5 Hal yang Harus Dilakukan Agar Anak Sukses Menurut Sains

Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya untuk menjadi sukses di masa depan. Tapi, membesarkan seorang anak di jalan yang “tepat” sehingga mereka menjadi orang yang sukses di kemudian hari bukanlah hal yang mudah. Diperlukan kesabaran, dedikasi, usaha dan keyakinan hingga bisa melihat sang anak mencapai puncak tertingginya. Memang tidak ada buku panduan baku tentang cara menjadi ibu yang baik atau cara menjadi ayah yang baik, tapi semoga beberapa penelitian dibawah ini bisa sedikit membantu dan memberikan gambaran bagaimana membesarkan anak sehingga dia bisa sukses di masa mendatang.

Berikut ini 6 hal yang harus dilakukan orangtua agar anaknya sukses di masa depan menurut sains :

Ajarkan Social Skills

Manusia adalah makhluk sosial, tapi kemampuan sosial tidaklah diwariskan melainkan harus diajarkan. Sebuah penelitian dari Pennsylvania-State University dan Duke University menunjukan bahwa anak-anak yang memiliki kemampuan dalam bekerjasama, saling menolong serta mampu mengerti perasaan temannya dan mampu keluar dari masalahnya sendiri, menunjukan kecenderungan untuk sukses saat sudah dewasa dibanding anak-anak yang tidak menguasai social skills dengan baik.

5 Hal yang Harus Dilakukan Agar Anak Sukses Menurut Sains 1

Miliki Ekspektasi yang Tinggi Pada Anak

Anak-anak akan tumbuh sesuai dengan tingkat ekspektasi orangtuanya, jadi penting untuk memiliki ekspektasi yang tinggi. Penelitian yang dilakukan oleh para profesor di University of California, Los Angeles (UCLA) terhadap 6.000 murid TK menunjukan bahwa ketika orangtua percaya bahwa anaknya akan bisa menyelesaikan perguruan tinggi, maka anak-anak bisa mencapai nilai lebih tinggi pada tes-tes dasar.

Capai Tingkat Pendidikan yang Baik

Bukan hanya orangtua yang harus memiliki ekspektasi tinggi pada anaknya, tapi si anak sendiri harus memiliki ekspektasi yang tinggi untuk dirinya sendiri. Penelitian yang dilakukan oleh University of Michigan menemukan bahwa anak-anak cenderung menginginkan untuk mencapai level pendidikan yang sama dengan orangtuanya semasa hidupnya. Jadi, ketika orangtua memiliki tingkat pendidikan yang baik, maka cenderung memiliki anak yang memiliki tingkat pendidikan yang sama atau bahkan lebih tinggi.

Bangun Hubungan yang Kuat

Semua poin sebelumnya pada artikel ini hanya bisa dicapai jika orangtua memiliki hubungan yang kuat dengan anak-anaknya melalui kasih sayang dan pola asuh yang baik. Dengan memiliki hubungan yang baik dengan anak-anaknya, orangtua bisa mulai mengajarkan mereka social skills dan life skills yang sangat membantu mereka dalam mencapai kesuksesan. Orangtua juga bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki sang anak dengan memberikan ekspektasi yang lebih tinggi lebih awal. Dengan selalu ada untuk anak, orangtua bisa merayakan apa yang telah diraih sang anak dan memberikan hadiah untuk kerja keras mereka dalam mencapai sesuatu.

Kurangi Stress

Kehidupan sebagai orangtua dan orang dewasa memang sering mendatangkan stress, entah berasal dari tempat kerja, sekolah atau kehidupan keluarga dan sayangnya, stress ini bisa menyalur pada anak. Kadar stress pada level tertentu mungkin bisa menjadi motivator yang sehat, tapi terlalu banyak stress akan berpengaruh pada kesehatan. Orangtua yang overprotective juga bisa menambah stress pada anak. Kuncinya, jangan sampai anak mengetahui seberapa dekatnya orangtua dengan titik terlemah mereka.