Mengenali dan Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Bibir pecah-pecah merupakan suatu gejala dimana bibir terasa kering dan retak di bagian bibir, yang bisa dialami oleh siapa saja, tetapi pernahkah anda berpikir, kenapa hanya bibir yang pecah-pecah? kenapa tidak ada pipi pecah-pecah? atau telinga pecah-pecah? ternyata, eh ternyata, ada penjelasannya.

Lapisan kulit pada bibir berbeda dari lapisan kulit lainnya, lapisan kulit pada bibir sangat tipis dan juga transparan, karena saking tipisnya warna kemerahan yang terdapat pada bibir bisa ada karena konsentrasi dan kedekatan jarak diantara lapisan kulit tersebut dengan sang pembuluh darah di bawahnya, yang akhirnya menghasilkan warna merah yang biasa kita lihat di bibir.

Nah lantas apa bedanya dengan kulit lain? Kulit pada bibir tidak memiliki kelenjar minyak yang biasanya membuat kulit menjadi agak lembab, karena tidak memiliki kelenjar minyak ini, si bibir jadi mudah kering dan retak. Kurangnya kelembaban adalah salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah, hal ini bisa dipicu oleh cuaca maupun kebiasaan kita.

bibir pecah pecah

Lalu apa saja kira-kira yang menyebabkan dry lips (bibir pecah pecah)?

Seperti yang saya terangkan sebelumnya, karena ada pengaruh cuaca dan kebiasaan, pengaruh cuaca menjadi peran penting, dimana cuaca yang kering dapat membuat bibir kita menjadi mudah kering dan pecah-pecah. Lalu, kenapa bibir anda pecah-pecah sedangkan teman anda tidak? Padahal tinggal di daerah yang sama dan di dalam cuaca yang sama? Disinilah peran kebiasaan dalam proses perkeringan bibir kita, sering kali kebiasaan-kebiasaan yang sering kita lakukan ternyata menyumbang sumbangsih yang besar terhadap masalah ini.

Kebiasaan seperti minum yang berkafein, kurang minum air, minum-minuman beralkohol bisa memicu terjadinya bibir pecah-pecah. Tetapi ada satu kebiasaan yang sering di lakukan seseorang ketika bibirnya terasa kering yaitu menjilat bibir sendiri, secara logika hal ini memang bisa dianggap memberikan kelembaban pada bibir kita, akan tetapi air liur mengandung enzim yang membantu anda dalam mencerna makanan dan bukan sebagai pelembab. Air liur akan cepat mengering setelah terkena udara luar dan membuat bibir kembali kering dan pecah-pecah bahkan hingga mengelupas. Kebiasaan-kebiasaan ini lah yang kadang membuat bibir justru mudah kering, dan membuat bibir tidak enak dipandang.

Mungkin karena pengaruh kebiasaan ini pula yang membuat orang sering tidak nyaman ketika melihat atau merasa bibir mereka mulai kering, dimana kadang membuat pandangan terhadap kita menjadi tidak enak selain memang penampakan dari bibir pecah-pecah tidak sedap dipandang.

Karena ini pula banyak terdapat produk yang dapat menjaga kelembapan bibir anda ketika sedang melakukan kegiatan seharian yaitu seperti lip balm. Selain menggunakan produk berbahan dasar kimiawi, ada juga beberapa bahan alami dan trik yang bisa anda lakukan agak bibir tidak kering. Gunakan madu, tomat atau timun yang dapat menyegarkan kembali bibir anda dengan mengoleskannya di bibir secara teratur dan sebaiknya sebelum anda tidur. Ada juga trik sederhana seperti bernafas dengan hidung sehigga aliran udara tidak banyak mengalir ke bibir dan bibir anda bisa tetep terjaga kelembabannya.