cukup longgar sebagai ruang untuk bernafas. Memakai dasi terlalu kencang dalam meningkatkan tekanan darah ke mata yang sangat tidak aman.

Tindik tubuh

Gambar 9 untuk 5 Fashion Items yang Memperburuk Kesehatan



Tindik tubuh adalah tren yang biasanya dilakukan oleh anak muda. Sama halnya dengan tattoo, semuanya kembali pada setiap individu jika ingin melakukannya atau tidak. Namun, faktanya sekitar 20% infeksi bakteri biasanya berasal dari tindik tubuh.

Masalah kesehatan lain yang disebabkan oleh tindik tubuh adalah reaksi alergi. Kedua masalah ini biasanya disebabkan oleh alat tindik dan metode yang tidak higeines serta daya tahan tubuh yang menurun.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

This div height required for enabling the sticky sidebar