X
    Categories: Video Game

Pengumuman Menarik dari Bethesda di E3 2018

Salah satu pengumuman yang paling dinanti di ajang E3 2018 adalah dari Bethesda. Sebelum ajang ini berlangsung, Bethesda sebenarnya sudah memberikan beberapa teaser mengenai game-game yang akan menjadi ‘menu utama’ dalam pengumuman mereka seperti RAGE 2 dan Fallout 76. Berikut ini adalah beberapa pengumuman menarik dari Bethesda di ajang E3 2018.

RAGE 2

RAGE bukan merupakan video game terbaik dari Bethesda. Bahkan, game ini sempat dikritik karena terlihat berusaha menjadi banyak hal, mulai dari sebuah game FPS, open-world dan balap namun tidak dilakukan secara maksimal. Walau mendapat penilaian lumayan baik dari banyak kritikus, tapi umumnya mereka mengatakan bahwa RAGE tidak membawa sesuatu yang baru dan akan tenggelam dengan game-game FPS baru lainnya. Banyak orang sebenarnya tidak menyangka kehadiran sekuel dari RAGE, namun angka penjualannya sepertinya membuat video game ini dianggap layak mendapatkan sekuel.

RAGE 2 merupakan hasil kerjasama antara id Software, developer RAGE dengan Avalanche Studios, pengembang dari Just Cause dan Mad Max. Kerjasama inilah yang membuat RAGE 2 menjadi semakin menarik. Dalam video trailer, teaser dan gameplay yang dipamerkan, RAGE 2 terlihat memiliki dunia yang lebih menarik dan berwarna dibanding game sebelumnya. Gameplay pun terasa lebih cepat, penuh ledakan dan memiliki banyak pilihan.

Fallout 76

Fallout 76 merupakan iterasi terbaru dari seri Fallout dan merupakan sebuah prekuel dari semua game Fallout sebelumnya. Fallout 76 bercerita tentang para penghuni Vault 76  yang menjadi orang-orang pertama yang muncul kembali ke permukaan setelah perang besar berakhir. Nama Vault 76 sendiri sudah muncul pada beberapa game Fallout sebelumnya dan diceritakan merupakan sebuah Control Vault yang memiliki penghuni sekitar 500 orang.

Video game ini mengutamakan mode multiplayer dimana setiap vault dweller yang ditemukan di game ini merupakan player lainnya. Namun, setiap quest dan cerita tetap bisa dilakukan sendirian, mirip dengan apa yang dilakukan oleh Destiny. Fallout 76 juga akan memiliki building mode dimana player bisa membangun markas mereka dimanapun yang mereka mau. Salah satu fitur paling menarik adalah game ini memungkinkan pemain untuk meluncurkan misil nuklir ke lokasi lain dan mengubah landscape dari tempat tersebut. Tentu, untuk meluncurkan misil nuklir ini, pemain harus mengumpulkan kode peluncuran terlebih dahulu dan lokasi yang terkena misil akan memiliki monster, loot dan hal-hal menarik baru lainnya.

Elders Scroll: Blades

Bethesda sepertinya benar-benar ‘tergoda’ dengan kesuksesan dari Fallout Shelter sehingga mereka membawa Elder Scroll ke perangkat mobile pula. Elders Scroll: Blade memberikan pengalaman Elders Scroll dalam perangkat mobile yang bisa dinikmati dimanapun dan kapanpun. Game ini akan memiliki beberapa mode seperti Dungeon, PVP, Story/Quest serta “Town Building”.

Sama seperti Fallout Shelter, walau didesain secara khusus untuk mobile, namun game ini juga akan tersedia untuk PC, konsol bahkan VR dan semua perangkat tersebut akan terkoneksi dengan akun yang sama dan memungkinkan cross-progression. Tentu, pemain dipastikan akan melihat microtransaction pada game ini.

Doom Eternal dan Wolfenstein Youngblood

Doom Eternal melanjutkan kesuksesan dari reboot Doom pada 2016 lalu dan membawa Doom Slayer ke bumi. Doom Eternal menjanjikan kemampuan pemain yang lebih ‘sakti’ serta iblis-iblis yang lebih beragam dan menakutkan. Namun, Doom Eternal tidak sepenuhnya dipamerkan pada E3 2018, tapi akan dipamerkan pada QuakeCon 2018.

Wolfenstein Youngblood merupakan sekuel yang cukup menarik untuk seri Wolfenstein. Game ini merupakan yang pertama dari seri ini yang memungkinkan co-op, namun masih mungkin dilakukan secara single player. Bercerita tentang putri kembar dari BJ melawan para Nazi di Paris.

Konfirmasi kehadiran Starfield & The Elder Scrolls VI

Setelah sekian lama hanya menjadi rumor, Todd Howard akhirnya mengkonfirmasi kehadiran Starfield, sebuah IP baru dari Bethesda Game Studios setelah 25 tahun. Namun, desainer dari Fallout dan Elder Scrolls ini mengatakan bahwa Starfield akan menjadi “Next-gen Single Player game”, apakah itu artinya akan dirilis saat kemunculan konsol-konsol baru dari Sony dan Microsoft?

Setelah sekian lama, Todd Howard juga akhirnya mengkonfirmasi kehadiran The Elder Scroll VI. Memang belum jelas apakah Bethesda Game Studios baru memulai atau sudah mulai mengerjakan game ini. Dalam teaser yang dihadirkan saat E3 2018, hanya dimunculkan sebuah landscape luas dari tempat yang kemungkinan besar berada di benua Tamriel, namun tidak ada keterangan berada di provinsi mana.

Ari Kurniawan :Seorang blogger, penulis cerita fiksi dan MAHASISWA (Jangan dipanggil "Pak") . Penikmat musik, pemain video game, penggemar jalan-jalan dan pemburu makanan enak berharga murah.