Tidak Difavoritkan, London Spitfire Jadi Juara Perdana Overwatch League

Overwatch League (OWL) adalah liga profesional dari game Overwatch yang baru saja menyelesaikan episode perdananya dengan memahkotai London Spitfire sebagai juara. Tim yang bermarkas di London dan bermain di divisi Atlantik / Eropa ini diisi oleh para pemain yang semuanya berasal dari Korea Selatan. Di babak final, tim ini berhasil mengalahkan Philadelphia Fusion dalam dua set mudah dengan skor 3-1 dan 3-0. Bahkan, babak ketiga yang sebenarnya dipersiapkan pada Sabtu malam terpaksa ‘dibatalkan’.

Baik Spitfire maupun Fusion sebenarnya memiliki performa yang naik turun sepanjang musim. Spitfire tampil kuat di awal musim namun gagal berada di posisi tiga besar menjelang akhir musim dan menempati posisi kelima menjelang playoff. Tapi, penampilan Spitfire justru sangat luar biasa di babak playoff dengan mengalahkan favorit juara seperti LA Gladiators dan New York Excelsior. Pada akhirnya, terjadilah babak Grand Final yang tidak diprediksi antara Fusion dan Spitfire.

Grand Final OWL juga sebenarnya dimeriahkan dengan kehadiran DJ Khaled. Sayangnya, penampilannya kurang bisa memaksimalkan semangat dan energi yang dimiliki para penonton yang hadir. Bahkan, sebagian besar penonton cenderung pasif saat DJ Khaled berada diatas panggung namun sangat bersemangat saat Jeff Kaplan, director dari Overwatch naik ke atas panggung dan menyambut para penonton.

Final OWL perdana ini berlangsung di Barclays Center, Brooklyn, New York dengan kapasitas penonton hingga 19.000 kursi yang semuanya terisi penuh. Fusion sebenarnya lebih difavoritkan oleh para penonton dibandingkan Spitfire. Hal ini terasa saat Fusion naik ke panggung dan melakukan permainan yang menawan, Barclays Center langsung bergemuruh. Namun, saat Spitfire naik ke atas panggung, beberapa penonton justru menyoraki tim satu ini.

Sebagian besar penonton Grand Final sebenarnya tidak didominasi oleh pendukung salah satu tim yang berlaga di babak tersebut. Banyak diantara mereka adalah fans dari Blizzard dan Overwatch serta fans dari tim-tim yang OWL lain yang tidak berhasil masuk ke babak Grand Final. Mereka hadir di Barclays Center untuk menyaksikan pertandingan Overwatch esport yang menarik dan menegangkan sekaligus menjadi saksi juara perdana dari OWL.

Di musim mendatang, banyak organisasi esport sudah menyiapkan diri untuk melakukan ekspansi dengan tambahan tim berbasis kota yang akan bergabung dengan OWL, baik dari Eropa maupun Asia. Tim Spitfire sendiri berharap bahwa di musim berikutnya mereka bisa berhadapan dengan tim yang lebih kuat lagi.