8 Pertanyaan Soal Google Hummingbird

Bertepatan dengan usianya yang kelimabelas tahun, Google merilis algoritma baru untuk mesin pencarinya. Algoritma ini mempengaruhi 90% hasil pencarian di seluruh dunia.

Dari beberapa sumber yang saya baca, algoritma ini mengubah cara kerja mesin pencari Google yang biasanya akan berusaha mencocokkan kata per kata, sekarang akan berusaha “memahami” makna dari seluruh kata tentang apa yang sebenarnya kita cari.

Berikut ini adalah 8 Pertanyaan plus Jawaban Soal Google Hummingbird

8 Pertanyaan Soal Google Hummingbird 1

Kenapa Namanya Hummingbird?

Hummingbird atau bahasa Indonesia adalah burung kolibri dipilih oleh Google karena menunjukan “ketepatan dan kecepatan”, seperti yang diharapkan dari algoritma baru ini.

Kapan Hummingbird dimulai?

Google mulai menggunakan Hummingbird pada bulan Agustus 2013. Tapi, baru mengumumkannya sekitar 26 September 2013 yang lalu bertepatan dengan ulangtahun ke-15 Google.

Bagaimana dengan “Panda”, “Pinguin” dan yang lainnya?

Panda, Pinguin dan update lainnya adalah bagian dari algoritma yang lama. Tapi, tidak sepenuhnya menghilang. Misalnya seperti sebuah mobil, saat menerima sebuah mesin baru, pastilah menggunakan beberapa bagian yang masih sama seperti mesin yang lama, begitu juga dengan Panda dan Pinguin.

Apakah PageRank akan mati karen Hummingbird?

Tidak. Bagaimanapun PageRank (PR) adalah satu diantara ratusan “bahan dasar” yang menjadi resep algoritam baru ini. Hummingbird akan tetap memperhatikan PR yang dimiliki sebuah blog/web.

Apakah SEO akan mati karena Hummingbird?

Tidak. Menurut pihak Google, tidak ada yang baru atau berbeda tentang SEO yang perlu dikhawatirkan oleh para blogger dan webmaster. Petunjuknya masih sama : konten yang original dan berkualitas baik.

Apakah saya akan kehilangan pengunjung dari Google?

Jika anda tidak kehilangan pengunjung yang berasal dari Google pada bulan Agustus 2013. Artinya, blog/web anda tidak terlalu terpengaruh dengan Hummingbird. Karena, algoritma ini sudah diterapkan kira-kira sebulan lalu.

Bagaimana kalau saya kehilangan pengunjung dari Google?

Mungkin itu karena Hummingbird, tapi Google memastikan bahwa beberapa bagian dari algoritma ini masih terus dirubah, disempurnakan dan ditingkatkan. Sulit menebak adalah kehilangan pengunjung karena Hummingbird atau karena yang lain.

Apa saja tips mengatasi “patukan” Hummingbird?

Perbaiki penggunaan kata-kata yang digunakan di blog/web kita, jangan terlalu banyak spamming, tingkatkan pemanfaatan jejaring sosial, perbaiki kualitas konten dan isi blog/web dengan konten yang original dan berkualitas.

Kalau ada pertanyaan lain, tulis di komentar ya…