Menurut Penelitian, Siswa yang Bermain Game Online Punya Kemampuan Lebih Baik di Sekolah

Video game memang sangat menyenangkan. Apalagi game online yang memiliki aspek-aspek sosial di sekitarnya. Kita bisa bermain bersama teman-teman bahkan berkenalan dengan teman baru secara online. Tapi, video game bukan sekedar menyenangkan – penelitian penunjukan bahwa ada kolerasi (hubungan) antara online gamer dengan kemampuan yang lebih baik di sekolah.

Tolong dicatat bahwa yang ditemukan oleh penelitian adalah adanya kolerasi (hubungan) saja, bukan hubungan sebab-akibat. Artinya, tidak ada jaminan dengan bermain video game, kita pasti mendapat nilai yang lebih baik, hanya kemungkinan untuk mendapatnya lebih tinggi dibanding non-gamer. Dengan catatan tambahan, kita tidak membiarkan video game mengambil alih kehidupan kita, yang artinya ada keseimbangan antara belajar dan bermain.

Penelitian tentang Hubungan Game Online dan Kemampuan yang Lebih Baik di Sekolah

Menurut Penelitian, Siswa yang Bermain Game Online Punya Kemampuan Lebih Baik di Sekolah 1

Penelitiannya sendiri dilakukan di Australia dengan melibatnya 12.000 siswa sekolah menengah. Peneliti menemukan bahwa ketika berhubungan dengan penggunaan internet, siswa yang bermain game online secara berkala memiliki nilai yang lebih tinggi dalam matematika, bahasa dan sains dibandingkan mereka yang tidak.

Menurut Alberto Posso dari RMIT¬†University di Melbourne, “Siswa yang bermain game online hampir setiap hari memiliki nilai 15 poin lebih tinggi dibanding rata-rata dalam matematika dan 17 lebih tinggi diatas rata-rata dalam sains.”

Masih menurut Posso, ketika seseorang bermain game online, dia sebenarnya melakukan banyak hal seperti memecahkan puzzle untuk mencapai level selanjutnya yang secara tidak langsung menggunakan pengetahuan-pengetahuan dasar dan kemampuan dalam matematika, bahasa dan sains. Berdasarkan data yang diambil dari Program for International Student Assessment (PISA) yang melibatkan lebih dari 700 sekolah pada 2012 lalu, Posso menyimpulkan bahwa bermain game online membantu seorang siswa menciptakan kemampuan analisa dan pemecahan masalah yang lebih baik, dimana kemampuan itu bisa digunakan untuk pelajaran dan tugas sekolah.

Namun, sekali lagi, Posso mengingatkan bahwa penelitian ini tidak membuktikan bahwa bermain game online akan menyebabkan seorang siswa mendapat nilai yang lebih baik. Hanya ada hubungan antara kedua hal tersebut.

Peneliti Belum Siap Menyebutkan Adanya Hubungan Sebab-Akibat antara Game Online dan Nilai yang Lebih Baik

Menurut Penelitian, Siswa yang Bermain Game Online Punya Kemampuan Lebih Baik di Sekolah 1

Saat ini, peneliti belum sepenuhnya yakin mengapa ada hubungan antara seorang siswa yang bermain game online dengan nilai yang lebih baik di sekolah. Salah satu kemungkinan adalah siswa merasa lebih mudah dalam belajar dan menyelesaikan tugas sekolahnya lebih cepat. Namun ada faktor lainnya seperti skill dalam bermain game, bagaimana siswa mengisis waktu luangnya, dan lingkungan keluarga. Peneliti setuju bahwa hal ini sangat menjanjikan untuk diteliti lebih dalam di masa depan.

Menurut Peter Etchells dari Bath Spa Univeristy di Inggris Raya, “Sangat menarik bahwa ada penelitian yang menunjukan hubungan positif antara online gaming dan kemampuan akademik, tapi kita masih perlu pengertian yang lebih baik tentang bagaimana dan kenapa seseorang bermain video game sebelum kita bisa mengerti apa arti dari hubungan ini sebenarnya.”

Kesimpulan

Peneliti mungkin belum bisa menjelaskan hubungan pastinya, tapi ini merupakan berita baik untuk para online gamer. Apalagi banyak penelitian lain yang menunjukan bahwa bermain game sangat baik untuk kemampuan belajar, kekuatan memori, kemampuan motorik bahkan berpotensi membantu penyembuhan kerusakan otak.