Manfaat Lemon bagi Kesehatan Tubuh

Lemon merupakan sebangsa jeruk yang memiliki kandungan vitamin c yang tinggi. Lemon yang biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar pada masakan, sering kita jumpai di pasar tradisional maupun supermarket. Buah lemon juga dikenal dengan nama citrus dengan karakteristik bentuk buah yang lonjong. Buah ini memiliki kulit berwarna kuning dan rasanya yang asam.

Buah lemon biasanya digunakan dalam mengolah daging ikan maupun daging ayam. Untuk menghilangkan bau amis dari daging tersebut kita dapat melumuri daging dengan air perasan lemon, yang membuat bau amis dari daging tersebut dapat di netralisir. Banyak juga masakan yang menggunakan lemon sebagai bahan yang menyegarkan bagi masakan mereka. Biasanya lemon digunakan pada makanan yang mengandung banyak lemak yang membuat rasa segar pada masakan tersebut.

Banyak juga buah lemon yang digunakan untuk dicampurkan dengan minuman. Salah satu minuman yang paling terkenal yaitu es teh dengan perasan jeruk lemon yang merupakan salah satu resep lemon tea dingin yang sangat menyegarkan.

Berikut di bawah ini dalah beberapa manfaat yang terkandung dalam buah lemon.

Manfaat Lemon bagi Kesehatan Tubuh 1

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Lemon memiliki kandungan vitamin c yang cukup banyak. Hal ini tentunya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan bakteri maupun virus. Buah lemon juga memiliki nutrisi anti-kanker didalamnya yang bermanfaat untuk membantu melawan penyakit kanker. Karena kandungan vitamin C, buah lemon juga akan membantu mencegah infeksi penyakit kedalam tubuh.

Memperlancar buang air besar

Mengonsumsi lemon secara teratur dapat membantu memperlancar proses pembuangan sisa makanan yang terdapat di usus. Lemon meningkatkan kontraksi otot di usus yang membuat gerakannya lancar dan teratur sehingga dapat mengeluarkan berbagai racun yang ada di dalam usus.

Menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke

Kandungan vitamin C pada lemon dapat bermanfaat menjaga kesehatan jantung, karena vitamin C dapat mengurangi kadar lemak yang ada di dalam darah, dan juga menurunkan tekanan darah. Dengan berkurangnya kadar lemak, maka hal tersebut akan mengurangi resiko terjadinya penyumbatan di dalam darah yang berdampak dengan kesehatan jantung kita.

Kesehatan dan kecerahan kulit

Kolagen adalah salah satu zat penyusun kulit yang akan bekerja sangat baik jika tubuh kita memiliki kandungan vitamin c yang cukup. Buah lemon dapat memicu zat kolagen untuk memelihara kesehatan kulit dan juga mencegah terjadinya keriput. Lemon juga dapat menghilangkan sel kulit mati yang tentunya dapat membuat kulit lebih cerah dan bersih.

Selain beberapa manfaat diatas, masih banyak lagi khasiat yang ada dalam buah lemon bagi tubuh kita. Disarankan untuk mengkonsumsi air lemon hangat di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Kita juga dapat menggunakan resep lemon tea dingin untuk membuat minuman yang menyegarkan di siang hari.