Rumor: Fortnite for Android Tidak Akan Tersedia Di Google Play Store

Fortnite for Android akan menjadi ‘pelengkap’ bagi game battle-royale paling populer ini untuk hadir hampir di semua platform gaming paling populer, baik di PC maupun mobile. Belum reda rumor bahwa Fortnite for Android akan tersedia secara eksklusif untuk Samsung Galaxy Note 9 sebelum dirilis ke publik, kini muncul rumor baru bahwa Fortnite for Android tidak akan tersedia di Google Play Store.

Rumor ini sebenarnya sudah diperkuat dengan pernyataan dari petinggi Epic Games bahwa mereka ingin menjaga hubungan langsung dengan para pemainnya, alasan ini pula yang menyebabkan Fortnite di PC didistribusikan oleh Epic Games langsung dan tidak menggunakan platform lain yang lebih populer seperti Steam.

Hal ini ada benarnya karena jika didistribusikan melalui pihak ketiga seperti Steam dan Google Play Store, maka Epic Games tidak akan 100% bisa memberikan solusi bagi masalah yang dihadapi pemain dengan cepat. Karena mungkin saja masalah tersebut berhubungan dengan platform yang digunakan dan bukannya Fortnite itu sendiri.

Alasan kedua mengapa Fortnite for Android tidak akan menggunakan Google Play Store adalah karena Epic Games keberatan dengan potongan 30% dari transaksi akan menjadi milik Google. Ditambah, Android merupakan platform yang cukup terbuka yang artinya tidak semua game dan aplikasi Android harus didownload melalui Google Play Store.

Satu-satunya ‘masalah’ jika game tidak didistribusikan langsung di Google Play Store adalah aspek keamanan yang sedikit lebih rentan. Namun, Epic Games tampaknya tidak terlalu memikirkan hal tersebut selama para pemain Fortnite for Android mendownload gamenya langsung dari website resmi Epic Games nantinya.

Lalu, kenapa Fortnite didistribusikan melalui Apple App Store?

Sederhana, karena sampai saat ini, Apple tidak mengijinkan penggunanya mendownload game maupun aplikasi dari tempat lain selain App Store mereka. Jadi, Epic Games sendiri tidak punya pilihan lainnya.

Sementara, untuk konsol seperti Xbox One maupun PS4, Epic Games tidak merasa keberatan dengan potongan yang diambil oleh masing-masing produsen karena mereka beranggapan bahwa konsol memang pantas mengambil potongan tersebut mengingat biaya yang dikeluarkan oleh produsen untuk memproduksi hardware, marketing, riset serta konsol biasanya menjual game dibawah harga pasaran (memberi subsidi) dalam bentuk promo terbatas.

Sampai saat ini, Google belum memberikan komentar mengenai hal ini. Epic Games juga sedang mencari alternatif untuk mendistribusikan Fortnite for Android di Tiongkok, mengingat Google Play Store juga tidak tersedia di Tiongkok dan pilihan mereka terbatas pada store milik Tencent (WeChat) dan Xiaomi.