4 Buah-Buahan Enak yang Baik untuk Kulit

Memiliki kulit yang sehat dan cerah menjadi impian setiap orang, baik itu wanita maupun pria. Kesehatan kulit seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal seperti pola makan, gaya hidup dan aktivitas harian yang dilakukannya, bahkan terkadang bisa dipengaruhi juga oleh faktor genetik atau keturunan. Masalah kulit seperti kulit kering, kulit kusam dan jerawat bukan hanya menganggu kesehatan tapi juga membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Maka, menggunakan obat atau krim seperti pelembab untuk kulit kering menjadi pilihan bagi banyak orang. Tapi, sebenarnya ada cara yang lebih ‘enak’ untuk menjaga kesehatan kulit, yaitu dengan makan buah.

Stroberi

4 Buah-Buahan Enak yang Baik untuk Kulit 1

Stroberi memiliki rasa yang lumayan enak dan memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit seperti asam malat dan antioksidan. Asam malat merupakan zat yang memberikan rasa asam dan getir pada buah-buahan seperti apel hijau, anggur, lemon dan tentu saja stroberi. Walau memberikan rasa asam, tapi asam malat diketahui sangat baik untuk kesehatan kulit dengan cara menjaga kulit tetap muda dan sehat. Kandungan lain dalam stroberi yang baik bagi kulit adalah antioksidan. Antioksidan membantu tubuh ‘melawan’ radikal bebas yang bisa menganggu kesehatan kulit.

Cara menikmati stroberi pun ada berbagai macam, bisa dimakan segar, dijadikan jus, dicampurkan dengan yogurt atau puding bahkan dicelup dengan cokelat.

Pisang

4 Buah-Buahan Enak yang Baik untuk Kulit 1

Banyak orang lebih mengenal pisang sebagai jenis buah-buahan yang dimakan saat ingin menurunkan berat badan atau dimakan oleh atlet ketika merasa lapar sebelum bertanding. Tapi, pisang ternyata juga memiliki manfaat bagi kulit. Kandungan vitamin seperti vitamin A, B dan E dalam buah yang umumnya berwarna kuning ini memiliki manfaat untuk mencegah penuaan dini pada kulit dan juga flek hitam di wajah. Kandungan lain yang tidak kalah bermanfaat adalah kalium yang kabarnya mampu menjaga kulit tetap elastis dan tidak kering.

Menggunakan pisang untuk perawatan kulit bisa dengan dimakan segar (setelah dikupas kulitnya), bisa diolah menjadi jus, smoothie tapi tidak disarankan diolah menjadi pisang goreng. Cara lainnya adalah dengan menggunakannya sebagai masker wajah.

Tomat

4 Buah-Buahan Enak yang Baik untuk Kulit 1

Perlu digarisbawahi terlebih dahulu, menurut sains, tomat termasuk dalam keluarga buah-buahan. Tomat mengandung salah satu jenis antioksidan terkuat di dunia yaitu lycopene. Antioksidan ini sudah terbukti punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari membantu menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan mata hingga menjaga kesehatan jantung. Tomat merupakan salah satu buah yang memiliki antioksidan ini dalam jumlah terbanyak per gramnya. Antioksidan lycopene memiliki manfaat sebagai tabir surya alami, tidak perlu dioleskan ke kulit, cukup dikonsumsi biasa. Selain itu, juga membantu mencerahkan kulit dan mencegah penuaan dini.

Selain tomat, sebenarnya banyak buah lain yang mengandung lycopene, terutama buah-buahan yang berwarna merah. Tapi, tomat memiliki keunikannya tersendiri.Saat diolah menjadi saus tomat, sup atau olahan lain, jumlah lycopene yang dikeluarkan menjadi tiga kali lipat dibandingkan tomat segar.

Semangka

4 Buah-Buahan Enak yang Baik untuk Kulit 1

Semangka merupakan buah yang digemari banyak orang, mulai dari anak kecil hingga orangtua. Rasanya yang manis, teksturnya yang ranyah, lembut dan berair membuatnya sangat pas dinikmati ketika cuaca sedang panas. Sama seperti tomat, buah semangka juga mengandung antioksidan lycopene yang sudah terbukti banyak sekali manfaatnya bagi kulit. Walau kandungan lycopene-nya tidak sebanyak buah tomat, tapi semangka punya kelebihan lain yaitu kandungan airnya yang banyak. Air juga tidak kalah pentingnya untuk menjaga kelembaban kulit. Jadi, semangka adalah pilihan yang sangat pas untuk dinikmati saat berlibur di pantai, selain segar, juga ikut serta menjaga kulit dari paparan UV-A dan UV-B dari matahari.

Semangka memang enak dinikmati saat segar (ingat untuk mengupas kulitnya terlebih dahulu), tapi tidak kalah enak ketika diolah menjadi jus hingga es krim.