X
    Categories: Teknologi

Fakta-Fakta Menarik Pengguna Ubuntu 18.04

Ubuntu merupakan salah satu distro Linux terpopuler di dunia saat ini. Sejak Ubuntu 18.04 LTS yang dirilis pada April 2018, Canonical, perusahaan dibalik Ubuntu mulai mengkoleksi beberapa data dari para penggunanya. Data-data ini merupakan data umum yang tidak mungkin digunakan untuk mengidentifikasi seorang pengguna, proses pengkoleksian data ini juga bersifat opsional, sehingga pengguna bisa memilih agar datanya tidak dikoleksi oleh Canonical.

Beberapa data yang diambil oleh Canonical adalah:

  • Versi dan flavor dari Ubuntu yang diinstal
  • Apakah pengguna terkoneksi ke internet saat proses instalasi
  • Statistik dari hardware seperti CPU, RAM dan GPU
  • Informasi produsen komputer yang digunakan
  • Negara
  • Lamanya waktu instalasi
  • Apakah pengguna memilih auto login, menginstall aplikasi pihak ketiga dan mendownload update saat instalasi
  • Disk layout

Canonical merilis hasil pertama dari pengkoleksian data ini pada Juni 2018. Sayangnya, data yang dirilis oleh Canonical sudah berbentuk persentasi dan bukan data mentah serta tidak diketahui apakah data ini berasal dari 1000 pengguna, 10.000 pengguna atau lebih banyak lagi. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik dari data tersebut:

67% Pengguna ‘Memilih’ Membagikan Datanya

Kebiasaan hampir setiap orang saat melakukan instalasi software adalah selalu menekan “Next” tanpa banyak membaca pilihan dan ketentuan yang tersedia. Walau 67& merupakan angka yang cukup tinggi, tapi banyak orang meragukan seluruh 67% pengguna tersebut benar-benar mengetahui bahwa mereka setuju untuk membagikan data mereka pada Canonical.

Canonical menjadikan pilihan “Iya” sebagai default bagi para pengguna dalam mengijinkan datanya diambil. Jika pilihan defaultnya “Tidak”, kemungkinan besar angka ini akan menjadi sepertiga lebih rendah dari saat ini.

Waktu Rata-Rata Instalasi : 18 Menit

Waktu yang diperlukan seorang pengguna untuk melakukan instalasi Ubuntu sebenarnya tergantung pada banyak faktor seperti spesifikasi komputer dan pilihan saat melakukan instalasi. Namun, dari data yang dikoleksi oleh Canonical, 18 menit adalah rata-rata yang diperlukan pengguna Ubuntu untuk melakukan instalasi. Canonical berjanji akan memperbaiki dan mempercepat proses ini di masa-masa mendatang.

Jika dibandingkan dengan Windows, waktu ini tergolong cepat apalagi jika mengingat Windows terkadang memerlukan reboot beberapa kali saat melakukan instalasi.

Dual-Boot Hanya ~30%

Lebih dari 50% pengguna Ubuntu memilih untuk menghapus sistem operasi lama mereka dan menginstal Ubuntu sebagai sistem operasi utama dan satu-satunya untuk komputer mereka. Sementara, pengguna yang memilih untuk menginstal Ubuntu dengan sistem operasi lain hanya sekitar 7 – 30% saja.

Sekitar 75% pengguna Ubuntu 18.04 melakukan fresh installation, sementara hanya 25% diantaranya yang melakukan upgrade dari versi sebelumnya.

Pengguna dengan RAM 128GB

Dari data yang dirilis, pengguna Ubuntu 18.04 sebagian besar memiliki komputer dengan RAM 4GB dan 8GB. Hal ini sebenarnya cukup umum mengingat dari data yang sama diketahui bahwa sebagian besar komputer yang menginstal Ubuntu 18.04 menggunakan layar beresolusi 1080p. Namun, ada sedikit kejanggalan yaitu adanya pengguna yang memiliki RAM hingga 128GB.

Untuk saat ini, komputer yang diketahui menggunakan RAM hingga 128GB hanyalah super komputer dan bukan komputer miliki pribadi. Memang ada beberapa super komputer di dunia yang diketahui menjalankan sistem operasi Ubuntu, namun apakah komputer tersebut ikut membagikan datanya? Atau RAM 128GB memang sudah mulai ‘lumrah’ digunakan saat ini?

Ari Kurniawan :Seorang blogger, penulis cerita fiksi dan MAHASISWA (Jangan dipanggil "Pak") . Penikmat musik, pemain video game, penggemar jalan-jalan dan pemburu makanan enak berharga murah.