Update NEXT, No Man’s Sky Menolak Untuk Mati

No Man’s Sky merupakan salah satu game paling mengecewakan selama ini. Developer dari game ini, Hello Games menjanjikan adanya ‘multiplayer’ yang diasumsikan oleh banyak orang bahwa mereka bisa menjelajah galaksi bersama teman-temannya dan melakukan apapun yang diinginkan. Banyak orang menaruh harapan besar pada game ini… hingga game tersebut dirilis.

Saat perilisan, developernya mulai mengatakan bahwa peluang untuk bertemu dengan pemain lainnya di dalam game yang sangat luas ini sangat kecil bahkan mendekati 0%. Beberapa orang menolak ide ini dan mencari satu sama lain dan berusaha membuktikan bahwa peluang untuk berada di satu tempat yang sama di waktu bersamaan itu sangat memungkinkan di No Man’s Sky. Pada akhirnya, No Man’s Sky dihujat karena tidak menepati janjinya untuk menghadirkan multiplayer dan segudang fitur lainnya yang dianggap mengecewakan.

Multiplayer menjadi elemen penting untuk game space exploration + sandbox seperti No Man’s Sky, karena tanpa elemen tersebut, game akan terasa sangat sepi dan membosankan dalam sekejap. Tidak heran jika tidak lama setelah perilisannya, No Man’s Sky kehilangan basis pemainnya karena kurangnya konten. Pada akhirnya, game-game lain yang ‘miskin konten’ seperti Sea of Thieves menjadi sering dibanding-bandingkan dengan No Man’s Sky.

Update NEXT, No Man's Sky Menolak Untuk Mati 1

Untungnya, Hello Games menolak untuk ‘membunuh’ No Man’s Sky. Pelan tapi pasti, dalam dua tahun terakhir, No Man’s Sky menghadirkan update-update gratis yang menyempurnakan game ini. Dimulai dari menghadirkan fitur yang memungkinkan pemain untuk membangun base, kemudian adanya kendaraan darat hingga multiplayer (versi belum sempurna) yang memungkinkan pemain melihat pemain lain hanya sebagai bola-bola cahaya.

Kini, update yang diberinama NEXT menghadirkan apa yang seharusnya dihadirkan oleh Hello Games saat merilis No Man’s Sky pada 2016 lalu. Pemain dimungkinkan untuk bermain bersama empat orang lainnya dalam satu ‘tim’. Fitur base building disempurnakan sehingga pemain bisa membangun hampir di mana saja dan dengan bentuk building yang lebih beragam. No Man’s Sky juga kini menghadirkan kustomisasi karakter serta third-person view sehingga pemain bisa melihat karakter mereka sendiri. Tidak kalah pentingnya, NEXT juga memberikan graphical overhaul sehingga No Man’s Sky tampil dengan warna yang lebih tajam dan semakin indah.

Apakah No Man’s Sky pantas mendapat kesempatan kedua?

Tentu jawabannya iya. Walau sulit melupakan tindakan mereka yang merilis game yang bisa dikatakan ‘belum jadi’, tapi No Man’s Sky seakan menolak untuk mati selama 2 tahun terakhir dan terus menerus menyempurnakan dirinya. Buat Anda yang sudah membeli game ini, mungkin sekarang adalah waktu yang tepat untuk kembali bermain atau sekedar melihat-lihat saja dulu.

Nah, untuk yang belum memiliki No Man’s Sky di library game miliknya, saran dari kami adalah jangan dulu membeli. Memang No Man’s Sky dengan update terbarunya terasa seperti No Man’s Sky 2 dengan graphical overhaul dan real-multiplayer dengan third-person view. Tapi, kita belum tau apa yang akan terjadi selanjutnya, bagaimana Hello Games akan mempertahankan peningkatan player yang meningkat hingga 21 kali lipat di platform PC saja dan apa yang akan dilakukan No Man’s Sky untuk menambah jumlah player dan hal-hal lainnya seperti microtransaction.