Belakangan ini, banyak tempat wisata baru yang ditemukan di Bali. Mulai dari pantai-pantai tersembunyi yang mulai diketahui banyak wisatawan hingga destinasi alam seperti air terjun yang jumlahnya makin banyak saja. Air terjun di Bali bukanlah destinasi wisata favorit, tapi semua berubah saat negara api menyerang sejak booming sosial media dan slogan “My Trip My Adventure“.

Sebenarnya, di Pulau Bali ada sekitar 16 air terjun yang diketahui keberadaannya, mungkin jumlah ini sudah bertambah berkat para ‘penjelajah’ yang suka mengeksplorasi alam Bali, tapi berikut ini adalah 7 Air Terjun Super Indah yang ada di Bali.

Air Terjun Nungnung

Air Terjun Nungnung

Letaknya sekitar 900 meter dibawah permukaan laut, berlokasi di Desa Plaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung. Berada satu kabupaten dengan destinasi kelas dunia seperti Kuta, Nusa Dua, Jimbaran, Seminyak dan lainnya.

Untuk kalian yang suka petualangan, Nungnung adalah tempat yang tepat. Sebelum bisa melihat dan berfoto dengan air terjun dengan ketinggian sekitar 50 meter ini, pengunjung harus mampu menuruni 509 anak tangga untuk mencapai tempat ini. Oh iya, jangan lupakan perjalanan kembali ke atas menaiki 509 anak tangga yang sama. 🙂

Air Terjun Aling-Aling

Air Terjun Aling Aling

Air Terjun Aling-Aling dikenal pula sebagai air terjun kembar, ketinggiannya sekitar 35 meter dan dibagian atasnya terdapat bebatuan yang membagi arus air, membuat air terjun ini meluncur kebawah pada kecepatan yang berbeda, ada yang sangat deras tapi ada pula yang tidak. Sesuatu yang sangat unik bukan?

Sama seperti Nungnung, perjalanan menuju Air Terjun Aling-Aling cukuplah menantang karena terdapat ratusan anak tangga yang harus dituruni untuk bisa berfoto dan menyaksikan keindahan alam ini. Letaknya sendiri berada di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Air Terjun ini sendiri memang belum banyak dikunjungi wisatawan, terutama wisatawan mancanegara.

Air Terjun Blemantung

Air Terjun Blemantung

Air Terjun Blemantung atau Blahmantung memiliki lokasi yang sangat unik yaitu dikelilingi oleh perkebunan kopi Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan. Selain Air Terjun Blemantung, Desa Pujungan sendiri memiliki banyak tempat menarik lain seperti Pura Malen.

Berbeda dengan Air Terjun Nungnung maupun Aling-Aling, Air Terjun ini cukup mudah dijangkau dan letaknya juga tidak terlalu jauh dari jalan raya. Ketika berkunjung ke air terjun dengan tinggi sekitar 50 meter ini, kita bisa menikmati suasana yang sejuk, mirip seperti hutan hujan dan sedikit aroma kopi di udara.

Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul sering disebut sebagai salah satu ‘surga rahasia’ yang ada di Bali, bukan karena baru ditemukan, hanya saja, orang-orang yang berkunjung kesana memang seakaan merahasiakan keberadaan air terjun indah ini. Bukan tanpa alasan, karena untuk mencapai air terjun ini memang cukup sulit.

Bagi yang ingin berkunjung ke Sekumpul, mereka harus berhati-hati saat melewati anak tangga yang licin karena basah oleh embun serta menyebrangi sungai untuk mencapainya. Tapi, semua terbayarkan ketika melihat air terjun bertingkat dengan ketinggian sekitar 50 meter ini.

Air Terjun Tegenungan

air terjun tegenungan

Air terjun ini letaknya cukup dekat dari Denpasar, satu-satunya air terjun di dataran rendah (yang diketahui), punya ketinggian hanya sekitar 15 meter, namun yang paling membedakannya dibanding air terjun lainnya adalah Air Terjun Tegenungan sangat pas untuk tempat berenang dibanding untuk sekedar berfoto.

Untuk mencapai air terjun yang berlokasi di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar ini, pertama-tama setelah sampai di lokasi parkir, pengunjung harus menuruni anak tangga yang jumlahnya ratusan, tapi tidak sebanyak Nungnung, kemudian harus menyusuri tepi Sungai Petanu, barulah sampai di Air Terjun Tegenungan. Di sekitar air terjun ini juga terdapat pura dan pancoran yang berasal dari mata air.

Air Terjun Jembong

Air Terjun Jembong

Keberadaan dan pesona Air Terjun Jembong seakaan tersembunyi karena adanya Air Terjun Git Git yang memang letaknya tidak berjauhan dan sudah lebih dahulu dikenal luas. Tapi, karena itulah Air Terjung Jembong masih sangat alami bahkan cenderung masih sepi dari wisatawan. Air Terjun Jembong ini sangat pas untuk berenang daripada sekedar berfoto.

Mirip seperti air terjun Blemantung, air terjun ini dikelilingi oleh perkebunan coklat dan tidaklah sulit untuk mencapai air terjun ini. Letaknya di Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Sekitar 4 km saja dari Air Terjun Git Git.

Air Terjun Yeh Mempeh

Air Terjun Yeh Mempeh

Air Terjun Yeh Mempeh letaknya memang agak terpencil dan terhitung masih jarang dikunjungi. Tapi, bukan berarti salah satu air terjun tertinggi di Bali ini tidak memiliki pesona dan keindahan alam khas Bali. Berlokasi di Desa Les, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng. Rute paling dekat dari Denpasar menuju air terjun ini adalah melalui Kintamani.

Walau letaknya agak terpencil, namun jangan salah, jalan menuju destinasi wisata yang satu ini terbilang sangat mulus dan terawat. Letaknya yang diantara perbukitan, suasana yang masih asri dan tentu saja air segar yang begitu mengundang untuk berenang akan membayar lunas perjalanan jauh menuju Air Terjun Yeh Mempeh ini.

Write A Comment