Mengenal Mockbuster, Industri Film KW

Dalam industri perfilman Hollywood, kita sudah umum mendengarkn istilah Box Office dan Blockbuster. Box Office adalah ‘gelar’ yang diberikan pada film-film yang sukses memperoleh pendapatan melebihi biaya produksinya hanya dalam beberapa hari atau dalam minggu-minggu pertama penayangannya. Sementara, Blockbuster disematkan pada film yang berhasil memperoleh hasil penjualan tiket diatas 100 juta Dollar Amerika Serikat. Belakangan, gelar Blockbuster juga diberikan pada film-film berbudget besar untuk produksi dan marketingnya.

Nah, satu lagi istilah yang cukup jarang kita dengar adalah Mockbuster. Istilah ini sendiri berasal dari kata ‘mock’ yang bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia berarti tiruan atau ejekan. Film-film Mockbuster dibuat secara sengaja untuk mendompleng kesuksesan film lainnya dengan beberapa cara seperti membuat judul serta poster film yang mirip. Film-film seperti ini tidak bisa sepenuhnya disebut sebagai ‘plagiat’ karena dalam proses produksinya masih melibatkan proses kreatif walau tidak 100% orisinal.

Film-film Mockbuster ‘terkenal’ dengan kualitasnya yang buruk, hal ini memang tidak aneh mengingat biaya produksinya hanya 10% dari film sukses yang didomplengnya. Berikut ini beberapa film mockbuster ‘terbaik’ dan mungkin paling ‘menipu’.

Metal Man

Mengenal Mockbuster, Industri Film KW 1

Tahun 2008, Iron Man mengguncang dunia sebagai film yang mengawali Marvel Cinematic Universe (MCU). Kesuksesan Tony Stark ternyata ingin didompleng oleh ‘kembarannya’ berjudul Metal Man. Memiliki color scheme yang sama dengan armor Iron Man membuat ‘pahlawan’ satu ini mungkin saja salah dikira sebagai Iron Man.

Tapi, jika melihat dari kualitas produksinya, Metal Man lebih terlihat sebagai sebuah film yang diproduksi pada tahun 1980 atau 1990-an, bukan film yang diproduksi pada 2008.

Almighty Thor

Mengenal Mockbuster, Industri Film KW 1

Tahun 2011, Thor muncul sebagai superhero baru untuk MCU. Dengan budget mencapai USD 150 juta, film ini terbilang sukses memperkenalkan Thor sebagai seorang superhero. Di tahun yang sama, Almighty Thor juga dirilis. Berbeda dengan Thor yang berbiaya produksi besar, Almighty Thor hanya menghabiskan sekitar USD 200 ribu untuk pembuatannya. Jadi, rasanya sangat berdosa jika harus membandingkan kualitas CGI keduanya.

Walau kedua film ini memiliki tokoh Thor, Loki dan Odin tapi jalan cerita keduanya jauh berbeda. Almighty Thor berfokus pada usaha Thor untuk merebut kembali palu dari Loki. Bedanya, palu ini tidak bernama Mjolnir tapi bernama Hammer of Invincibility.

Atlantic Rim / From The Sea

Mengenal Mockbuster, Industri Film KW 1

Dengan total pendapatan mencapai USD 400 juta, siapa yang tidak tergoa untuk meniru kesuksesan Pacific Rim. Hadirlah Atlantic Rim yang mengambil setting di samudra yang berbeda. Tidak banyak hal yang berbeda dari kedua film ini selain kualitas secara keseluruhan. Atlantic Rim tetap bertema robot-robot raksasa yang dikendalikan manusia melawan monster yang berasal dari lautan.

Bahkan, saat Pacific Rim memutuskan untuk membuat sekuel berjudul Pacific Rim : Uprising, Atlantic Rim tidak ketinggalan untuk merilis sekuel berjudul Atlantic Rim : Resurrection.

Sherlock Holmes

Mengenal Mockbuster, Industri Film KW 1

Sherlock Holmes yang diperankan oleh Robert Downey Jr. bercerita tentang petualangan Sherlock Holmes dan Dr. Watson untuk menyelamatkan ratu Inggris dan keluarga kerajaan dari usaha pembunuhan. Film ini dipenuhi dengan aksi detektif dan pengambilan gambar yang sangat apik.

Nah, sementara mockbusternya berjudul sama namun memiliki jalan cerita yang jauh melenceng. Alih-alih menyelamatkan ratu Inggris atau keluarga kerajaan, Sherlock Holmes justru membasmi para dinosaurus pada film ini.