Mengenal Mobil SUV DFSK, SUV Terbaik di IIMS 2018

Dalam ajang tahunan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, para produsen otomotif berlomba untuk memperkenalkan produk-produk terbaru andalan mereka. Salah satunya adalah produsen otomtif baru asal Tiongkok yang membawa mobil SUV DFSK miliknya untuk masuk dan bersaing dengan SUV pabrikan Jepang di pasar Indonesia.

Mobil SUV bernama Glory 580 dari Dongfeng Sokon (DFSK) sebenarnya sudah diluncurkan dan menarik banyak perhatian sejak Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, salah satu alasannya karena mobil ini punya beberapa kemiripan dengan mobil SUV yang sudah banyak dikenal masyarakat Indonesia, alasan lain mengapa mobil ini mendapat perhatian besar adalah karena harganya yang jauh lebih murah untuk segmen pasar SUV.

Dalam ajang IIMS 2018 pada April 2018 lalu, Glory 580 dianugerahi dua penghargaan yaitu The Best SUV dan The Most Tested Choice Automobile. Bagi yang tidak hadir dalam ajang tersebut dan tidak sempat mencoba mobilnya pasti penasaran mengapa sebuah mobil SUV dari produsen yang baru masuk ke pasar Indonesia bisa begitu menarik perhatian? Berikut ini beberapa alasannya.

mobil suv dfsk

Eksterior Gagah

Mobil SUV terkenal dengan tampilannya yang gagah dan juga bongsor. Walau tidak banyak lekukan-lekukan pada bodi mobil, namun kesan gagah dan elegan masih sangat terasa pada Glory 580. Jika dilihat dari depan, mobil ini juga tidak kalah gagahnya dengan lampu depan LED yang dilengkapi lampu DRL bergaya Lion-Eye Shaped serta grille bertingkat tiga baris dengan lapisan krom yang menjadi ciri khas SUV di Eropa. Tampilan bumper depannya walau sederhana tanpa banyak lekukan berhasil menonjolkan kesan dinamis dan modern.

Untuk bagian samping, mobil ini jauh lebih ‘polos’ dibandingkan mobil SUV pabrikan Jepang yang dijual di pasar Indonesia. Dan jika beralih ke bagian belakang, terdapat spoiler dengan desain lampu belakang yang tampak manis dan tidak berlebihan.

Mengenal Mobil SUV DFSK, SUV Terbaik di IIMS 2018 1

Interior Lega

Jika dari luar, mobil SUV asal Tiongkok ini terkesan lebih polos dari para pesaingnya. Namun, dalam urusan interior dan fitur-fitur di dalam kabin, Glory 580 sanggup memberikan ‘perlawanan’. Ruang kabin untuk deretan kursi pengemudi dan deretan pertama terasa sangat lega, namun untuk deretan kursi terakhir terasa agak sempit jika diisi oleh orang dewasa namun masih sangat lega untuk ukuran anak-anak.

Di bagian dasbor terdapat layar touch screen berukuran 10 inchi yang bisa digunakan untuk mendengarkan musik hingga memutar video. Pengemudi pun bisa mengendalikan fitur hiburan dalam mobil ini tanpa harus kehilangan konsentransi pada jalan, karena tombol-tombol yang terdapat pada roda kemudi sudah terintegrasi dengan tombol-tombol pengendali untuk panel hiburan. Khusus untuk pengemudi, terdapat indikator-indikator yang bisa membantu untuk mengetahui kondisi mobil.

Untuk urusan tempat duduk, bahan pelapisnya dibuat senyaman mungkin dengan kualitas terbaik dan tambahan side support yang akan sangat berguna pada situasi-situasi tertentu. Tambahan sun roof menambah kesan elegan pada mobil SUV bongsor ini.

Mengenal Mobil SUV DFSK, SUV Terbaik di IIMS 2018 1

Dapur Pacu

Untuk urusan mesin, ada dua varian yang akan dijual di Indonesia yaitu varian 1.5L dan 1.8L. Mesin berkapasitas 1.5L akan menggunakan teknologi Turbocharged dan bisa menghasilkan kekuatan hingg 110 tenaga kuda sementara mesin berkapasitas 1.8L akan menggunakan Natural Aspiration dengan kekuatan hingga 97 tenaga kuda. Keduanya akan tersedia dalam mode transmisi manual 5 percepatan, 6 percepatan dan transmisi otomatis.

Kapasitas tangki untuk kedua varian mesin ini sama yaitu 58 liter dan sudah dilengkapi dengan teknologi emisi China V yang dikenal cukup ampuh dalam menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi yang dikeluarkan dari sisa hasil pembakaran.

Garansi dan Harga

Selain mobilnya itu sendiri, faktor lain yang menyebabkan mobil SUV DFSK ini menarik banyak peminat adalah garansi dan harganya yang murah. Sokonindo selaku pemegang merk dagang DFSK di Indonesia memberikan garansi selama 7 tahun atau 150 ribu Kilometer untuk setiap mobil SUV Glory 580 ditambah dengan varian harga dari mobil ini yang berkisar antara 220 juta hingga 550 juta.

Semua hal diatas hanyalah beberapa faktor yang membuat mobil dari DFSK sepertinya akan menjadi pesaing baru untuk segmen pasar mobil SUV di Indonesia.