Berat Badan Koki Ini Turun 50 Kg Karena Makan Pizza Setiap Hari

Banyak sekali jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi saat ingin menurunkan berat badan, dan pizza biasanya bukan termasuk salah satunya. Tapi, seorang juru masak di New York membuktikan bahwa dia berhasil melakukan diet sehat hanya dengan makan pizza setiap harinya dan kehilangan hampir 50 kg berat badannya dalam 7 bulan.

Tahun 2011, Pasquale Cozzolino merantau ke Amerika Serikat dari Italia untuk bekerja di sebuah restoran Italia mewah. Dihantui rasa khawatir berlebih, dia mulai mengalami “stress-eating” dengan mengkonsumsi banyak makanan mengandung gula dan soda. Kurang dari 1 tahun, dia mengalami kenaikan berat badan mencapai 60 kg. Bahkan keluarganya sendiri sempat tidak mengenalinya.

cozzolino

Untungnya, Cozzolino tidak panik dengan melakukan berbagai diet yang belum tentu tepat baginya. Secara sadar, dia mengukur BMI (Index Massa Tubuh)-nya dan menghitung berapa kalori yang perlu dia konsumsi agar bisa menurunkan berat badan.

Dia memulai dengan melakukan apa yang dia sebut sebagai Mediterranean diet, yaitu menghilangkan konsumsi makanan penutup dan minuman yang banyak mengandung gula, menggantikannya dengan buah dan sayuran. Dia memperhatikan porsi makanannya dan melakukan olahraga secara teratur. Sarapan yang dipilih adalah sereal gandum utuh dan buah. Sementara makan malam berupa seafood, sayuran dan segelas wine. Dan… dia makan pizza setiap hari.

Pizza yang dikonsumsi oleh Cozzolino bukan pizza biasa, Neopolitan-style pizza ini hanya berisi saus tomat yang dibuat sendiri, dengan topping keju mozzarella dan daun basil segar. Adonan pizza-nya pun hanya terdiri dari beberapa bahan yaitu air, tepung gandum, ragi dan garam laut. Kemudian, dia membiarkan adonan ini berfermentasi selama 36 jam. Selama proses fermentasi inilah, ragi akan “memakan” sebagian besar gula alami yang ada di adonan dan menghasilkan adonan dengan karbohidrat kompleks yang mengenyangkan.

Kunci dari pizza diet ini adalah pada adonannya, adonan ini bisa mengeyangkan namun tetap bernutrisi. Selama proses fermentasinya, bakteri pada ragi akan memecah gula serta memperbanyak bakteri-bakteri baik yang sangat bermanfaat bagi pencernaan. Cozzolino mengatakan saat seseorang sudah mengkonsumsi pizza seperti yang dia buat, maka mereka tidak akan tergoda untuk mengkonsumsi junk food.

Mau mencoba? Silakan tonton video cara membuah Neopolitan-style Pizza disini.

%d bloggers like this: