5 Fitur Terbaik LG G5

Dalam ajang Mobile World Congress di Barcelona, LG memamerkan smartphone flagship terbaru mereka yang disebut sebagai LG G5. Smartphone ini disebut-sebut sebagai “the first ever modular smartphone”. Banyak yang mengatakan kalau bentuknya mirip dengan Nexus 6P namun sedikit lebih kecil, tapi apakah fitur-fiturnya juga sama? Tentu tidak.

Berikut ini adalah spesifikasi dari LG G5 :

  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 820 Processor
  • Memory: 4GB RAM / 32GB internal / microSD (up to 2TB)
  • Display : 5.3 inch, Quantum IPS (2560 x 1440)
  • Battery: 2,800mAh (removable)
  • OS: Android 6.0 Marshmallow
  • Size: 149.4 x 73.9 x 7.7mm
  • Weight: 159g
  • Colors: Silver / Black / Gold / Pink

Dan berikut ini adalah 5 fitur terbaik dari LG G5 :

Modular Components

source : The Verge

LG G5 diciptakan sebagai sebuah smartphone yang memiliki komponen modular yang bisa di upgrade oleh pengguna. LG G5 menyebut komponen modularnya sebagai “Friends”. Dua komponen yang diperkenalkan pertama kali adalah LG CAM Plus yang memberikan tombol shutter dan record serta zoom dengan tambahan 1,200 mAh baterai. Komponen kedua bernama LG Hi-Fi Plus yang membuat G5 bisa diubah menjadi Hi-Fi portabel dan tentu saja meningkatkan kualitas audio yang dikeluarkan.

Cara menambahkan komponen modular ini pun sangat mudah, pengguna hanya cukup menggeser untuk membuka baterai lalu menambahkan komponen modular yang diinginkan.

Super-Wide Angle Camera

LG sebenarnya memasangkan 2 jenis kamera pada G5 yaitu sebuah kamera 16MP biasa dan kamera 8MP dengan 135-derajat wide angle. Di pasaran, kamera smartphone yang tersedia saat ini rata-rata hanya memberikan angle seluas 70 sampai 75-derajat saja. Kedua kamera ini bisa digunakan secara mandiri maupun bersamaan untuk menciptakan kombinasi yang lumayan menyenangkan.

Pergantian antara kedua kamera ini juga bisa dilakukan dengan sangat cepat ditambah LG memperkuat software untuk imaging dan kamera mereka. Di kesempatan yang sama, LG juga memperkenalkan 9 film filter baru yang beberapa diantaranya terlihat seperti hasil dari kamera klasik Kodak dan Agfa.

Storage Tambahan

LG merupakan salah satu produsen yang tidak pernah melupakan microSD sejak awal bahkan terus membawa fitur ini sampai LG G5 sekarang. Fitur ini memberikan kesempatan bagi pengguna untuk mendapat smartphone dengan penyimpanan lebih besar tanpa harus membeli versi 128GB dari smartphone yang sama dengan harga yang lebih mahal.Ditambah, karena menggunakan Android M, LG G5 dimungkinkan untuk membuat microSD menjadi penyimpanan lokal untuk smartphone tersebut.

Removable Battery

Sekali lagi LG membuktikan bahwa mereka tidak ingin membuat penggunanya kecewa, mereka mempertahankan fitur dimana pengguna bisa melepas, mengganti dan membawa baterai cadangan untuk smartphone mereka. Baterai LG G5 dengan mudah bisa dilepas pasang melalui bagian bawah smartphone ini dengan menekan sebuah tombol kecil untuk membukanya.

Always-On Display

LG mengambil fitur always-on display dari phablet LG V10 yang dirilis akhir tahun lalu dan menambahkannya pada G5. Perlu digarisbawahi, tidak seperti V10 yang hanya sebagian kecil saja yang merupakan always-on display pada layar, LG G5 seluruh panel layarnya merupakan always-on. Pengguna bisa mengecek waktu dan pemberitahuan tanpa ‘membangunkan’ smartphone. Lebih baik lagi, LG mengatakan kalau fitur ini tidak menghabiskan banyak baterai. LG juga mengklaim bahwa layar G5 akan lebih terang jika terkena sinar matahari langsung.

LG G5 diprediksi akan menjadi salah satu produk paling diingat dari ajang MWC 2016 di Barcelona kali ini. Selain desain dan fiturnya yang cukup ‘radikal’, LG G5 juga bisa dipakai bersama beberapa perangkat lainnya seperti perangkat Virual Reality bernama LG 360 VR headset dan kamera 360-derajat beranama LG 360 Cam.

Feature image source : The Verge