Belajar Jadi Streamer di Twitch Creator Camp

Beberapa tahun terakhir, banyak anak muda di tanah air memiliki impian untuk menjadi YouTuber. Hal ini sebenarnya tidak aneh melihat para YouTuber baik di dalam maupun luar negeri memiliki pendapatan yang tidak sedikit. Sayangnya, beberapa waktu terakhir, YouTube seakan menjadi ‘lingkungan kerja’ yang memburuk bagi para kreator dengan adanya “Adpocalypse”, dimana banyak kreator mengalami penurunan pendapatan yang sangat tajam dan sikap YouTube yang seakan menyulitkan para konten kreator kecil dan pemula.

Tidak heran jika pada akhirnya banyak konten kreator dan calon konten kreator mulai beralih untuk bukan lagi sekedar membuat video untuk dipublikasikan di YouTube namun juga melakukan live streaming, menghibur dan berinteraksi dengan penonton mereka secara langsung. Di Amerika Utara, Eropa dan Asia Timur, live stream bukan lagi sesuatu yang aneh bahkan memiliki potensi pendapatan setara bahkan mungkin lebih tinggi dibandingkan jika hanya memanfaatkan YouTube.

Untuk Indonesia sendiri, ceruk pasar live streamer masih tergolong kecil dan sepi, namun memiliki perkembangan yang sangat pesat. Sebagian besar pasar live streamer di Indonesia di dominasi oleh streamer untuk game seperti Mobile Legends, PUBG dan DOTA 2. Sementara, untuk masalah platform yang digunakan, umumnya ada tiga platform utama yang digunakan oleh para streamer di Indonesia yaitu YouTube, Twitch dan pendatang baru seperti Nimo TV.

Belajar Jadi Streamer di Twitch Creator Camp 1

Bicara tentang Twitch, platform livestreaming terpopuler di dunia ini baru saja meluncurkan program bernama Twitch Creator Camp. Secara umum, program ini ditujukan bagi semua streamer di platform mereka, baik yang baru akan memulai maupun yang sudah tergolong veteran. Creator Camp ini berisikan beragam informasi, mulai dari dasar mengenai apa itu Twitch dan live streaming, etika dalam live streaming, bagaimana menggunakan dan memanfaatkan fitur-fitur di Twitch hingga bagaimana membangun personal branding dan audience.

Apa yang paling menarik dari program ini adalah para streamer besar di Twitch atau lebih dikenal sebagai Twitch Partner juga akan berbagi kisah serta tips dan trik mereka dalam membangun audience selama ini. Creator Camp juga memiliki live learning session yang setiap waktunya akan memiliki topik dan narasumber yang berbeda, mulai dari karyawan Twitch hingga Twitch Partner.

Twitch Creator Camp ini merupakan program yang menarik, mengingat YouTube sudah memiliki program serupa bernama YouTube Creator Academy yang membagikan ilmu, informasi serta tips dan trik dari para YouTuber yang sudah sukses kepada siapapun yang berniat untuk mulai menjadi konten kreator di YouTube. Tinggal menunggu waktu, seberapa efektif Twitch Creator Camp akan menghasilkan streamer baru yang berkualitas dan apakah salah satunya mungkin akan berasal dari tanah air.