img

8 Fenomena Aneh Dalam Pikiran Manusia

/
/
/
40 Views

Alam pikiran manusia adalah sesuatu yang sangat unik sekaligus misterius. Sampai saat ini, umat manusia mungkin sudah menyelami samudra terdalam atau mendaki dukung tertinggi, namun kita belum bisa mengerti tentang alam pikiran kita sendiri.

Beberapa fenomena yang sulit dijelaskan terkadang muncul dalam alam pikiran kita. Hal ini tidak bisa lepas dari sifat alam pikiran itu sendiri, yaitu selalu berkembang. Berikut ini, 8 Fenomena Aneh Dalam Pikiran Manusia

 

Prosopagnosia

Gambar 1 untuk 8 Fenomena Aneh Dalam Pikiran Manusia

Fenomena ini dimana seseorang tidak mampu mengenali wajah seseorang atau objek yang seharusnya sudah dikenal atau sebenarnya sangat mudah dikenali. Mereka biasanya hanya mampu menggunakan perasaan lain untuk membantu mengenali orang atau objek tersebut. Misalnya dari bau parfum, gaya rambut atau bahkan gaya berjalan.

Terkadang, kita bertemu seorang teman dekat pada suatu kegiatan, namun anehnya, kita kesulitan mengenali dia adalah ada perasaan bahwa kita sangat mengenal orang tersebut. Itulah contoh kecil prosopagnosia.

Fregoli Delusion

Fenomena Fregoli Delusion adalah keadaan dimana seseorang mempercayai bahwa orang-orang yang berbeda adalah satu orang yang sama namun sedang dalam penyamaran. Fenomena ini sering dihubungkan dengan paranoid dan kepercayaan bahwa orang yang menyamar tersebut sedang berusaha untuk menganiaya dirinya.

Capgras Delusion

Fenomena alam pikiran ini dimana seseorang percaya bahwa sahabat karibnya atau bahkan keluarganya sudah berganti identitas menjadi seorang penipu (orang lain). Fenomena ini paling sering terjadi pada pasien sakit jiwa.

Presque Vu

Presque Vu merupakan perasaan yang kuat bahwa kita akan mendapat petunjuk atau ilham tentang apa yang terlupa, namun tidak pernah datang. Dengan kata lain, seperti halnya ungkapan, “Kalimat yang serasa sudah diujung lidah”. Presque Vu dapat mengacaukan perasaan dan pikiran, serta seringkali membuat seseorang susah tidur.

Gambar 3 untuk 8 Fenomena Aneh Dalam Pikiran Manusia

 

Jamais Vu

Jamais Vu digambarkan sebagai sebuah situasi yang sudah pernah dikenal namun tidak bisa mengenali. Sering dianggap sebagai kebalikan dari fenomena Deja Vu. Kita tidak dapat mengenali sebuah situasi meskipun mengetahui bahwa sebelumnya kita telah berada dalam situasi tersebut. Jamais Vu dianggap gejala kelelahan otak.

Deja Visite

Deja Visite adalah pengalaman yang melibatkan pengetahuan gaib akan suatu tempat yang baru, berhubungan dengan geografis dan ruang. Contoh mudahnya, saat seseorang sudah mengetahui seluk-beluk suatu tempat, padahal orang tersebut belum pernah kesana.

Deja Vecu

Deja Vecu adalah pengalaman setelah melihat suatu peristiwa sebelumnya, tapi hanya dalam detail saja, seperti mengenali bau hingga bunyi. Hal ini akan disertai oleh perasaan yang sangat kuat akan pengetahuan suatu yang akan datang. Dan biasanya akan menjadi kenyataan. Di Indonesia, fenomena ini dikenal sebagai anak-anak indigo.

Deja Vu

Fenomena ini adalah yang paling akrab dengan keseharian kita. Merupakan pengalaman akan suatu yang sedang berlangsung, dimana kita sudah menagalami atau melihat situasi tersebut sebelumnya. Kita merasa seolah-olah sedang mengulang peristiwa yang sama.

Itulah 8 Fenomena Aneh Dalam pikiran manusia yang paling sering terjadi. Fenomena tersebut dianggap adalah yang paling umum, alam pikiran manusia masih penuh misteri dan lebih banyak lagi yang belum diketahui.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

This div height required for enabling the sticky sidebar