Kartu Langka Magic : The Gathering Terjual Seharga 1,2 Milyar Rupiah

Magic : The Gathering merupakan salah satu permainan kartu paling tua dan paling populer di seluruh dunia. Permainan kartu ini disebut-sebut sebagai trading card game pertama di masa modern. Walau pamornya di Indonesia kurang terdengar, tapi turnamen tingkat nasional untuk permainan kartu ini cukup sering digelar oleh komunitasnya.

Didesain oleh Ricard Garfield, seorang matematikawan asal dan game designer asal Amerika Serikat, Magic : The Gathering dirilis pada 1993 oleh Wizard of The Coast dan masih terus bertahan sampai hari ini. Diprediksi, antara 2008 hingga 2016 saja, ada sekitar 20 milyar kartu yang dicetak untuk para pemain dan kolektor permainan kartu ini. Bukan hanya untuk bersenang-senang, Magic : The Gathering juga memiliki turnamen untuk para profesional yang dikenal sebagai Pro Tour, dimana hadiah totalnya mencapai $240,000 dan pemenang utama bisa mengantongi hadiah hingga $50,000 atau sekitar 700 juta Rupiah (kurs $1 = Rp.14.000).

Dengan besarnya popularitas yang dimiliki oleh permainan kartu ini secara global, tidak heran jika pada akhir Juli 2018, selembar kartu bernama “Black Lotus” yang merupakan bagian dari set kartu perdana Magic : The Gathering yang dirilis pada Agustus 1993 terjual di situs lelang eBay seharga $87,672 atau lebih dari 1,2 milyar Rupiah.

Kenapa kartu “Black Lotus” tersebut berharga sangat mahal?

Kartu Langka Magic : The Gathering Terjual Seharga 1,2 Milyar Rupiah 1

Ada tiga ‘versi’ kartu Black Lotus yang pernah dicetak secara resmi dan merupakan bagian dari Alpha set, Beta set dan Unlimited set. Versi Alpha set terdiri dari 295 kartu dengan garis pinggir berwarna hitam, versi Beta memperbaiki beberapa error pada versi Alpha dan menambahkan 7 kartu baru dan versi Unlimited merupakan cetak ulang dari versi Beta namun dengan pinggiran berwarna putih. Ketiga versi ini dicetak pada 1993 dan Black Lotus termasuk di dalam setiap versinya.

Kartu Black Lotus terjual seharga 1,2 milyar Rupiah tersebut termasuk kategori “rare” yang terdapat dalam Alpha set dan jumlah yang dicetak sangat terbatas. Hal ini sesuai dengan pernyataan dari Wizard of The Coast yang mengatakan bahwa setiap kartu berkategori “rare” dari Alpha set yang dicetak pada 1993 hanya tersedia sebanyak 1.100 lembar, termasuk Black Lotus. Hal lain yang membuat kartu tersebut bisa berharga sangat tinggi adalah karena kartunya sendiri mendapat penilaian 9.5 poin, yang artinya kondisi dari kartu ini merupakan salah satu yang terbaik yang ada di dunia saat ini.

Black Lotus dianggap sebagai salah satu kartu terkuat yang pernah ada di Magic : The Gathering. Kartu ini bisa dimainkan tanpa menggunakan mana dan menambahkan tiga mana bagi pemain. Ini artinya, pada giliran pertama, seorang pemain bisa memiliki empat mana yang seharusnya baru bisa didapatkan pada giliran keempat. Kartu ini pada akhirnya ‘merusak’ permainan dan strategi dari Magic : The Gathering sehingga tidak pernah dicetak lagi.

Mengingat reputasi dari kartu ini, memang cukup aneh melihat kartu ini dijual secara terbuka di eBay, apalagi kartu ini umumnya lebih sering menjadi barang koleksi dibandingkan digunakan untuk bermain. Tidak heran jika harganya pun sangat fantastis.