Tips Berhemat dari Para Milyarder Dunia

Sebagai seorang manusia, kita tidak harus mendengarkan saran dari setiap orang, karena tidak semua saran merupakan saran yang tepat atau berasal dari orang yang kompeten. Tapi, jika ada saran mengenai keuangan yang berasal dari para milyader yang mendapatkan kekayaan mereka karena usaha (bukan warisan), mungkin saran tersebut cukup layak untuk didengarkan.

Berikut ini adalah beberapa tips dan saran berhemat dari para milyarder dunia untuk kamu, para calon milyarder.

Bayar Diri Sendiri Terlebih Dahulu

Saat mendapatkan gaji atau mungkin uang jajan bulanan : membelanjakannya terlebih dahulu dan sisanya untuk ditabung? Atau menabung dulu baru dibelanjakan? Jika kamu membelanjakannya terlebih dahulu, mungkin itu adalah salah satu alasan kenapa kamu sering mengalami masalah dengan keuangan.

Sebaiknya lakukan kebalikannya, sisihkan untuk menabung terlebih dahulu, baru kemudian belanjakan sisanya untuk berbagai kebutuhan, keperluan dan keinginan. Menabung terlebih dahulu memberikan jaminan jumlah tabungan yang tetap dan meningkat setiap bulannya.

Hidup Sederhana

Para milyarder dunia bisa membeli rumah-rumah paling eksklusif dan mewah yang ada di seluruh penjuru dunia dan banyak diantara mereka yang melakukan hal tersebut. Lihatnya betapa mewahnya rumah seharga hampir 2 Triliyun Rupiah milik Bill Gates di Medina, Washington.

Di sisi lain, Warren Buffet masih tinggal di rumah 5 kamar tidur miliknya di Omaha yang sudah dibelinya sejak 1957. Ada pula Carlos Slim yang tetap tinggal di rumah yang sama selama lebih dari 40 tahun. Carlos Slim adalah seorang milyarder dunia yang disebutkan walau menghabiskan $1000 per menit, dia tidak akan kehabisan uang selama 100 tahun dan ternyata dia tidak memiliki pesawat maupun yacht pribadi. Bahkan Warren Buffet menyebutkan bahwa “mainan” (barang mewah) hanya akan menyusahkannya.

Berpakaian & Bergaya Sederhana

mark zuckerberg

Banyak orang yang menggunakan pakaian dan sepatu berkelas untuk meningkatkan “harga diri”-nya di mata orang lain. Tapi, beberapa milyarder memilih berpakaian sederhana karena memilih-milih pakaian hanya akan membuang tenaga dan “uang” mereka. Tengok saja David Cheriton, salah satu investor awal Google memilih memakai jeans dan t-shirt. Ingvar Kamprad, yang hanya seorang pemilik Ikea, perusahaan furniture kelas dunia jarang sekali terlihat menggunakan setelan jas.

Contoh lain yang paling sering digunakan adalah Mark Zuckerberg, pendiri sekaligus CEO Facebook saat ini yang sering terlihat memakai baju yang “itu-itu aja”. Tentu Zuckerberg sebenarnya memiliki banyak baju namun dengan model yang sama atau mirip, tentu dia mencuci dan memakai parfum pakaian untuk setiap baju yang dimilikinya. Ingat! Hemat berbeda dengan jorok!

Itulah beberapa tips dan saran dari para milyarder dunia mengenai hidup hemat. Ada yang menyebutnya dengan kata hemat, ada pula yang mengatakan mereka pelit. Tapi, perlu dicatat mereka adalah orang-orang yang harusnya bisa membeli apapun yang mereka inginkan, tapi memilih untuk tidak melakukannya karena berbagai pertimbangan yang sudah matang.

%d bloggers like this: