Search
5 Makanan Sehat Penjaga Sendi

5 Makanan Sehat Penjaga Sendi

Melatih fisik adalah kegiatan yang sangat dianjurkan. Tetapi jika Anda latihan berlebihan, cedera pada sendi tak bisa dihindari. Terjadinya cedera pada bagian sendi bisa menghalangi kegiatan harian Anda, dan mempunyai resiko tinggi karena bisa mengakibatkan cedera permanen pada tubuh. Karena itu, perkuat sendi Anda dulu dengan makanan sehat berikut ini.

Agar sendi Anda tetap kuat dan terjaga, inilah makanan sehat yang perlu Anda konsumsi:

Salmon

salmon

Salmon dan ikan-ikan lain yang mengandung omega-3 tinggi seperti makarel dan tuna mempunyai sifat anti inflamasi. Kandungan ini bisa mencegah terjadinya radang sendi yang parah.

Nanas

Nanas adalah buah yang kaya dengan enzim bromelain, salah satu enzim protein yang bisa mencegah nyeri sendi dan membantu proses penyembuhan osteoarthritis.

Brokoli

Ada kandungan sulforafana yang bisa melawan radikal bebas, serta mempunyai banyak nutrisi serta kalsium untuk sendi.

Cabai

Capsaicin di dalam cabai membantu merangsang panas di tubuh, menghambat terjadinya rasa nyeri karena sendi.

Jahe

Jahe mempunyai fitonutrien untuk kesehatan, dan kandungan gingerol di dalamnya merupakan anti inflamasi yang mencegah produksi enzim COX-2 yang bisa membuat radang sendi.

Kacang-kacangan dan buah-buahan adalah makanan tepat untuk menjaga sendi Anda agar tetap kuat dan bekerja dengan semestinya. Selain makan dengan benar, Anda juga harus memperbaiki kebiasaan latihan Anda agar lebih baik, seperti:

  • Buat jadwal latihan rutin yang teratur dengan intensitas yang sedang.
  • Hindari beban yang terlalu berat jika Anda belum siap melakukannya, karena Anda justru beresiko cedera.
  • Ketika Anda mengalami overweight, sebaiknya pilih dulu latihan yang memberikan tekanan kecil di sendi, seperti berenang.
  • Latih tubuh bagian bawah Anda sama dalam porsi yang sama dengan upper body, sehingga bisa menopang massa tubuh.

Jangan lupa untuk lengkapi konsumsi makanan sehat pencegah sendi Anda tersebut dengan konsumsi susu dari L-Men. Susu dan olahannya mengandung banyak nutrisi seperti magnesium, kalsium, vitamin, dan juga mineral, semua sangat bagus untuk kepadatan tulang dan sendi. Dikombinasikan dengan kebiasaan olahraga yang baik, sendi Anda akan selalu terjaga dengan baik.

Written by
Ari
Join the discussion

Kawista.id