Fitur-Fitur Baru MIUI 10

Xiaomi mengumumkan kehadiran versi terbaru dari MIUI bersamaan dengan meluncuran smartphone flagship terbaru mereka yaitu Mi 8, Mi 8 Explorer Edition dan Mi 8 SE. Walau Mi 8 terlihat akan menjadi pesaing bagi flagship dari produsen lain, namun kehadiran MIUI 10 bisa menjadi pembeda maupun nilai tambah bagi Xiaomi.

Berikut ini adalah fitur-fitur baru yang dihadirkan Xiaomi dalam MIUI 10

AI Portraits

Foto bokeh menjadi cukup populer selama beberapa waktu terakhir, terutama untuk selfie dalam mode portraits. Diawal kepopulerannya, para pengguna smartphone ‘dipaksa’ menggunakan dua kamera untuk menghasilkan efek bokeh pada hasil foto. Tapi, kini efek ini bisa dihasilkan dengan bantuan software tanpa memerlukan dua kamera.

Xiaomi melihat tren foto bokeh ini akan bertahan setidaknya selama beberapa waktu lagi, sehingga MIUI 10 memiliki fitur AI portraits yang memanfaatkan kecerdasan buatan untuk menghadirkan mode foto bokeh untuk beberapa smartphone lama mereka yang tidak memiliki dual kamera.

AI Preload

Menanamkan kecerdasan buatan atau AI pada sistem operasi smartphone sepertinya akan menjadi tren bagi para produsen. Google sendiri menyematkan teknologi AI pada banyak fitur di Android P, jadi tidak heran jika Xiaomi juga melakukan hal yang sama pada MIUI 10, salah satunya adalah AI Preload.

Fitur AI Preload akan menganalisa penggunakan aplikasi oleh pengguna dan melakukan preload aplikasi menurut data tersebut. Berdasarkan klaim dari Xiaomi, fitur ini akan membuat waktu loading yang diperlukan aplikasi menjadi 0 (instan) pada beberapa kasus.

Desain Recent Apps Baru

Desain recent apps pada MIUI 10 dibuat cukup berbeda dari pendahulunya, hal ini untuk memaksimalkan dan menyesuaikan desain smartphone mereka saat ini yang memiliki rasio screen-to-body yang cukup besar. Recent Apps baru ini akan memunculkan lebih banyak aplikasi dalam satu waktu dengan list berukuran 2 x 2.

Navigation Gestures

Pertama kali mulai dipopulerkan oleh Ubuntu Phone, sebelum menjadi benar-benar populer setelah perilisan iPhone X. Navigation gestures akan menjadi fitur navigasi utama pada Android P oleh Google dan juga MIUI 10 dari Xiaomi. Tidak ada yang begitu spesial, hanya saja MIUI 10 akan menjadi lebih natural saat digunakan.

Driving Mode

Xiaomi sepertinya sadar bahwa masih banyak pengguna mereka yang sering menggunakan smartphone saat berkendara. Karena hal itu mereka menyematkan Driving Mode yang mengoptimalkan layar dan mengurangi berbagai gangguan yang mungkin muncul dari smartphone selama berkendara.

Di sisi lain, mode ini akan membantu pengguna dalam berkendara dengan memungkinkan pengguna menggunakan perintah suara untuk menganti rute, membalas pesan instan dan menjawab panggilan.

Dukungan untuk perangkat Mi Home

Jika selama ini pengguna harus menginstall aplikasi pihak ketiga untuk mengatur beberapa perangkat Xiaomi lain di rumah mereka. Kini, semua perangkat tersebut akan terhubung dan menjadi sebuah ekosistem yang lebih mudah untuk diatur hanya melalui smartphone.

%d bloggers like this: