Hari Ini:November 14, 2019

7 Keuntungan Menjadi Bilingual

Gambar 1 untuk 7 Keuntungan Menjadi Bilingual

Bagi beberapa orang, belajar bahasa asing terkadang menjadi pelajaran yang kurang menyenangkan. Kosa kata yang begitu banyak, pengucapan yang sulit sampai aturan-aturan tertentu dalam berbahasa. Menjadi Bilingual (fasih menutur dalam 2 bahasa atau lebih yang berbeda), selain memiliki keuntungan dari segi pekerjaan, juga memiliki manfaat untuk otak manusia.

Penelitian dari Beverly Hill Lingual Institute menyatakan bahwa menjadi bilingual membuat seorang pekerja mendapat gaji lebih tinggi dari pekerja yang monolingual (menutur dalam 1 bahasa saja). Penelitian tersebut juga mengungkapkan beberapa keuntungan menjadi bilingual sebagai berikut :

keuntungan bilingual

1. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Seorang bilingual memiliki kemampuan kognitif yang lebih tajam, mampu membuat otaknya tetap siaga dan aktif walau dia akhirnya hanya menggunakan satu bahasa saja. Dia juga akan lebih mudah dalam memecahkan berbagai puzzle dengan cepat.

2. Mengurangi Risiko Demensia dan Alzheimer

Penyakit pikun pasti akan dialami oleh setiap manusia yang sudah memasuki usia senja. Tapi, dengan menguasai setidanya 2 bahasa atau lebih yang berbeda, penyakit pikun tersebut bisa sedikit dikurangi risikonya. Rata-rata orang yang hanya menguasai 1 bahasa, mulai menjadi pikun pada usia 71.4 tahun, sementara seorang bilingual mulai menjadi pikun rata-rata pada usia 74.5 tahun.

3. Memperkuat Ingatan

Seperti yang saya tulis diawal, belajar bahasa asing menuntut untuk menghafal kosa kata baru, mempelajari cara pengucapan yang benar serta aturan-aturan lainnya. Dengan kata lain, kita dituntut untuk mengingat. Hal ini membuat seorang bilingual memiliki ingatan yang lebih baik karena belajar bahasa asing sama saja dengan olahraga otak.

4. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Belajar bahasa asing dengan fokus pada struktur kalimat  dan tatabahasa membuat seseorang menjadi lebih perhatian dengan bahasa tersebut. Dengan kata lain, membuat dia lebih efektif dalam menjadi penulis, editor bahkan komunikator.

5. Meningkatkan Kemampuan Mengambil Keputusan

Seorang bilingual biasanya bisa mengambil keputusan yang lebih baik. Kenapa? Karena mereka mengambil keputusan dengan dua sudut pandang dari dua bahasa yang dia kuasai. Membuatnya bisa mengambil keputusan yang lebih rasional.

6. Memadatkan “Grey Matter”

“Grey Matter” adalah bagian utama dalam sistem saraf pusat manusia. Bagian ini berguna dalam proses berbahasa, menyimpan ingatan dan melakukan tindakan. Seorang bilingual memiliki “Grey Matter” yang jauh lebih padat dan lebih baik dibandingkan orang dengan satu bahasa saja.

7. Lebih Fokus

Konsentrasi seseorang yang bilingual dalam melakukan suatu pekerjaan, jauh lebih baik dari mereka yang menguasai satu bahasa saja. Selain itu, jika sedang melakukan banyak pekerjaan (multitasking), seorang bilingual mampu fokus pada pekerjaan yang lebih penting dan menunda yang bisa ditunda.

Itulah 7 keuntungan menjadi bilingual. Hanya itu? Tentu tidak, pada anak-anak usia dini, belajar bahasa asing dan menjadi bilingual efeknya jauh lebih luar biasa.

1. Membuat nilai mereka di sekolah lebih baik dan lebih mudah mengerjakan soal matematika

2. Meningkatkan rasa percaya diri pada anak-anak

3. Bisa membaca lebih cepat

4. Konsentrasi, kemampuan analisis dan multitasking yang lebih baik.

5. Bisa hidup lebih baik dan belajar bahasa lain dengan lebih mudah di kemudian hari

6. Mempelajari banyak budaya sehingga bisa lebih menerima dan mengerti orang lain

Share

Leave a Reply