Duck.com Kini Punya Landing Page Baru

Tahun 2010 lalu, Google mengakuisisi sebuah perusahaan bernama Duck Corporation atau dikenal juga sebagai On2. Akuisisi ini membuat Google mendapatkan hak atas teknologi produksi video yang dimiliki oleh perusahaan ini, namun hal lain yang didapatkan Google dari akuisisi ini adalah domain Duck.com. Domain tersebut pertama kali didaftarkan pada 1995, bahkan sebelum Google dirilis oleh Larry Page dan Sergey Brin.

Sejak akuisisi 2010 tersebut, saat pengguna mengetikkan Duck.com di address bar mereka, maka mereka akan langsung dialihkan menuju mesin pencari Google di domain Google.com. Seiring dengan berita bahwa Uni Eropa menjatuhkan sanksi pada Google karena dianggap memonopoli pasar, DuckDuckGo, sebuah mesin pencari baru yang berfokus pada privasi pengguna men-tweet beberapa hal yang menjadi perhatian mereka selama ini termasuk tindakan Google yang menyulitkan pengguna untuk memakai ektensi DuckDuckGo pada Google Chrome dan juga tindakan Google yang mengalihkan domain Duck.com menuju Google.com yang dianggap oleh DuckDuckGo mungkin saja membingungkan pengguna mereka.

Tweet ini kemudian mendapat perhatian dari banyak pengguna Twitter hingga akhirnya sampai ke pihak Google. Rob Shilkin, wakil presiden Google untuk komunikasi akhirnya mengatakan bahwa perusahaannya akan mengambil tindakan dengan membuatkan landing page baru untuk domain Duck.com dibandingkan langsung mengalihkan domain tersebut ke Google.

Duck.com Kini Punya Landing Page Baru 1

Landing page baru ini berisikan penjelasan bahwa Google memiliki domain Duck.com sebagai bagian dari proses akuisisi On2 Technologies pada 2010 yang juga dikenal dengan nama Duck Corporations. Jika pengguna mengakses Duck.com, maka kini akan dialihkan ke domain On2.com yang berisikan landing page baru ini. Dibagian bawah keterangan tersebut, Google juga memberikan beberapa link ke website berbeda.

Jika pengguna sebenarnya ingin mengakses Ducks.com, maka Google memberikan link yang tepat namun juga catatan bahwa domain tersebut akan dialihkan ke toko online pancing bernama Bass Pro Shops.

Jika pengguna sebenarnya ingin mengakses DuckDuckGo, maka Google juga memberikan link yang benar.

Nah, entah sebagai bagian dari ‘lelucon’ atau bentuk keadilan, Google juga memberikan link ke halaman Wikipedia jika orang yang mengetikan Duck.com sebenarnya ingin belajar tentang bebek.