Rumor : Fortnite for Android akan Ekslusif untuk Samsung Galaxy Note 9 untuk 30 Hari

Fortnite tersedia untuk hampir semua platform seperti Windows, Mac, PS4, Xbox One bahkan hingga Switch dan iOS. Namun, ada satu platform yang sepertinya masih ‘tertinggal’, OS robot hijau yang menguasai lebih dari 80% pasar smartphone saat ini, yap Android. Walau sudah tersedia untuk iOS sejak awal tahun 2018, sampai pertengahan tahun, Fortnite belum juga tersedia untuk Android. Hal ini pada akhirnya membuat banyak orang berspekulasi mengenai alasan dibalik ditundanya perilisan Fornite for Android.

26 Juli 2018, dua situs yaitu 9to5google dan XDA Developers melaporkan bahwa Fortnite for Android akan dirilis secara eksklusif untuk Samsung Galaxy Note 9 selama 30 hari sebelum tersedia untuk perangkat Android lainnya. Jika Galaxy Note 9 akan dijual kepada publik pada sekitar 24 Agustus 2018, maka kemungkinan besar, Fortnite for Android akan tersedia untuk seluruh perangkat Android sekitar 23 September 2018. Hal ini tentu masih sesuai dengan janji Epic Games yang merilis Fortnite for Android pada periode summer (Juni – September).

Masih berasal dari sumber yang sama, langkah Samsung untuk bekerjasama dengan Epic Games dalam perilisan Samsung Galaxy Note 9 sepertinya tidak salah mengingat Samsung akan ‘menjual’ produk ini sebagai smartphone gaming dengan tambahan cooling yang menjaga suhu tetap dingin walau digunakan untuk bermain dalam jangka waktu lama, ditambah dengan baterai berukuran besar, maka akan menjadi perpaduan yang sangat pas untuk bermain game. S Pen terbaru juga kabarnya akan bisa terintegrasi dengan baik dengan Fortnite. Rumor juga mengatakan bahwa Samsung Galaxy Note 9 akan di-bundle dengan V-Bucks (in-game currency dari Fortnite) senilai $100-150, sementara untuk pembeli yang tidak menginginkan V-Bucks tersebut, bisa diganti dengan wireless AKG headphones dengan harga yang tidak jauh berbeda.

Penyebab Utama Keterlambatan Fortnite for Android

Bundle eksklusif Fortnite for Android untuk Samsung Galaxy Note 9 selama 30 hari kemungkinan menjadi penyebab utama keterlambatan perilisan Fortnite di platform Android. Jika bukan karena kerjasama ini, Epic Games mungkin sudah merilis Fortnite beberapa minggu bahkan beberapa bulan lalu. Tapi, kenapa Epic Games melakukan hal ini? Ekspos yang lebih besar.

Samsung merupakan perusahaan smartphone terbesar di dunia saat ini, dengan hadir sebagai bundle ekslusif untuk produk terbaru Samsung akan membuat Fortnite mendapat ekspos dari lebih banyak media, termasuk media-media mainstream. Jadi, daripada hanya merilis Fortnite for Android begitu saja dan menghabiskan uang sendiri untuk kebutuhan marketing, maka Epic Games mungkin memilih untuk bekerjasama dengan Samsung dalam perilisan Fortnite for Android.

Sumber yang sama juga mengungkapkan bahwa Samsung dan Epic Games sedang berusaha menggaet Tyler ‘Ninja’ Blevins, streamer Twitch dengan lebih dari 200.000 subscriber berbayar di Twitch untuk hadir dalam ajang Samsung Unpacked 2018. Jika usaha ini berhasil, maka hampir semua pihak akan diuntungkan dengan kerjasama ini, baik itu Samsung, Epic Games, bahkan Ninja sendiri.